Pendekatan Pendidikan Nilai Dalam Filsafat Islam: Analisis Kontribusi Imam Al-Ghazali Dan Ibnu Sina

Muhammad Taufiq Ridlo Maghriza, Mukh. Nursikin

Abstract


Pentingnya menjelajahi pendekatan pendidikan nilai dalam filsafat Islam tergambar jelas dalam analisis kontribusi Imam Al-Ghazali dan Ibnu Sina. Penelitian ini menganalisis kontribusi dua tokoh besar filsafat Islam, yaitu Imam Al-Ghazali dan Ibnu Sina, dalam memperkaya konsep pendidikan nilai dalam Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengkaji karya-karya utama kedua tokoh tersebut serta referensi terkait lainnya, dan dalam menganalisi data menggunakan pendekatan hermeneutik untuk menafsirkan teks-teks klasik dengan memperhatikan konteks historis dan filosofisnya.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Ghazali menyoroti pendekatan spiritual dan tasawuf dalam pendidikan nilai, sementara Ibnu Sina lebih menekankan pendekatan rasional dan logika. Meskipun berbeda dalam pendekatan, keduanya tidak saling berseberangan, melainkan saling melengkapi. Al-Ghazali menawarkan dimensi spiritual dan nilai-nilai murni Islam, sementara Ibnu Sina menambahkan dimensi rasionalitas dan kecerdasan. Keduanya sepakat tentang pentingnya peran guru sebagai teladan moral dan spiritual. Implikasi penelitian ini menekankan perlunya memperkaya praktik pendidikan nilai dengan mengintegrasikan aspek spiritual dan nilai-nilai murni Islam yang dianjurkan oleh Al-Ghazali, serta mengadopsi konsep Ibnu Sina tentang pengembangan rasionalitas, keterampilan berpikir kritis, dan integrasi antara aspek intelektual dan spiritual. Dengan demikian, praktik pendidikan nilai berbasis Islam akan menjadi lebih holistik, menghasilkan generasi muda yang berkarakter, berakhlak mulia, dan seimbang secara intelektual, spiritual, dan moral. Saran untuk penelitian selanjutnya mencakup ekspansi literatur, penekanan pada konteks historis dan filosofis, eksplorasi implementasi konsep dalam pendidikan formal dan non-formal, serta adaptasi dalam berbagai konteks budaya dan penerapan teknologi. Hal ini akan memberikan wawasan lebih mendalam tentang kontribusi Al-Ghazali dan Ibnu Sina dalam pendidikan nilai Islam dan relevansinya dalam pendidikan modern.

Keywords


pendidikan nilai; filsafat Islam; Al-Ghazali; Ibnu Sina; spiritualitas; rasionalitas

Full Text:

PDF

References


Al-Attas, S. M. N. (2019). The Concept of Education in Islam. Kuala Lumpur: International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC).

Al-Ghazali, A. H. (2015). Ihya' Ulumuddin (Menghidupkan Kembali Ilmu-Ilmu Agama). Terjemahan oleh M. Zuhri. Semarang: Asy-Syifa'.

Al-Ghazali. (2018). Ayyuha al-Walad (Wahai Anakku). Terjemahan oleh M. Luqman Hakim. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Al-Ghazali. (2020). Al-Munqidh min al-Dhalal. Terjemahan oleh A. Halim. Jakarta: Mizan.

Azmardi, A. (2022). Nilai-nilai Pendidikan dalam Perspektif Sufistik Al-Ghazali. Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, 16(1), 1-22.

Bagir, H. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghazali. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2020). Parenting for Character: Building a Solid Foundation for Lifelong Success. St. Louis: Character.org.

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2022). What Works in Character Education: A Research-Driven Guide for Educators. St. Louis: Character.org.

Gardner, H. (2019). Multiple Intelligences: New Horizons in Theory and Practice. New York: Basic Books.

Goodman, L. E. (2022). Avicenna. Routledge, hal. 12-15.

