PENGEMBANGAN MEDIA RAJA CARAKA UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA AKSARA JAWA

Much Arsyad Fardani, Dwiana Asih Wiranti, Erik Aditia Ismaya, Devi Kumala

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media Raja Caraka untuk pembelajaran membaca Aksara Jawa. Metode penelitian yang digunakan adalah RND dengan model ADDIE. Tingkat kevalidan media yang dikembangkan diukur dengan angket penilaian media yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya media Raja Caraka yang memiliki nilai validais ahli materi memperoleh jumlah skor 35, sedangkan total skor memperoleh hasil 58%. Berdasarkan pedoman konvensi data kuantitatif ke data kualitatif, maka pengembangan media Raja Caraka termasuk kedalam kategori cukup baik. Sedangkan hasil validasi ahli media memperoleh jumlah skor 44, sedangkan total skor memperoleh hasil 73%. Berdasarkan pedoman konvensi data kuantitatif ke data kualitatif, maka pengembangan media Raja Caraka termasuk kedalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa desain media Raja Caraka ini layak digunakan sebagai media pembelajaran membaca aksara Jawa permulaan.

Keywords


Media, Raja Caraka, Membaca, Aksara Jawa

Full Text:

PDF

References


Astra, Rini. 2018. Pengembangan Media Pop up Book Berbasis Kontekstual Pada Pembelajaran Ips Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi: Universitas Jambi.

Fardani, Much Arsyad, dkk. 2023. The Effectiveness of POKJA (Javanese Script Posters) to Introduce Java Script. Asian Journal of Applied Education (AJAE), 2 (3): 529 -536.

Fardani, Much Arsyad dan Wiranti, Dwiana Asih. 2019. Peran Orang Tua dalam Pengembangan Bahasa Jawa Krama Anak Usia Dini. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMK.

Febriani, Febriani. 2022. “Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Permainan Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 1 (2): 121.

Khomah, Isti, Siti Istiyati, and Joko Daryanto. 2018. “Penggunaan Media Pop Up Book Untuk Keterampilan Membaca Aksara Jawa Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) 6 (7): 1–6.

Larasati, Rosalinda Audina. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Domino Aksara Jawa (Dorawa) Untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa Kelas IV SD Brawijaya Smart School Malang,” 1–123.

Pradana, Hendri Leo, and Henny Dewi Koeswanti. 2021. “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Aksara Jawa (Ambarawa) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 5 (2): 797–807.

Singh, Perbindar Kaur Pajan, and Harwati Hashim. 2020. “Using Jazz Chants to Increase Vocabulary Power among ESL Young Learners.” Creative Education 11 (03): 262–74.

Tambunan, Sri Ana. 2021. “Analisa Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Di Kelas Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan.” Jurnal Pendidikan Teknik Sipil 3 (1): 23–27.

Ulumiah, Masnatul. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Jawa Berbasis Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Kelas 3 MI Banyuwangi,”

Wulandari, Yeni Dwi, Endang Poerwanti, and Nafi Isbadrianingtyas. 2018. “Pengembangan Media Perdasawa (Permainan Dakon Aksara Jawa) Mata Pelajaran Bahasa Jawa Pada Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar 6 (1): 75.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i5.159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Much Arsyad Fardani, Dwiana Asih Wiranti, Erik Aditia Ismaya, Devi Kumala

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License