Cover Image

Analisis Penggunaan Media Wordwall pada Pembelajaran IPAS dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Annisa Rahmasari, Veryliana Purnamasari, Siti Khuluqul Khasanah

Abstract


Salah satu faktor yang memengaruhi keberhasilan dalam proses pembelajaran yaitu keaktifan belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media wordwall dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan melibatkan tiga subjek kelas VB di SDN Karanganyar Gunung 02 dan teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi data dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media wordwall dapat memberikan dampak positif dan dapat menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Dalam proses pembelajaran siswa antusias, aktif, dan fokus dalam mengikuti pembelajaran. Saran yang disampaikan adalah diharapkan guru lebih inovatif dan kreatif dalam menggunakan media pembelajaran berbasis digital karena media pembelajaran sangat efektif dalam menumbuhkan keaktifan belajar sehingga siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran dan pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal.


Keywords


keaktifan belajar; media wordwall; media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arrosyad, M. I., & Nugroho, F. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Membaca dan Numerasi di Tengah Evolusi Konsep Literasi. Jurnal Basicedu, 5(6), 6378–6384. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1758

Febriyanti, L., & Widiyono, A. (2024). Pengembangan Media Pop Up Book Tata Surya terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 212–221. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.238

Kurniasari, S. (2023). Peningkatkan Keaktifan Hasil Belajar Siswa Melalui Cooperative Learning Structure Pada Mata Pelajaran Biologi. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 4(3), 168-181.

Lestari, E. P., Januar, H., Miyono, N., & ... (2023). Identifikasi Gaya Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Innovative: Journal Of …, 3, 10735–10744. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/867

Musbihin, M., & Marom, S. (2022). Pengaruh minat pada evaluasi pembelajaran berbasis game edukasi melalui media quizizz dan kahoot! Terhadap hasil belajar matematika. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 3(2), 61-67.

Nurafni, & Ninawati, M. (2021). Efektivitas Penerapan Aplikasi Linktree dan Wordwall Terhadap Motivasi Intrinsik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(2), 217–225. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/17317

Oktari, S., T., & Desyandri. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall pada Pembelajaran IPA Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 726–730.

Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831–7839. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3616

Purwaningrum, J. P. (2018). Pakem Mtematika. Kudus: UMK

Rikawati, Kezia; Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. 2(2), 40–48. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru

Sudjana, N., 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Rosdikarya.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make a Match Untuk Pembelajaran Ipa Yang Menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579

Winda, P., Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.1-7

Yanti, N. H., Murtono, & Fardani, M. A. (2020). Penerapan Numbered Head Together Berbantuan Media Puzzle Meningkatkan Hasil Belajar Tema Cita-Citaku. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 248–261.

Yanti, N. H., Nuvitalia, D., Miyono, N., & Rizkiyati, N. (2023). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar menggunakan Aplikasi Wordwall. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 634–638. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.667

Yusro, A. C., & Ardania, R. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Model PjBL dengan Media Kartu. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.37729/jips.v4i1.3109




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i4.300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Annisa Rahmasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License