Penanaman Materi Akhlaq Karimah dalam Pembelajaran PAI di Masa PTM-T pada Siswa SDN 2 Tlogopucang dan SDN Margolelo Kandangan Temanggung
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penanaman materi akhlaq karimah dalam pembelajaran PAI di masa PTM-T pada Siswa SDN 2 Tlogopucang dan SDN Margolelo Kandangan Temanggung Jawa Tengah bertujuan untuk menganalisis (1) Strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan akhlaq karimah pada peserta didik. (2) Muatan materi materi akhlaq karimah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN 2 Tlogopucang dan SDN Margolelo. (3) Implikasi dari penanaman akhlaq karimah di SDN 2 Tlogopucang dan SDN Margolelo. Metode yang digunakan untuk menyusun penelitian ini adalah deskriptif kualitatif studi multikasus, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data-data yang telah terkumpul diverifikasi dengan teknik triangulasi untuk memastikan objektifitasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi yang digunakan oleh guru dalam penanaman akhlaq karimah antara lain: keteladanan, pembiasaan, dan pemberian nasihat. (2) Muatan materi akhlaq karimah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN adalah berbaik sangka, simpati, kerja sama, dan tolong menolong, bersikap toleran, hidup rukun, serta hormat dan patuh kepada orang tua, guru, dan anggota keluarga. (3) Implikasi dari penanaman akhlaq karimah yaitu sopan santun, toleransi, hormat dan patuh, simpati, serta rajin beribadah dan rajin belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugrahana, Andi, “Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Volume 10 Nomor 3 September 2020.
Anugrahana, Andi, “Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Volume 10 Nomor 3 September 2020.
Arifin, H. N. (2021). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Masa Pandemi Covid-19 Ma Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2021/2022. Widya Balina, 6(2), 262–272. https://doi.org/10.53958/wb.v6i12.104.
Baber, Hasnan, “Determinants of Students Perceived Learning Outcome and Satisfaction in Online Learning during the Pandemic of Covid 19”, Journal Education and Learning Research. Volume 7 Nomor 3 Agustus 2020.
Bandiah, S. (2020). Peran Guru Aqidah Akhlaq Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moralitas Siswa SMP Aisyiyah Curup. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 3(2), 89–100.
Burhanuddin. (2022). Tantangan Pembelajaran Daring, Luring dan Tatap Muka Terbatas Dimasa Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan Guru, 3(2), 32–43. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v3i2. 334.
Bustomi, A. (2020). Implikasi Covid 19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1007–1017.
Creswell, John W, Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih di antara Lima Pendekatan, terj. Ahmad Lintang Lazuardi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Demuyakor, John, “Coronavirus (COVID-19) and Online Learning in Higher Institutions of Education: A Survey of the Perceptions of Ghanaian International Students in China”, Online Journal Communication and Media Technologies, Mei 2020.
Husain, A. P. (2021). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dasar dalam Pembelajaran Daring di Era Digital. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 439–456.
Ilham, M. (2021). Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Melalui Program Sekolah Ramah Anak (SRA) di SMPN 7 Yogyakarta. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 245–272.
Kemendikbud, Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran (Covid-19).
Kementrian Agama RI. 2020. Al-Qur’an Tajwid & Terjemah. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.
Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69–80.
Lubis, R. F. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(1), 1–30.
Mustakim, U. S., Dewi, R., Mulyasari, A., Juanto, A., & Kamali, A. S. (2021). Efektifitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Empiris Terhadap Mahasiswa di STKIP Syekh Manshur).
Nasution, S., Simanjuntak, L. A., Sitanggang, W., & Tambunan, J. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Selama Pandemi Covid 19. Attractive: Innovative Education Journal, 4(2), 107– 114.
Salirawati, D. (2018). Smart Teaching: Solusi Menjadi Guru Profesional. Bumi Aksara.
Shabir, M. (2015). Kedudukan guru sebagai pendidik:(tugas dan tanggung jawab, hak dan kewajiban, dan kompetensi guru). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 221–232.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234–2244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3. 1915.
Wati, J. U. M., Rikza, Q., & Rahmawati, A. D. (2021). Pengelolaan Kelas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Di Kelas VII G MTS Negeri 4 Ngawi. Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematic (IJELM), 2(1), 19–31.
Wiguna, R., Sutisnawati, A., & Lyesmaya, D. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Siswa Berbasis Online Di Kelas Rendah Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 75–79.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i3.270
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 wisnu -

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License