Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Anger Management dalam Menurunkan Perilaku Agresif Peserta Didik di SMA Negeri 1 Toboali

Komariah Komariah, Mutia Anggelisa

Abstract


Perilaku agresif verbal mengacu pada tindakan yang dimaksudkan untuk menyakiti, mengintimidasi, atau mengucapkan kemarahan kepada orang lain dengan menggunakan kata-kata yang diucapkan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini dapat mencakup penggunaan kata-kata kotor, menyebarkan informasi palsu dan merusak, atau menyebabkan tekanan emosional pada seseorang. Jika perilaku kekerasan verbal tingkat tinggi tidak segera diatasi, hal ini berpotensi memicu perilaku permusuhan non-verbal, seperti perkelahian fisik, tawuran, atau pemukulan. Terdapat prevalensi agresi verbal yang signifikan di dalam kelas. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu menggunakan strategi untuk menurunkan tingkat agresi verbal. Sesi konseling kelompok yang mencakup keterampilan Anger Management mungkin merupakan titik awal yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh konseling kelompok dengan teknik anger management dalam menurunkan perilaku agresif verbal. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen kuantitatif berupa eksperimen semu dengan design eksperimen yaitu prettest-posttest non equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui angket perilaku agresif yang mengacu pada aspek perilaku agresif yang dikemukakan oleh Buss. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 16 peserta didik yang dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kemudian pada teknik analisis data menggunakan teknik analisis uji prasyarat berupa uji statistik deskriptif sebagai uji pertama yang dilakukan untuk melihat rata-rata, kemudian normalitas, homogenitas dan uji hipotesis berupa uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan Konseling kelompok dengan teknik anger mangement dalam menurunkan perilaku agresif peserta didik di SMA Negeri 1 Toboali yang ditunjukkan hasil analisis statistik deskriptif Nilai sig (2-tailed) yang kurang dari 0,005 (0,000 < 0,005) ditemukan pada hasil pengujian hipotesis yang dihasilkan dari Independent Sample T-Test pada program SPSS 26. Selain itu, jelas bahwa kelompok eksperimen memiliki skor rata-rata yang lebih tinggi (76,3) dibandingkan kelompok kontrol (36,6). 


Keywords


konseling kelompok, teknik anger management; perilaku agresif; peserta didik

Full Text:

PDF

References


Adi Mappiare. (2011). Pengantar Konseling Dan Psikologi. Jakarta: Rajawali Press

Arikunto, Suharsimi. (2006) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

———. (2011) .Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

———. (2013) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asdar. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bogor: Azkiya Publishing.

Bhave, Swati Y, and Sunil Saini. (2009). Anger Management. India: Sage Publication.

BPS. Statistik Kriminal 2017. (2017) . Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Chaq, Mohammad Chablul, Suharnan Suharnan, and Amanda Pasca Rini. (2019). “Religiusitas, Kontrol Diri Dan Agresivitas Verbal Remaja.” FENOMENA: Jurnal Psikologi 27, no. 2 : 20–30.

Dayakisni, Tri, and Hudaniah. (2012). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.

Dinkmeyer, Don C., and James J. Muro. (1978). Group Counseling: Theory & Practice. Itasca Illionis: F.E. Peacock Publishers.

Ghanis, Nurhafiani. (2017). Anger Management Training (AMT) Untuk Menurunkan Agresivitas Pada Remaja.” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Gibson, Robert L & Marianne H. Mitchell. 2016). Bimbingan Dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gladding, Samuel T. (2012). Konseling: Profesi Yang Menyeluruh. Jakarta: Indeks.

Goleman, Daniel. Kecerdasan Emosional. (2002). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

———. (1997). Social Intelligence: The New Science of Human Relationships. Bantam: Reprint.

Halimatussakdiah. (2017). Pengaruh Teknik Manajemen Marah Dalam Konseling Kelompok Terhadap Perilaku Agresi Siswa Kelas VIII. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Handayani, Wulan, Nurhasanah Nurhasanah, and Martunis Yahya. (2019). Penerapan Teknik Anger Management Untuk Menurunkan Perilaku Agresivitas Siswa SMAN 5 Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling 4, no. 2 : 106–113.

