Analisis Penggunaan Media Pop-Up Book dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang

Desi Pujilestari, Kartinah Kartinah, Siti Kusniati, Noor Miyono

Abstract


Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya pemahaman materi pada siswa adalah motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan media buku pop-up dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melibatkan tiga siswa kelas II A yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara, dan untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku pop-up dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Selama proses pembelajaran, siswa tampak antusias, aktif, dan fokus. Disarankan agar guru lebih inovatif dan kreatif dalam menggunakan media pembelajaran, karena media seperti buku pop-up dapat menarik minat siswa dan meningkatkan motivasi belajar, yang pada akhirnya dapat memaksimalkan hasil pembelajaran.


Keywords


analisis; motivasi belajar; media pop-up book

Full Text:

PDF

References


Arip, M., & Aswat, H. (2021). Meldia polp up bolok untulk meninglkatkan hasill belajlar sislwa palda mlata plelajaran ipa di selkolah dlasar. Edlukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 261–268.

Arjuna, D., & Alrdiansyalh, B. F. (2019). Alnalisis telknik dan pelrkembangan bluku poplup. Jurnall Desain & Seni, 6(1).

Buyung, B., Walhyuni, R., & Mariylam, M. (20l22). Fakltor Penlyebab Relndahnya Pelmahaman Siswla Pada Malta Pelaljaran Matemltika Di Sd 14 Semperiukl a. Journal of Educational Revilew and Research, 5(1), 46–51.

Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengemlbangan lMedia Polp-Up Boolk untukl Pembelajalran Lingklungan Telmpat Tinlggalku Klelas IV SDN 1 Pakulnden Kabulpaten Ponorlogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228.

Erica, S. (2021). Pengemlbangan Meldia Polp Up Book Plada Pemlbelajaran PKlN Di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 110–122.

Gunawan, G., & Ritonga, A. A. (2020). Media lPembelajaran lBerbasils Indlstri 4.0.

Hidayah, N. C., & Fajriyah, l K. (2023). ANAlLISIS MlINAT BELlAJAR SIlSWA MELALlUI MEDlIA GAMBARl SISWA KELAlS 2 SDN SAlWAH BESARl 01. Didaktik: Jurnal Ilmilah PGSD STKIPl Subang, 9(2), 3966–3976.

Iwantara, I. W., Sadia, I. W., & Sulma, K. (2014). Plengaruh pengglunaan meldia vidleo youtulbe dallam lpembelajaran IPA terhadlap motilvasi belajar dan pelmahaman konsep siswla. Jurnal Plendidikan Dan Pemblelajaran IPA lIndonesia, 4(1).

Laili, N. (2021). Pengaruh Self-Efficacy dan Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Matematika. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2(2), 98-103.

Masna, A. A. (2015). Pengemlbanganl bahaln ajar lpop-up mata lpelajaran lIPA untluk alnak tunlarungu lkelas IV SDLB B di Yogyalkarta. E-Jlurnal Slkripsi Program Stludi Teknologi Pendildikan, 4(1).

Miftahussaadah, M., & Subiyantoro, S. (2021). Paraldigma pembelajlaran danl motivlasi blelajar siswal. Islalmika, 3(1), 97–107.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen pendidikan. RajaGrafika Persada.

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh media pembelajaran google classroom dalam pembelajaran analisis real terhadap motivasi belajar mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidiklan Matematika, 2(1), 50–59.

Nurhanifah, N., Hamldiyati, Yl., & Sanljaya, Y. (2020). Pelngaruh demolnstrasi penglgunaan buku plop up seblagai lmedia pembelajaraln terhadap motlivasi dan pengulasaan konsep siswal pada lmateri sistlem endlokrin. Alssimilation: Inldonesian Journlal of Biology Education, 3(2), 69–73.

Nurjannah, N., & Khairani, K. (2019). Penlerapan Lmodel Lpembelajaran Koopelratif Tlipe Jigslaw Ulntuk Meningkaltkan Moltivasi Dan Hasill Belaljarl Sislwa Plada Pelmbelajaran Blahasa Inldonesia Kellas V Sd Negeri Pasi Pinlang Kecamlatan Mleureubo. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60.

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengelmbangan lMedia Pembellajaran Pop–Up Blook Untuk Meninglkatkan Mlotivasi Belajalr Siswa Kelas IV SD. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16.

Wiranti, D. A., & Hadiningsih, U. F. (2023). Pengaruh Buku Pop Up Jawa Terhadap Keterampilan Bahasa Jawa Anak PAUD. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(2), 145-151.

Yuliawan, S. A., Kartinah, K., & Sukini, S. (2024). Analisis Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau dari Kemampuan Matematis Peserta Didik. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 86–95.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i3.301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Desi Pujilestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License