Pengembangan Media Pop Up Book Tata Surya terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Linda Febriyanti, Aan Widiyono

Abstract


Penelitian pengembangan ini di lakukan karena adanya kesulitan dari siswa dalam memahami materi tata surya pada kegiatan proses pembelajaran sehingga rendahnya hasil belajar yang di peroleh siswa, hal ini terjadi Ketika pada proses pembelajaran yang menerapkan media pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pop up book untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI dalam mata pelajaran IPA. Penelitian pengembangan media ini menggunakan penelitian pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang merupakan bentuk penelitian pengembangan. Penelitian ini melibatkan pembuatan buku pop-up yang berfokus pada tata surya, yang dirancang khusus untuk siswa sekolah dasar di kelas enam. Paradigma ADDIE terdiri dari lima tahap berbeda: analisis, desain, pengembangan, implementasi maupun evaluasi. Penelitian ini di lakukan 26 siswa kelas VI SDN 3 Krapyak Jepara. Validasi ahli media di dasarkan pada penilaian yang di lakukan oleh ahli materi dan ahli media. Validasi ahli media 1 memperoleh nilai 88,8%, validasi ahli media 2 memperoleh 82,2% dan validasi ahli materi memperoleh 80% sehingga menempati media pembelajaran yang sangat layak. Nilai rata-rata pretest sebesar 66,36% dengan jumlah siswa tuntas 11 dan nilai rata-rata pottest 81,7% degan siswa tuntas sebanyak 26. Uji t di gunakan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran yang di gunakan, hasil uji t menujukan sig (t-tailed) 0,000 (< 0,05) maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam uji paired sampel t-test terdapat perbedaan nilai hasil yang berarti antara kelompok pretest dan posttest. Dari hasil data tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa secara signifikan anatara sebelum dan sesudah menggunakan media pop up book.

Keywords


media pop up book;hasil belajar;tata surya

Full Text:

PDF

References


Aeni, N., Kasdi, A., & Riyanto, Y. (2018). Pendidikan Nilai Nasionalisme Dengan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 4(3). Http://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Pd

Ahyar, H., & Juliana Sukmana, D. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif Seri Buku Hasil Penelitian View Project Seri Buku Ajar View Project. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/340021548

Atikasari, Y., & Desstya, A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Literasi Sains Materi Sistem Pencernaan Manusia Bagi Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6638–6645. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3336

Fadzilah, F., Royana, I. F., & Handayani, D. E. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Tema Vi Cita-Citaku Subtema 1 Aku Dan Cita-Citaku. In Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan (Vol. 3, Issue 3).

Fajarwati, A., Eka Nurianto, S., & Nur Amelia, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Menarik Minat Baca Siswa Kelas Vi Sd Di Masa Pandemi.

Herdiati, N., Oktavia, M., & Ayurachmawati, P. (2021). Desember 2021, Hlm 64-74 Diterima Pada : 25 Oktober 2021; Di-Review Pada: 30. Oktober, 12(2).

Lestari, F. D., & Sari, P. M. (2021). Media Pop-Up Book Berbasis Kemampuan Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Daur Hidup Hewan. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 206. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V9i2.38644

Nengsi, R. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan.

Suroiha, L., Dewi, G. K., & Wibowo, S. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 516–523. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i1.1856

Winda, P., Trio Pangestu, W., Matheos, Y., & Malaikosa, L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Linda Febriyanti, Aan Widiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License