Hapsah, Sitti, and Azis Muslim. (2021). Perilaku Agresi Verbal Dan Perilaku Agresi Relasional Pada Remaja Perempuan. JKK: Jurnal Konseling Komprehensif 8, no. 1 (2021): 60–70.

Hershorn, Michael. (2002) . Redakan Amarahmu: Tip-Tip Pengendalian Emosi Remaja. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Hudaya, Nova Farid. “Peningkatan Kemampuan Mengelola Emosi Marah Melalui Teknik Anger Management Pada Siswa Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan SMK Muhammadiyah 1 Moyudan.” Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling 4, no. 7 (2015): 1–11.

Kulsum, Umi. (2014). Pengantar Psikologi Sosial. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kurnanto, M. Edi. (2013). Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Lestari, Fera Ana. (2018). Efektivitas Anger Management Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Simki-Pedagogia 2, no. 2 : 1–7.

Lestari, Karunia Eka & Ridwan , M. Y. (2019). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lubis, Namora Lumongga & Hasnida. (2019). Konseling Kelompok. Jakarta: Prenadamedia Group.

Maryani, Kun, & Juju Suryawati. (2006). Sosiologi Untuk SMA Dan MA Kelas XII. Bandung: Gelora Aksara Pratama.

Mashudi, Farid. ( 20120. Psikologi Konseling: Buku Panduan Lengkap Dan Praktis Menerapkan Psikologi Konseling. Yogyakarta: IRCiSoD

Mulyadi, Seto. Psikologi Sosial. Jakarta: Guna Darma University, 2016.

Nasrizulhaidi, Nasrizulhaidi, Irna Minauli, and Elvi Andria. (2016). Efektivitas anger management training untuk menurunkan agresivitas pada remaja disruptive behavior disorders. Jurnal Psikologi 11.1: 12-18.

Norman, Wright H. (200) Meredakan Emosi Jiwa; Kiat Praktis Mengatasi Stres, Khawatir, Marah, Dan Depresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Nurhayati. “Aksi Tawuran Pelajar Di Pangkalpinang Jadi Sorotan, Polisi Terpaksa Keluarkan Tembakan Peringatan.” Bankapos. Last modified 2022. Accessed February 27, 2023. https://bangka.tribunnews.com/amp/2022/11/12/aksi-tawuran-pelajar-di-pangkalpinang-jadi-sorotan-polisi-terpaksa-keluarkan-tembakan-peringatan?page=all.

Prayitno. (2004) Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok: Dasar Dan Profil. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Prayitno, and Erman Amti. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Pradnyasari, Putu Ayu, and Mita Aswanti Tjakrawiralaksana. (2011). Efektivitas penerapan anger management dalam meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah pada remaja laki-laki. Jurnal Psikologi Insight Departemen Psikologi 5.1 : 19-29.

Rahman, Agus Abdul. (2018). Psikologi Sosial: Integrasi Pengetahuan Wahyu Dan Pengetahuan Empirik. Depok: Rajawali Pers.

Ridwan, Syafiudin. (2012). Manajemen Amarah Petugas Pengendalian Massa (Dalmas) Polda Jatim. Jurnal Psikologi Undip 11, no. 2 : 1–12.

Saputra, Wiwin, Asniar Khumas, & Ahmad Ridfah. (2022). Efektivitas Anger Management Training Untuk Menurunkan Perilaku Agresi Verbal Pada Remaja Pengguna Game Online Mobile Legends Di Kota Makassar. Indonesian Journal of Islamic Counseling 4, no. 2 : 115–125.

Sarwono, Sarlito Wirawan. (2017). Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Soplantila, Reinhard. (2023). Pelajar Di Makassar Tawuran Bawa Sajam, 10 Orang Ditangkap-1 Luka.” Detik. Last modified 2023. Accessed February 28,. https://www.detik.com/sulsel/hukum-dan-kriminal/d-6525472/pelajar-di-makassar-tawuran-bawa-sajam-10-orang-ditangkap-1-luka.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutoyo, Anwar. (2012). Pemahaman Individu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Tohirin. (2007). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah: Berbasis Integrasi. Jakarta: Raja Gafindo Persada, 2007.

Wetrimudrison & Abdullah Gymnastiar. (2005). Seni Pengendalian Marah Dan Menghadapi Pemarah. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i3.293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 komariah komariah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License