Optimalisasi Kemampuan Literasi Siswa SD Melalui IPAS: Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Box TESANRA

Rika Rohmatul Ummah, Ika Oktavianti, Lintang Kironoratri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Pop Up Box TESANRA dalam pembelajaran IPAS. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) ini dilakukan melalui beberapa tahapan yang mengacu pada prosedur pengembangan Borg & Gall (1983: 775) yang disederhanakan menjadi 4 tahap yaitu: 1) Research and information collecting (Tahap analisis dan pengumpulan data), 2) Planing (Tahap perencanaan), 3) Develop preliminary form of product (Tahap pengembangan produk), dan 4) Preliminary and Operational field testing (Tahap validasi serta uji coba skala terbatas). Tingkat kevalidan media yang dikembangkan diukur dengan angket penilaian media yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi media memperoleh jumlah skor rata-rata 3,7 dengan presentase total skor 94,64% dan hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 3,8 dengan presentase total skor 96,42%. Berdasarkan pedoman konvensi data kuantitatif ke data kualitatif, maka pengembangan media Pop Up Box TESANRA berada pada kategori Valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa desain media Pop Up Box TESANRA ini layak digunakan sebagai media pembelajaran IPAS untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Keywords


media; pop up box tesanra; tradisi pesta lomban; kemampuan literasi

Full Text:

PDF

References


Aditiya, N., & Fatonah, S. (2023). Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Penggerak di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(2). https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p108-116

Ani Rusilowati. 2022. Konsep Desain Pembelajaran IPAS Untuk Mendukung Penerapan Asesmen Kompetensi Minimal, (online), (https://unnes.ac.id/mipa/id/2022/04/07/konsep-desain-pembelajaran-ipas-untuk-mendukung-penerapan-asesmen-kompetensi-minimal/ diakses 10 Juni 2023)

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rhineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, & Safruddin A.J, Cepi. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Assyauqi, M. I. (2020). Model Pengembangan Borg and Gall. Researchgate, no. December.

Aka, K. A. (2019). Integration Borg & Gall (1983) and Lee & Owen (2004) models as an alternative model of design-based research of interactive multimedia in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1), 012022. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1318/1/012022/meta

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Arief, I. S. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak melalui Metode Pembelajaran PAIKEM Tipe Jigsaw dan Index Card. Asatiza, 2(2), 124–137. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i2.272

Djamas, D., Tinedi, V., & Yohandri. (2021). Development of Interactive Multimedia Learning Materials for Improving Critical Thinking Skills. In Research Anthology on Developing Critical Thinking Skills in Students (pp. 507–525). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-3022-1.ch026

E, E., & Syarifuddin, A. (2014). Strategi Paikem Tipe Ceramah Plus Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an-Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islami Palembang. Ta’dib, 19(01), 63–84.

Fadhilah, N., & Umami, M. (2023). Kinerja Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SDIT Assalam Bandungan Kabupaten Semarang. Afeksi, 4(5), 493–504. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i5.154

Fardani, M. A., Rohmah, F., & Fajrie, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pokja (Poster Aksara Jawa) Untuk Pengenalan Aksara Jawa Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Afeksi, 4(4), 423–432. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i4.147

Febriani, Febriani. 2022. “Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Permainan Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 1 (2): 121.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational research: An introduction (8. utg.). AE Burvikovs, Red.) USA: Pearson. https://secure.nodebox.net/gkjfduhfy/02-yvonne-kub/9780205488490-educational-research-an-introduction-8th-edition.pdf

Jumriyati, J., & Fatimah, N. (2022). Pengembangan Media Pop Up Burima Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 6(1), 65-78.

Kemendikbud. 2021. Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD kelas IV. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan.

Kironoratri, L. (2020). Buku Kumpulan Puisi Anak Berbasis Kearifan Lokal Daerah Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesi 1,(3), 55-60.

Khairani, C. (2015). Strategi Pembelajaran Paikem (Scrambel) dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SDN 6 Selebung Ketangga. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 23–39. https://doi.org/10.36088/palapa.v3i1.750

Mahayani, S., Irwandani, I., Yuberti, Y., & Widayanti, W. (2018). Kotak Pop-Up Berbasis Problem Solving: Pengembangan Media Pembelajaran Pada Materi Cahaya Dan Alat-Alat Optik Untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 98–108. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.25847

Meilana, S. F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5605–5613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2815

Mukarramah, U., Juanda, A., & Fitriah, E. (2015). Analisis Standar Proses Pembelajaran Biologi Kelas X Di Sma Negeri 1 Majalengka Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 4(1). https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v4i1.269

Musbihin, M., & Marom, S. (2022). Pengaruh minat pada evaluasi pembelajaran berbasis game edukasi melalui media quizizz dan kahoot! Terhadap hasil belajar matematika. Afeksi, 3(2), 61–67. https://doi.org/10.35672/afeksi.v3i2.54

Nirmala, S. U., Agustina, A., Robiah, S., & Ningsi, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Ideguru, 9(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.746

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727

Naro Prasetyo 2021. Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. (online) (https://bpmpgorontalo.kemdikbud.go.id/ diakses tanggal 22 Mei 2023)

Oktavianti, I. (2018). Etnopedagogi dalam pembelajaran di sekolah dasar melalui media berbasis kearifan lokal. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Paldi, J., & Jailani, J. (2019). Keterlaksanaan standar proses pada pembelajaran matematika menurut Kurikulum 2013 pada kelas XII SMA Negeri. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 80–91. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.21220

Ratri. 2018. Media Sederhana Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Sabilla, D. A., Ashar, H., & Nursikin, M. (2023). FILSAFAT PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DAN JOHN DEWEY SEBAGAI LANDASAN PELAKSANAAN P5 DALAM KURIKULUM MERDEKA. Afeksi, 4(6), 632–643. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i6.176

Santi, F. A., Wulansari, B. Y., & Muttaqin, M. ‘Azam. (2023). Materi Modul Projek Kurikulum Merdeka PAUD Berbasis Budaya Kearifan Lokal Melalui Pengenalan Alat Musik Gong Gumbeng Ponorogo. Jurnal Kajian Anak, 5(01). https://doi.org/10.24127/j-sanak.v5i01.5052

Supatmo, S., & Ghufron, A. (2019). Developing Learning Multimedia to Improve Critical Thinking in Mathematics at Class V of Elementary School. In KnE Social Sciences. Knowledge E. https://doi.org/10.18502/kss.v3i17.4619

Susanti, I. A., Handoyo, E., & Sumarti, S. S. (2022). Pengembangan Buku Cerita IPS Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pada Tema Pahlawanku Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 6(2), 2515–2525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2448

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.

Undang-Undang Republik Indonesia(a) No. 20 Th 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2004). Jakarta : PT Armas Duta Jaya

Yensy, N. A., & Hadiwinarto, H. (2021). Evaluasi Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran PAIKEM Matematika. Jurnal Basicedu, 6(1), 78–87. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1901

Zulkifli, T. I. (2020). Pengaruh bermain konstruktif terhadap kecerdasan visual spasial anak di tk islam terpadu nurul fikri makassar. Tematik, 6(1), 1-7.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v5i1.209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rika Rohmatul Ummah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License