The Role of PAI Teachers in Embedding the Value of Wasathiyah Islam in Students of Al Madinah Islamic Primary School
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, Z., Prasetya, B., & Susandi, A. (2022). Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di SMP Islam Hikmatul Hasanah Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3756
Ali Mustadi. (2006). Penanaman Nilai-Nilai Agama dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. Https://Doi.Org/10.21831/Pep.V8i1.2008
Amalia, F. N., Mashita, N. & W, N. T. (2017). Fungsi Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah. Seminar Nasional Pendidikan.
Baidhawy, Z. (2020). Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Erlangga.
Bumbungan, B., Masluki, M. & Mutmainnah, M. (2018). Peningkatan Mutu Produksi Tanaman Siong di Kecamatan Basse Sangtempe Utara. Journal Of Innovation And Applied Technology. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Jiat.004.01.11
Chadidjah, S., Kusnayat, A., Ruswandi, U., & Syamsul Arifin, B. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI: Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar Menengah dan Tinggi. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal, 6(1), 114 124. https://doi.org/10.51729/6120
Dimyati, A. (2017). Islam Wasatiyah Identitas Islam Moderat Asia Tenggara dan Tantangan Ideologi. Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, Vol. Vi No(144145).
Daradjat, Z. (1995). Pendidikan Islam dalam keluarga dan sekolah. Ruhama.
Eli Manizar. (2017). Peran Guru Sebagai Motivator dalam Belajar. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Fauzi, A. (2018). Moderasi Islam, untuk Peradaban dan Kemanusiaan. Jurnal Islam Nusantara, 2(2). https://jurnalnu.com/index.php/as/article/view/101
Fitriani, A. & Yanuarti, E. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam. Https://Doi.Org/10.29240/Belajea.V3i2.527
Harto, K. & Tastin, T. (2019). Pengembangan Pembelajaran PAI Berwawasan Islam Wasatiyah : Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Peserta Didik. At-Ta‟lim : Media Informasi Pendidikan Islam. Https://Doi.Org/10.29300/Attalim.V18i1.1280
Jentoro, J., Yusro, N., Yanuarti, E., Karolina, A., & Deriwanto, D. (2020). Peran Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-nilai Islam Wasatiyah Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(1), 4658. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1288
Kaca, G., Kamrolah, Ahmad Khaerul Kholidi, A. K., & Arifin. B. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Sd Negeri 12 Merapi Timur Desa Gunung Kembang. Visi Sosial Humaniora, 4 (2), (68-80). https://doi.org/10.51622/vsh.v4i2.1977
Kasirom, M. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif-Kualitatif. In Malang: Uin Maliki Press.
Nurrahmawati, R. (2016). Peran Guru dalam Kegiatan Pembelajaran Bahasa
Indonesia pada Siswa Berkesulitan Belajar Spesifik Kelas III di Sekolah
Dasar Negeri Gadingan Kulon Progo. Jurnal Widia Ortodidaktika.
Rozak, A., Fauzan, & Nurdin, A. (2010). Kompilasi Undang-undang dan Peraturan Bidang Pendidikan. FITK PRESS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36110
Siddiq, A. (2005). Khitah Nahdliyah. Cet.III. Surabaya: Khalista-LTNU.
Sugiasih, P. (2015). Pengaruh Peran Guru Sebagai Motivator terhadap Motivasi
Belajar Ekonomi Siswa SMA Se-Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (Jjpe).
Sugiyono, D. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Shafwan, D. M. H. (2019). Intisari Sejarah Pendidikan Islam. CV. Pustaka Arafah. https://repository.umsurabaya.ac.id/4979/1/SEJARAH_PENDIDIKAN_ISLAM.
Suprapto. (2020). Integrasi moderasi beragama dalam pegembangan kurikulum Pendidikan agama Islam.pdf. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(3). https://media.neliti.com/media/publications/378453-none-82ce5a7e.pdf
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i3.231
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ayu Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License