Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Kristen terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 5 Kota Kupang
Abstract
Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru Kristen terhadap peningkatan mutu pendidikan, di SMP Negeri 5 Kota Kupang, strategi yang diterapkan selama ini, sudah berjalan namun belum maksimal, dikarenakan masih ada guru Kristen yang belum maksimal. Penelitian menganalisis dan menemukan ide dan inovasi baru pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan kinerja guru Kristen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Analisis data yang dilakukan terhadap 41 guru, 1 kepala sekolah, (42 responden). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah memberikan kekuatan pengaruh sebesar 16,5%. sedangkan 83,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Pengaruh kinerja guru Kristen (X2) terhadap peningkatan mutu Pendidikan (Y) yaitu Sig. 0.000 < 0.05 dan r hitung > t tabel yaitu 4.072 > 2.022. Artinya terdapat pengaruh kinerja guru Kristen (X2) terhadap peningkatan mutu Pendidikan (Y) secara signifikan. Dengan nilai determin koefisiennya sebesar 0,293. Jadi, kinerja guru Kristen memberikan pengaruh sebesar 29,3% terhadap mutu Pendidikan. Sedangkan 70,7% dipengaruhi oleh fantor lain. Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) dan kinerja guru Kristen (X2) secara bersama-sama (simultan) terhadap peningkatan mutu Pendidikan (Y) secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dan olahan data analitis dan kritis oleh penelti, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru Kristen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abduh, M., Alawiyah, T., Apriansyah, G., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Survey Design: Cross Sectional dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 31–39. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1955
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Al Faruq, M. H., & Supriyanto, S. (2020). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 68. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p68-76
DeMatthews, D., Billingsley, B., McLeskey, J., & Sharma, U. (2020). Principal leadership for students with disabilities in effective inclusive schools. Journal of Educational Administration, 58(5), 539–554. https://doi.org/10.1108/JEA-10-2019-0177
Deng, C., Gulseren, D., Isola, C., Grocutt, K., & Turner, N. (2023). Transformational leadership effectiveness: an evidence-based primer. Human Resource Development International, 26(5), 627–641. https://doi.org/10.1080/13678868.2022.2135938
Efendi, F., Sunaryo, H., & Harijanto, D. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah melalui Komitmen Kerja terhadap Kinerja Guru Merdeka Belajar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 11(2), 19–32. https://doi.org/10.21831/jamp.v11i2.60605
Elvita, J., Sumarno, & Rusdi. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7(1), 54. https://doi.org/10.31258/jmp.7.1.p.54-67
Guilfoyle, L., Erduran, S., & Park, W. (2021). An investigation into secondary teachers’ views of argumentation in science and religious education. Journal of Beliefs & Values, 42(2), 190–204. https://doi.org/10.1080/13617672.2020.1805925
Kaur Bagga, S., Gera, S., & Haque, S. N. (2023). The mediating role of organizational culture: Transformational leadership and change management in virtual teams. Asia Pacific Management Review, 28(2), 120–131. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2022.07.003
Khosi’in, M., & Nursikin, M. (2023). Strategi Pendidikan Nilai di Sekolah, Studi Kasus Generasi Milenial. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(4), 279–295. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i4.120
Kotamena, F., Senjaya, P., & Prasetya, A. B. (2020). A Literature Review: Is Transformational Leadership Elitist and Antidemocratic? INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL, POLICY AND LAW, 1(1 SE-), 36–43. https://doi.org/10.8888/ijospl.v1i1.15
Maris, I. S., Komariah, A., & Bakar, A. (2017). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Guru dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5645
Navaridas-Nalda, F., Clavel-San Emeterio, M., Fernández-Ortiz, R., & Arias-Oliva, M. (2020). The strategic influence of school principal leadership in the digital transformation of schools. Computers in Human Behavior, 112, 106481. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106481
Pramono, A., & Pratama, R. R. G. (2020). Pengaruh Kompetensi Pegawai dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pesawaran. Jurnal Relevansi : Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.61401/relevansi.v4i2.42
Prestiadi, D., Gunawan, I., & Sumarsono, R. B. (2020). Role of Transformational Leadership in Education 4.0. Proceedings of the 6th International Conference on Education and Technology (ICET 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.201204.020
Rahawarin, C., & Arikunto, S. (2015). Pengaruh Komunikasi, Iklim Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadpa Kinerja SMA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 173–188. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6334
Rukmana, S., Wiguna, S., & Muchtar, M. (2022). Pengaruh Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di MTs Ikaba Desa Paluh Manis Kecamatan Gebang. Journal Idarah At-Ta’lim , 1(1), 33–41. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JIA/article/view/37
Saingo, Y. A. (2023). Tugas dan Profesi Guru Kristen dalam Perspektif Alkitabiah. Aletheia Christian Educators Journal, 4(1), 27–37. https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.27-37
Setiawan, A. (2017). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepaala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Efektifitas Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.17509/jap.v23i1.5581
Supandi, S. R. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 113–128. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.682
Tegor, T., Johannes, J., Jaya, R. I. K., & Thasimmim, S. N. (2023). Skill, Transformational Leadership, And Competitiveness: Relationships In A Love Triangle. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 422–434. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v7i2.5053
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i3.283
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sakheus Junias Nenosaban, Jonathan Leobisa, Clemens Kolo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License