Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Kristen terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 5 Kota Kupang

Sakheus Junias Nenosaban, Jonathan Leobisa, Clemens Kolo

Abstract


Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru Kristen terhadap peningkatan mutu pendidikan, di SMP Negeri 5 Kota Kupang, strategi yang diterapkan selama ini, sudah berjalan namun belum maksimal, dikarenakan masih ada guru Kristen yang belum maksimal. Penelitian menganalisis dan menemukan ide dan inovasi baru pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan kinerja guru Kristen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Analisis data yang dilakukan terhadap 41 guru, 1 kepala sekolah, (42 responden). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah memberikan kekuatan pengaruh sebesar 16,5%. sedangkan  83,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Pengaruh kinerja guru Kristen (X2) terhadap peningkatan mutu Pendidikan (Y) yaitu Sig. 0.000 < 0.05 dan r hitung > t tabel yaitu 4.072 > 2.022.  Artinya terdapat pengaruh kinerja guru Kristen (X2) terhadap peningkatan mutu Pendidikan (Y) secara signifikan. Dengan nilai determin koefisiennya sebesar 0,293. Jadi, kinerja guru Kristen memberikan pengaruh sebesar 29,3% terhadap mutu Pendidikan. Sedangkan 70,7% dipengaruhi oleh fantor lain. Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) dan kinerja guru Kristen (X2) secara bersama-sama (simultan) terhadap peningkatan mutu Pendidikan (Y) secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dan olahan data analitis dan kritis oleh penelti, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru Kristen.


Keywords


Transformational Leadership, Principal, Christian Teacher Performance, Education Quality

Full Text:

PDF

References


Abduh, M., Alawiyah, T., Apriansyah, G., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Survey Design: Cross Sectional dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 31–39. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1955

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Al Faruq, M. H., & Supriyanto, S. (2020). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 68. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p68-76

DeMatthews, D., Billingsley, B., McLeskey, J., & Sharma, U. (2020). Principal leadership for students with disabilities in effective inclusive schools. Journal of Educational Administration, 58(5), 539–554. https://doi.org/10.1108/JEA-10-2019-0177

Deng, C., Gulseren, D., Isola, C., Grocutt, K., & Turner, N. (2023). Transformational leadership effectiveness: an evidence-based primer. Human Resource Development International, 26(5), 627–641. https://doi.org/10.1080/13678868.2022.2135938

Efendi, F., Sunaryo, H., & Harijanto, D. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah melalui Komitmen Kerja terhadap Kinerja Guru Merdeka Belajar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 11(2), 19–32. https://doi.org/10.21831/jamp.v11i2.60605

Elvita, J., Sumarno, & Rusdi. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7(1), 54. https://doi.org/10.31258/jmp.7.1.p.54-67

Guilfoyle, L., Erduran, S., & Park, W. (2021). An investigation into secondary teachers’ views of argumentation in science and religious education. Journal of Beliefs & Values, 42(2), 190–204. https://doi.org/10.1080/13617672.2020.1805925

Kaur Bagga, S., Gera, S., & Haque, S. N. (2023). The mediating role of organizational culture: Transformational leadership and change management in virtual teams. Asia Pacific Management Review, 28(2), 120–131. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2022.07.003

Khosi’in, M., & Nursikin, M. (2023). Strategi Pendidikan Nilai di Sekolah, Studi Kasus Generasi Milenial. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4(4), 279–295. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i4.120

Kotamena, F., Senjaya, P., & Prasetya, A. B. (2020). A Literature Review: Is Transformational Leadership Elitist and Antidemocratic? INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL, POLICY AND LAW, 1(1 SE-), 36–43. https://doi.org/10.8888/ijospl.v1i1.15

Maris, I. S., Komariah, A., & Bakar, A. (2017). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kinerja Guru dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5645

Navaridas-Nalda, F., Clavel-San Emeterio, M., Fernández-Ortiz, R., & Arias-Oliva, M. (2020). The strategic influence of school principal leadership in the digital transformation of schools. Computers in Human Behavior, 112, 106481. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106481

Pramono, A., & Pratama, R. R. G. (2020). Pengaruh Kompetensi Pegawai dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pesawaran. Jurnal Relevansi : Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.61401/relevansi.v4i2.42

Prestiadi, D., Gunawan, I., & Sumarsono, R. B. (2020). Role of Transformational Leadership in Education 4.0. Proceedings of the 6th International Conference on Education and Technology (ICET 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.201204.020

Rahawarin, C., & Arikunto, S. (2015). Pengaruh Komunikasi, Iklim Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadpa Kinerja SMA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 173–188. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6334

Rukmana, S., Wiguna, S., & Muchtar, M. (2022). Pengaruh Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di MTs Ikaba Desa Paluh Manis Kecamatan Gebang. Journal Idarah At-Ta’lim , 1(1), 33–41. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JIA/article/view/37

Saingo, Y. A. (2023). Tugas dan Profesi Guru Kristen dalam Perspektif Alkitabiah. Aletheia Christian Educators Journal, 4(1), 27–37. https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.27-37

Setiawan, A. (2017). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional Kepaala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Efektifitas Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.17509/jap.v23i1.5581

Supandi, S. R. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 113–128. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.682

Tegor, T., Johannes, J., Jaya, R. I. K., & Thasimmim, S. N. (2023). Skill, Transformational Leadership, And Competitiveness: Relationships In A Love Triangle. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 422–434. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v7i2.5053




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i3.283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sakheus Junias Nenosaban, Jonathan Leobisa, Clemens Kolo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License