Penerapan Model Problem Based Learning berbantu Card Game terhadap Tingkat Berpikir Komputasi Siswa Kelas V

Lia Manika Santi, Ida Putriani, Ida Putri Rarasati

Abstract


Penelitian ini menyoroti kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa, terutama mengingat peringkat rendah kemampuan matematika siswa Indonesia menurut hasil PISA 2018. Strategi relevan dalam upaya ini adalah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan permainan kartu dalam pembelajaran matematika. Melalui desain kuasi eksperimental dengan Non-Equivalent Control Group Design, penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL yang didukung oleh permainan kartu berhasil meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa kelas V secara efektif. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan nilai mencapai 29,11 dan N-gain sekitar 57,46%. Di kelas kontrol, peningkatan kurang signifikan dengan selisih sekitar 25,58 dan N-gain sekitar 46,59%. Kesimpulannya, penerapan model PBL dengan dukungan Card Game secara signifikan lebih berhasil dalam memperkaya kemampuan berpikir komputasi siswa dibandingkan teknik pembelajaran konvensional. Rekomendasi penelitian ini mencakup integrasi model PBL dengan teknologi, seperti penggunaan platform digital untuk meningkatkan interaktifitas dan keterlibatan siswa. Kontribusi akademiknya adalah konfirmasi efektivitas model PBL dengan pendekatan permainan kartu dalam meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa serta memberikan landasan bagi pengembangan metode pembelajaran matematika yang inovatif.


Keywords


model problem based learning; card game; berpikir komputasi.

Full Text:

PDF

References


Ajeng R., Tatag Y., dan Wiryanto. 2022. “Hubungan Berpikir Komputasi dan Pemecahan Masalah Polya pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol.5 No.1 April 2022 p-ISSN: 2615-4196 e-ISSN: 2615- 4072. Diunduh 21 Desember 2022.

Amirudin, & dkk. (2023). Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka Belajar dengan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar di Satuan Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran (JPPP), 1-4.

Apriani, A., Ismarmiaty, I., Susilowati, D., Kartarina, K., & Suktiningsih, W. (2021). Penerapan Computational thinking pada Pelajaran Matematika di Madratsah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 47–56. https://doi.org/10.30812/adma.v1i2.1017

Aspini. 2020. Implementasi Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Pada Siswa Kelas VI SD. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 8 No. (1) pp. 72-79. Diunduh 6 Desember 2022.

Barr, Valerie, and Chris Stephenson. “Bringing Computational thinking to K12: What Is Involved and What Is the Role of the Computer Science Education Community.

Cilviani Cindy. 2022. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Kuasi Eksperimen Pokok Bahasan Bangun Ruang di Kelas V pada Salah Satu Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2021/2022). Universitas Pendidikan Indonesia.

Desi A., Mawardi, dan Suhandi. 2018. “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Kartu Domino Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 SD”. Jurnal FKIP UNS , Didaktika Dwija Indria, Volume 6, Nomor 8, hlm. 136 – 150. Diunduh 25 Oktober 2022.

Durak, H. Y., & Saripeci, M. 2018. Analysis of The Relation Between Computational thinking Skills and Various Variables With The Structural Equation Model. Computers & Education. Doi:10.1016/j.compedu.2017.09.004.

Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Fadillah, J. (2022). Studi Literatur : Pemanfaatan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PKn Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4460– 4468. https://doi.org/10.31004/edukatif. v4i3.2795

Gita L. dan Budhi. 2022. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap keterampilan computational thinking Matematis Siswa Kelas IV SDN Kebon Bawang 03 Jakarta”. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, ISSN Cetak : 2477-5673 ISSN Online : 2614-722X, Volume 08 Nomor 01, Juni2022. Diunduh 6 Desember 2022.

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual : Konsep dan Aplikasi. Bandung : Refika Aditama.

Kuswanto, H., Rodiyanti, N., Kholisho, Y. N., Desi, B., & Arianti, D. (2020). Pengaruh Kemampuan Matematika Terhadap Kemampuan Computational thinking Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Education : Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(2), 138– 144. https://doi.org/10.29408/edc.v15i2.2916

Manullang, S. B., & Simanjuntak, E. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Computational Thinking Berbantuan Media Geogebra. Journal on Education.

Markaban, 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta : Departemen Pendidikan Nasional PPPG Matematika.

Mufidah, Imroatul (2018) Profil Berpikir Komputasi dalam menyelesaikan Bebras Task ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Munir Yusuf. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo : Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo. Palangkaraya Tahun Pelajaran2017/2018”. Jurnal Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Juni 2019, Volume 4 Nomor 2, (1-8) ISSN : 2477-6076. Diunduh 19 Oktober 2022.

Sari, F. K., & dkk. (2022). Persepsi Guru Biologi Terhadap Computational Thinking Pada Sekolah Menengah Atas Sekecamatan Kayen. Jurnal Biognesis, 68-84.

Setiani, Bekti (2020) Peningkatan konsentrasi dan hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) materi pokok sifat-sifat segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan untuk siswa kelas IV B SD Kanisius Demangan Baru 1. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.

Setiani, A., Lukman, H. S., & Suningsih. 2020. Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. PRISMA, 9(2), 128 – 135.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surahman, E., Ulfa, S., Sulthoni, & Sumaji. (2020). Pelatihan Perancangan Pembelajaran untuk Guru Sekolah Dasar Berbasis Computational thinking. Jurpikat (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 60-74

Supriono, L. O., Sukmawati, & Baharullah. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Question Card Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Inpres Paccerakkang . Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.

Swasti M., Nusantara T., Rahman A. dan Qohar A. 2020. Computational thinking Pemecahan Masalah di Abad Ke-21. Malang : WD Wade Group.

Syamsidah, Suryani H. 2018. Buku Model Problem Based Learning (PBL). Yogyakarta : Penerbit Deepublish Grup Penerbitan CV BUDI Utama.

Zubaidi, A., & Lidyawati, R. (2013). Penggunaan Media Pembelajaran Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 1 Alas Tengah Situbondo. Jurnal UNARS.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lia Manika Santi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License