Estimasi Kesalahan Pengukuran dalam Penilaian Sidang Skripsi: Generalizability Theory Analysis
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengestimasi kesalahan pengukuran dalam penilaian siding skripsi mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Labuhanbatu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif untuk mengurai kesalahan pengukuran pada penilaian siding skripsi mahasiswa. Populasi Populasi dalam penelitian ini adalah lembar penilaian sidang skripsi mahasiswa dan sampel yang digunakan adalah respon jawaban pada lembar penilaian sidang skripsi dari tiga dosen penguji yang menilai sebanyak 10 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Setiap dosen penguji diberikan lembar penilaian dengan 8 item yang mengukur 8 aspek. Penilaian dari ketiga dosen penguji sidang skripsi akan dianalisis menggunakan Generalizability Theory Two Facet dengan desain i x r x s. Setelah dilakukan analisis, maka hasil dari penelitian ini yaitu varians terbesar berdasarkan G-study adalah pada aspek residual sebesar 75,1%, aspek interaksi student-rater sebesar 13,1%, dan aspek student sebesar 11,6%. Sedangkan ratio of varians-N yang paling besar adalah pada aspek student sebesar 5,12, lalu diikuti oleh aspek student-rater sebesar 0,96, aspek residual sebesar 0,23, dan aspek student-item sebesar 0,0045. Pada penelitian ini juga diperoleh generalizability coefficient awal sebesar 0.5096671, lalu dimodifikasi sehingga menghasilkan dependability coefficient sebesar 0.810694.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas (4th ed.). Pustaka Belajar.
Brennan, R. L. (2001). Statistics for Social Science and Public Policy: Generalizability Theory. Springer-Verlag.
Cruz, A. P. S. (2013). Studi Generalizabilitas Tes Tipe Dua Facet Dengan Menggunakan Analisis Varian Tiga Jalur. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Hapsan, A., & Rosnawati, R. (2022). Koefisien Realibilitas dengan Teori Generalizabilitas ( G - Theory ) t wo-Facet i : h : p design. 1, 1–15.
Huebner, A., Huebner, A., Lucht, M., & Dame, N. (2019). Generalizability Theory in R Generalizability Theory in R. 24(November).
Istiyono, E. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian dan Analisis Hasil Belajar Fisika: Dengan Teori Tes Klasik dan Modern. UNY Press.
Mardapi, D. (2016). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Nuha Litera.
Planinic, M., Boone, W. J., Susac, A., & Ivanjek, L. (2019). Rasch analysis in physics education research : Why measurement matters. Physical Review Physics Education Research, 15(2), 20111. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.15.020111
Retnawati, H. (2015). Validitas dan Reliabilitas Karakteristik Butir (Panduan untuk peneliti, mahasiswa, dan psikometri). Parama Publishing.
Retnawati, H. (2016). Proving Content Validity of Self-Regulated Learning Scale (The Comparison of Aiken Index and Expanded Gregory Index). Research and Evaluation in Education, 2(2), 155–164. https://doi.org/10.21831/reid.v2i2.11029
Ridwan, M. R., Hadi, S., Jailani, J., & Retnawati, H. (2023). The instrument development to measure the verbal ability of prospective high school students. 12(1). https://doi.org/10.11591/ijere.v12i1.22736
Wendari, W., & Hadi, S. (2018). Estimasi kesalahan pengukuran standard setting dalam penilaian kompetensi matematika tingkat SMP di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 24–34. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.16492
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v5i1.220
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Islamiani Safitri, Raden Rosnawati, Rizli Ansyari, Rofia Abada

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License