Revolusi Pembelajaran: Permainan Edukatif Pendidikan Agama Islam

Layla Mardliyah, Nasikhotun Nadiroh

Abstract


Pembelajaran PAI Rentan dari praktek dogmatisme dalam pembelajaran, sehingga terkesan monoton, dan membosankan. Revolusi Pembelajaran dengan menggunakan permainan edukatif dapat merubah pendekatan belajar yang cenderung monoton dan janrang menggunakan permainan edukatif dalam kegiatan pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Revolusi Pembelajaran: Permainan Edukatif PAI di sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diolah melalui reduksi data, display data dan kesimpulan. Untuk keabsahan data dilakukan triangulasi. Penelitian ini memperoleh deskripsi hasil sebagai berikut . Revolusi belajar permainan edukatif PAI dapat meningkatkan konsep pemahaman agama, Pengembangan belajar yang kritis kreatif, adanya internalisasi nilai- nilai interaksi agama dan meningkatkan interaksi sosial siswa. Menyadari dampak yang baik dari pendekatan yang berbeda, menjadikan permainan edukatif PAI dapat dijadikan solusi kreatif untuk mendapatkan pemahaman belajar yang bermakna.


Keywords


Permainan Edukatif, Revolusi Belajar, PAI

Full Text:

PDF

References


Anggelika Kristiani Bate’e, Jeni derana Laoli, Serasti Dohona, I. W. L. (2023). Penerapan Metode Permainan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. 46–53.

Anggraini, R. J., Ariza, H., & Liyarni, L. (2023). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas Vll SMP N 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Journal on Education, 5(2), 1805–1812.

Fatmawati, D. (2020). Penerapan Metode Permainan Edukatif Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di SD IT Rabbani Watampone. Al-Qayyimah, 3.

Hartati, S. (2023). Pembelajaran Partisipatif Dengan Metode Game Pada Rumpun Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 1 Lampung Tengah. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(1), 110–122.

Irwan, I., Masdani, M., & Hakim, S. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Moderasi Keberagamaan Siswa Kelas V Di Sdn 2 Cakranegara Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Hospitality.

Malihah, I., & Ihsan, M. N. (2020). Pengembangan Metode Market Place dalam Pembelajaran PAI. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(1), 56–70. Mawardi, A. (2023). Edukasi Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Sumber-Sumber Elektronik pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. 06(01), 8566–8576.

Mayangsari, I. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kd Memahami Asmaul Husna Melalui Permainan Smart Star Board. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 8(1).

Mumajad, M., Khilmiyah, F., Shafrizal, A., & Azizi, M. K. (2022). Potret Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum : Problematika Yang Terjadi Serta Solusinya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Nadiroh, Nasikhotun. (2016). Pengembangan Keterampilan Menulis Kreatif pada Anak-anak di Rumah Kreatif wadas Kelir. https://repository.uinsaizu.ac.id/7459/1/Tesis_Nasikhotun Nadiroh.pdf

Nursafitri, L., Fanny, A. M., Hermanto, M. H., Irsyadi4, I., Halimah, A. N., & Hidayah, S. (2023). Pengembangan Media Ular Tangga Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( Pai ) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1).

Primasari, Y., Lestanti, S., & Dhenabayu, R. (2019). Effectiveness of Reading for Islamic Education: Design of Multi-Platform Educational Game as Instructional Media. AL-HAYAT: Journal of Islamic Education, 3(2), 140. https://doi.org/10.35723/ajie.v3i2.77

Rahayu, A. T., Arfan, M., & Hadi, M. F. (2023). Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Discovery Inquiry. 7(1).

Sukarman, Ali As’ad, M. N. (2018). Menumbuhkan Social Skill Melalui Alat Peraga Edukatif Ular Tangga Pai Pada Siswa Sekolah Dasar. Magistra, Volume 9 N.

Wahab, G. (2020). Metode Pembelajaran Kreatif Melalui Alat Permainan Edukatif Dalam Membentuk Karakter Anak. Musawa, 2020, 282–296.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i3.277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nasikhotun Nadiroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License