Pendekatan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran PAI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abas , S., Hidayat, Y. W., Rohman, R. F., Sabillah, A., Atikah, Yohana, D. S., . . . Irfan, M. (2023). Implikasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Information Comunication and Technology (ICT) pada Pembelajaran PAI di SMAN 1 Beber. INJURIES: Indonesian Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 25-38.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Peneitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.
Ajizah, I., & Huda, M. (2020). TPACK sebagai Bekal Guru PAI di Era Revolusi Industri 4.0. TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 333-352.
Al Faraby, M. C., Frederick T, J., Hakim, W., & Mahardika AP, R. (2021). Inovasi Video Based Learning dalam Meningkatkan Interaksi pada Proses Belajar Mengajar. Institut Teknologi Telkom Surabaya.
Amalia, R., & Radiansyah. (2023). Implementasi Model PBL Pendekatan TPACK Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23233-23242.
Aminah, S., & Nursikin, M. (2023). Tugas Guru di Kelas dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Perspektif Islam. Journal on Education, 5(4), 12710-12719.
Arwani, R., & Hardini, A. T. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Inquiry Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 1186-1195.
Hanik, E. U., Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Innayah, R. N. (2022). Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), 15-27.
Hayani, S. N., & Sutama. (2022). Pengembangan Perangkat dan Model Pembelajaran Berbasis TPACK Terhadap Kualitas Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 6(2), 2871 - 2882. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2512
Iskandar, & Riantoni, C. (2023). Kesulitan Guru PAI Mengintegrasikan Pembelajaran Berbasis TPACK pada Masa dan pasca Pandemi Covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 533 - 542. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4721
Koehler, M., Mishra, P., Kereluik, K., Shin, T. S., & Graham, C. (2014). The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework. Handbook of Research on Educational Communications and Technology, 101-110. doi:10.1007/978
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189-2198.
Nuryana, Z. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal TAMADDUN, 19(1), 75-86.
Oktariani. (2022). Peranan Tecnological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Materi Kitab-Kitab Allah Kelas 5 SDN 106 Bengkulu Utara. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(8), 319-324.
Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 2(2), 127-144.
Putra, E. M., & Tahir, M. (2022). Media dan Teknologi Visual. Al-Mara>ji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 140-148.
Rosyid, A. (2016). Technological Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Pengetahuan bagi Guru Indonesia di Era MEA. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan: Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (hal. 446-454). Kebumen: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Samudera, S. A. (2020). Penggunaan Aplikasi KAHOOT! sebagai Digital Game-Based Learning pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Solikhah, M., Khair, A., & Siswantoro. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery terhadap Hasil Belajar IPS. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(16). Diambil kembali dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13889
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suhartini. (2022). Tecnological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dalam Pembelajaran PAI Pada Materi Beriman Kepada Malaikat Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 116 Bengkulu Utara. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(7), 441-446.
Sutiani, A., Situmorang, M., & Silalahi, A. (2021). Implementation of an Inquiry Learning Model with Science Literacy to Improve Student Critical Thinking Skills. International Journal of Instruction, 14(2), 117-138.
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v5i1.212
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Lailia Farhatus Sofiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License