Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kompetensi Sikap Sosial Siswa di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, R. (2018). Implementasi Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Al-Quran dan Hadist Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Penanaman Sikap Peduli Sosial Pada siswa MTs Negeri 1 Sidoarjo. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 7(1), 61–67. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i1.1604
Aditya, F., Muchayan, A., Bahaswan, R., Lestari, S. E., & Bt Zulkifli, C. Z. (2021). Uji Beda Kinerja Keuangan Bank Menggunakan Independent Sample T-Test. Jurnal Spirit Pro Patria, 7(1), 48–57. https://doi.org/10.29138/spirit.v7i1.1493
Afriliani, M., Magdalena, & Rustini, T. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Siswa Terhadap Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 10254–10260.
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179.
https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019
Astuti, L., Mayasari, D., & Setyowati, R. (2023). Pengaruh Pendekatan Steam dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pembelajaran IPA SDN 15 Singkawang. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2063–2070.
https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.547
Baihaqi, W. M., Dianingrum, M., & Ramadhan, K. aswin N. (2020). Regresi linier sederhana untuk memprediksi kunjungan pasien di rumah sakit berdasarkan jenis layanan dan umur pasien. Jurnal Simetris, 10(2), 671–680.
Cahyaningtyas, E., Widiyanto, B., & Kusuma, M. (2019). Penguatan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis Model Problem Base Learning (PBL). Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 13(2), 56–63. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v13i2.208
Edy Surahman, M. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan tanggung Jawab Sosial SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(5922), 25–27. https://doi.org/10.1136/bmj.3.5922.25
Evellin Dewi Lusiana, M. M. (2021). ANOVA untuk Penelitian Eksperimen: Teori dan Praktik dengan R.
Fathy, M., Nurfadillah, R., Purwati, P., & Mulyadi, S. (2023). Pentingnya Peran Orangtua Dalam Mencegah Permasalahan Perilaku Sosial AUD. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 87–98. https://doi.org/10.32678/assibyan.v8i1.8268
Febriansyah, M., & Wahyu Hidayat, A. (2019). Peran Guru Pai Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Siswa Sma Nurul Iman Palembang. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah, 17(1), 129. https://doi.org/10.29062/arrisalah.v17i1.227
Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3), 270. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417
Habibah, A., & Putri, E. (2021). Analisis Peran Guru Ips Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Siswa Di SMPI As-Shofiani Ahmadi. Research and Development Journal of Education, 7(2), 343. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10392
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, volume 3 n, 115–122. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.16-122
Nasution, L. M. (2017). Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah, 77(21), 5472–5476. https://doi.org/10.1021/ja01626a006
Nur Anggraini, P. M., Suryanti, H. H. S., & Widyaningrum, R. (2023). Analisis Karakter Peduli Sosial Pada Peserta Didik Kelas V Di Sdn Sambirejo Surakarta. Jurnal Sinektik, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.33061/js.v4i1.4005
Nurhuda, S. P., Nasichcah, & Karimah, A. (2023). Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Sosial Dalam Pandangan Islam. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni (JISHS), 1(4), 684–690.
Pradana, F. A. P., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Disiplin Menggunakan Skala Likert dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Fondatia, 5(1), 13–29. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1090
Qurnia Sari, A., Sukestiyarno, Y., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm
Ratnasari, D., Mahrawi, M., Wahyuni, I., & Risdatika, V. (2022). Pengaruh Augmented Reality Berbasis Web Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Sikap Konservasi Peserta Didik. Al-Ulum: Jurnal Sains Dan Teknologi, 8(1), 6. https://doi.org/10.31602/ajst.v8i1.7904
Saputra, E., & Zulmaulida, R. (2020). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Analisis Koefisien Determinasi Dan Uji Regresi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 69–76.
https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2250
Setiawan, R. (2019). Peran Pendidik Dalam Mengatasi Permasalahan Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 23–36. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol12.iss1.art2
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507
Susanti, S., Masriani, & Hadi, L. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (Khatulistiwa), 6(11), 1–10. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/22762
Tsusayya, D., Saputra, S., & Eriyanto, B. (2024). Konversi Energi Angin: Investigasi Komprehensif terhadap Teknologi Turbin Angin. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(12), 277–280. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.10436936
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i3.261
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 sri rizki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License