Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture berbantu Multimedia Interaktif terhadap Pemahaman Nilai dan Kesetaraan Pecahan Mata Uang
Abstract
Studi ini ditujukan untuk mengevaluasi dampak penerapan metode pembelajaran Picture and Picture yang didukung oleh media MAWANG terhadap tingkat pemahaman siswa di kelas II tentang nilai dan kesetaraan pecahan mata uang di SDN Kanigoro 03, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Penelitian ini muncul karena peringkat rendah Indonesia dalam kemampuan matematika siswa, khususnya dalam evaluasi Program for International Student Assessment (PISA). Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan rancangan Quasi-Experimental, melibatkan dua kelompok: satu kelompok eksperimental dengan 25 murid dan satu kelompok kontrol yang juga berjumlah 25 murid. Pengumpulan data dilakukan melalui tes yang dilaksanakan sebelum dan setelah perlakuan dijalankan. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan model Picture and Picture dengan dukungan media MAWANG berhasil meningkatkan kapasitas pemahaman siswa. Ini terbukti dari hasil analisis uji Mann-Whitney terkait pemahaman nilai dan kesetaraan pecahan mata uang oleh siswa, di mana nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,036. Karena nilai signifikansi ini berada di bawah ambang batas signifikansi α = 0,05, sehingga hipotesis alternatif (H1) dikonfirmasi. Hal ini mengindikasikan bahwa metode pembelajaran Picture and Picture dengan dukungan media MAWANG berdampak positif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai dan kesetaraan pecahan mata uang di tingkat SD. Rekomendasi diberikan untuk penggunaan model pembelajaran ini dalam pembelajaran matematika dasar, dengan harapan dapat membantu meningkatkan kemampuan matematika siswa di Indonesia yang masih perlu perhatian lebih lanjut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya, D., & Julaeha, S. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Core. Prosiding Seminar Nasional Sains 2020, 433-437.
Alfiyah, A. H., & Ekohariadi, &. (2020). Pengaruh Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Problem Solving Siswa Berbantu Media Pembelajaran. Jurnal IT-EDU, 236-246.
Armalina. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture yang Dipadukan Dengan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacherhere (ETH) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Jurnal STITMUPACIRAN.
Febriata, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. (online, diakses tanggal 18 Oktober 2023) file:///C:/Users/user/Downloads/571-1402-1-PB.pdf .
Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary Mathematics Teachers' Conceptions of Mathematical Literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology (IJEMST), 222-237.
Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi.
Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian.
Kristiana, D. V., & Putriani, I. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Mata Uang (MAWANG) Untuk Siswa Sekolah Dasar. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Laiya, Z. (2019). Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Membandingkan Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas II SDN 101 Kota Utara Kota Gorontalo. Repository UNG.
Lestari, Y. P., Slamet, & Radia, E. H. (2018). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Catur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematiak Kelas 4 SD.
Lismayani, I., Parno, P., & Mahanal, &. S. (2017). The Correlation of Critical Thinking Skill and Science Problem Solving Ability of Junior High School Students. Jurnal Pendidikan Sains.
Marlina, L. (2020). Kajian Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal, 56-61.
OECD. (2019). PISA 2018 Assesment and Analytical Framework. OECD Report.
Putrianingsih, W. (2022). Pengggunaan Media Mata uang Logam untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Kesetaraan Mata Uang pada Peserta DIdik Kelas II SD Islam Al Madina. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ramadhani, S. A., & Rukmana, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ideas.
Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak . (Juni 2020). Jurnal Golden Age.
Restiani, I. N., Putriani, I., & Anindia, D. (2022). Media Pembelajaran Interaktif SEPARO Untuk Pelajaran Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Pengembangan Pendidikan.
Rizka, Z. (2021). Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelompok A2 RA Nurul Hidayah Kejagan Trowulan Mojokerto. SkripsiUniversitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Septian, & Kosilah. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian.
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanti, P. A., & Kusmariyani, N. N. (2017). Penerapan Model Picture and Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 99-106.
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v5i1.224
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Desy Dwi Fitrianingsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License