Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kompetensi Sikap Sosial Siswa di Madrasah Ibtidaiyah

Sri Rizki

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk melihat atau mengetahui apakah model pembelajaran berupa Problem Based Learning atau yang disebut dengan model pembelajaran yang berbasis masalah memberikan pengaruh yang cukup signifikan terkait dengan kompetensi sikap sosial peserta didik. Pada penelitian ini pula menggunakan metode penelitian berupa penelitian eksperimen kuantitatif yang berjenis eksperimen semu dengan desain yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design. Serta teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi sebagai data awal untuk melihat atau mengetahui bagaimana kondisi di lapangan, dan angket serta wawancara sebagai data pendukung. Kemudian pada teknik analisis data menggunakan teknik analisis uji prasyarat berupa uji statistik deskriptif sebagai uji pertama yang dilakukan untuk melihat rata-rata, kemudian normalitas, homogenitas, linearitas, dan uji hipotesis sebagai uji terakhir yang terdiri dari beberapa uji pula berupa uji independent sample t-test, regresi linearitas sederhana, dan regresi koefisien determinasi.  uji  . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kompetensi sikap sosial siswa yang ditunjukkan melalui hasil analisis statistik deskriptif atas hasil pretest antara kelas eksperimen yang memperoleh rata-rata sebesar 55, 94 dengan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata sebesar 56,59. Kemudian diperoleh hasil posttest pada kelas eksperimen rata-rata sebesar 58, 35 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 57,12. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini terpenuhi yang diperkuat dengan hasil uji hipotesis menggunakan uji linearitas sederhana yang memperoleh hasil bahwa nilai (Sig.) 0,00 < 0,05 yang artinya Ho diterima, dan besaran persentase pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning ditunjukkan dengan hasil uji koefisien determinasi sebesar 80,9%.

Keywords


Problem Based Learning, Kompetensi Sikap Sosial

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R. (2018). Implementasi Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Al-Quran dan Hadist Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Penanaman Sikap Peduli Sosial Pada siswa MTs Negeri 1 Sidoarjo. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 7(1), 61–67. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i1.1604

Aditya, F., Muchayan, A., Bahaswan, R., Lestari, S. E., & Bt Zulkifli, C. Z. (2021). Uji Beda Kinerja Keuangan Bank Menggunakan Independent Sample T-Test. Jurnal Spirit Pro Patria, 7(1), 48–57. https://doi.org/10.29138/spirit.v7i1.1493

Afriliani, M., Magdalena, & Rustini, T. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Siswa Terhadap Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 10254–10260.

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179.

https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

Astuti, L., Mayasari, D., & Setyowati, R. (2023). Pengaruh Pendekatan Steam dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pembelajaran IPA SDN 15 Singkawang. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2063–2070.

https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.547

Baihaqi, W. M., Dianingrum, M., & Ramadhan, K. aswin N. (2020). Regresi linier sederhana untuk memprediksi kunjungan pasien di rumah sakit berdasarkan jenis layanan dan umur pasien. Jurnal Simetris, 10(2), 671–680.

Cahyaningtyas, E., Widiyanto, B., & Kusuma, M. (2019). Penguatan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis Model Problem Base Learning (PBL). Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 13(2), 56–63. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v13i2.208

Edy Surahman, M. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan tanggung Jawab Sosial SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(5922), 25–27. https://doi.org/10.1136/bmj.3.5922.25

Evellin Dewi Lusiana, M. M. (2021). ANOVA untuk Penelitian Eksperimen: Teori dan Praktik dengan R.

Fathy, M., Nurfadillah, R., Purwati, P., & Mulyadi, S. (2023). Pentingnya Peran Orangtua Dalam Mencegah Permasalahan Perilaku Sosial AUD. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 87–98. https://doi.org/10.32678/assibyan.v8i1.8268

Febriansyah, M., & Wahyu Hidayat, A. (2019). Peran Guru Pai Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Siswa Sma Nurul Iman Palembang. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah, 17(1), 129. https://doi.org/10.29062/arrisalah.v17i1.227

Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3), 270. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417

Habibah, A., & Putri, E. (2021). Analisis Peran Guru Ips Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Siswa Di SMPI As-Shofiani Ahmadi. Research and Development Journal of Education, 7(2), 343. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10392

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis

Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, volume 3 n, 115–122. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.16-122

Nasution, L. M. (2017). Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah, 77(21), 5472–5476. https://doi.org/10.1021/ja01626a006

Nur Anggraini, P. M., Suryanti, H. H. S., & Widyaningrum, R. (2023). Analisis Karakter Peduli Sosial Pada Peserta Didik Kelas V Di Sdn Sambirejo Surakarta. Jurnal Sinektik, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.33061/js.v4i1.4005

Nurhuda, S. P., Nasichcah, & Karimah, A. (2023). Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Sosial Dalam Pandangan Islam. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni (JISHS), 1(4), 684–690.

Pradana, F. A. P., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Disiplin Menggunakan Skala Likert dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Fondatia, 5(1), 13–29. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1090

Qurnia Sari, A., Sukestiyarno, Y., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm

Ratnasari, D., Mahrawi, M., Wahyuni, I., & Risdatika, V. (2022). Pengaruh Augmented Reality Berbasis Web Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Sikap Konservasi Peserta Didik. Al-Ulum: Jurnal Sains Dan Teknologi, 8(1), 6. https://doi.org/10.31602/ajst.v8i1.7904

Saputra, E., & Zulmaulida, R. (2020). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Analisis Koefisien Determinasi Dan Uji Regresi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 69–76.

https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2250

Setiawan, R. (2019). Peran Pendidik Dalam Mengatasi Permasalahan Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 23–36. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol12.iss1.art2

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Susanti, S., Masriani, & Hadi, L. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (Khatulistiwa), 6(11), 1–10. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/22762

Tsusayya, D., Saputra, S., & Eriyanto, B. (2024). Konversi Energi Angin: Investigasi Komprehensif terhadap Teknologi Turbin Angin. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), 277–280. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.10436936

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i3.261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 sri rizki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License