Halstead, J. M. (2021). Islamic Values and Ethics in Education. Cambridge: Cambridge University Press.

Hashim, R., & Langgulung, H. (2020). Konsep Pendidikan Islam. Kuala Lumpur: Penerbit Universiti Malaya.

Ibnu Sina. (2018). Al-Qanun fi al-Tibb. Terjemahan oleh M. Syarif. Bandung: Penerbit ITB.

Ibnu Sina. (2021). Al-Shifa dan Hikmah al-Masyriqiyyah. Terjemahan oleh A. Zamakhsyari. Jakarta: Penerbit Dian.

Ibnu Sina. (2021). Risalah fi al-'Ishq (Risalah tentang Cinta). Terjemahan oleh A. Zamakhsyari. Bandung: Mizan.

Inati, S. C. (2021). Ibnu Sina: Hidup dan Karyanya. Terjemahan oleh A. Hasan. Jakarta: Mizan, hal. 18-20.

Inati, S. C. (2021). Ibnu Sina: Hidup dan Karyanya. Terjemahan oleh A. Hasan. Jakarta: Mizan, hal. 190-195.

Larmer, J., Mergendoller, J., & Boss, S. (2021). Setting the Standard for Project Based Learning. Alexandria: ASCD.

Nasr, S. H. (2022). Pendidikan dan Krisis Masyarakat Modern. Terjemahan oleh M. Arief. Jakarta: Mizan.

Nasr, S. H., & Leaman, O. (Eds.). (2020). History of Islamic Philosophy. London: Routledge.

Nata, A. (2020). Pemikiran Pendidikan Islam Al-Ghazali. Jakarta: Prenada Media.

Nawawi, R. M. (2023). Al-Ghazali dan Pemikiran Islam. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Niyozov, S., & Memon, N. (Eds.). (2023). Islamic Education in the Contemporary World: Theory and Practice. London: Routledge.

Nizar, S. (2019). Konsep Pendidikan Akhlak Ibnu Sina. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 223-242.

Ramayulis. (2021). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Suyadi. (2023). Konstruksi Pendidikan dalam Pemikiran Ibnu Sina. Yogyakarta: Deepublish.

Lubis, M. A. (2016). Konsep Pendidikan Al-Ghazali. TAZKIR, 2(1), 19-39.

Sulaiman, F. (2015). Al-Ghazali dan Pemikiran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2)

Rosenthal, F. (2007). Knowledge Triumphant: The Concept of Knowledge in Medieval Islam. Leiden: Brill.

Suharto, T. (2011). Gagasan Pendidikan Muhammadiyah dan NU sebagai Manifestasi Nilai-Nilai Akhlak Mulia Masyarakat Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 1-24.

Al-Ghazali. (2015). Ihya' Ulumuddin (Menghidupkan Ilmu-Ilmu Agama). Terj. Ibnu Ibrahim Ba'adillah. Jakarta: Republika Penerbit.

Sulaiman, F. (2015). Al-Ghazali dan Pemikiran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 127-146.

Al-Ahwani, A. F. (2010). Filsafat Hidup Ibnu Sina. Jakarta: Pustaka Azzam.

Leaman, O. (2015). Pengantar Filsafat Islam: Sebuah Pendekatan Tematis. Terj. Amin Abdullah. Bandung: Mizan.

Abidin, M. Z. (2017). Pendidikan Karakter Islam Telaah atas Pemikiran Al-Ghazali dan Ibnu Miskawaih. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 253-272.

Nasr, S. H. (2016). Tiga Pemikir Muslim: Ibnu Sina, Suhrawardi, Ibnu Arabi. Terj. Ahmad Marzuki Hasan. Jakarta: Lentera.

Rosenthal, F. (2007). Knowledge Triumphant: The Concept of Knowledge in Medieval Islam.Leiden:Brill.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Taufiq Ridlo Maghriza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License