Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Merangin Provinsi Jambi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMA Negeri 15 Merangin, Provinsi Jambi. Kompetensi profesional guru berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga kepala sekolah memiliki peran strategis dalam memfasilitasi pengembangan kompetensi ini. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi langsung, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru antara lain: 1) Melakukan kegiatan tambahan seperti yang berhubungan dengan spritulitas atau keagamaan; 2) Persiapan pembuatan kelengkapan alat mengajar; 3) Standarisasi profil setiap guru mengajar. Kendala kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi profesional guru, 1) Kurangnya dukungan penuh dari masyarakat dan orang tua terhadap program-program sekolah; 2) Keterbatasan sumber daya, dana, fasilitas, dan jumlah; 2) Kesulitan dalam menemukan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan guru; 3) Kurangnya motivasi guru untuk meningkatkan kompetensi; 3) Tingginya beban kerja guru; 4) Kurangnya kolaborasi dan pembaruan kurikulum. Strategi kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi profesional guru di SMAN 15 antara lain: 1) Membangun dan Mengartikulasikan Visi; 2) Membuat Keputusan Strategis; 3) Mengembangkan Rencana Aksi; 4) Membangun Tim yang Kuat; 5) Memantau dan Mengukur Kemajuan; 6) Mengatasi Tantangan dan Perubahan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Asiah, S. (2017). Kepemimpinan Manajerial Pimpinan Lembaga Pendidikan (Kepala Sekolah) dalam Pengembangan Kualitas Produktivitas Kinerja Guru. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 1-14.
Baro'ah, S. (2020). Kebijakan merdeka belajar sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063-1073.
Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah:(Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi). Deepublish.
Jamin, H. (2018). Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19-36.
Mahsun, A. (2013). Pendidikan Islam dalam arus globalisasi: Sebuah kajian deskriptif analitis. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2), 259-278.
Miftah Thoha, Kepemimpinan Dalam Manajemen (Jakarta: Raja grafindo Persada, 2017).
Minnah El Widdah dan Syamsul Huda, Manajemen Strategi Peningkatan Mutu Madrasah (Jambi: Salim Media Indonesia, 2018).
Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 29-40.
Muannif Ridwan, Ahmad Syukri, dkk. “Studi Analisis tentang makna pengetahuan dan ilmu pengetahuan serta jenis dan sumbernya.” Jurnal Geuthee, Penelitian multidisiplin 4, no. 1 (April 2021): 3.
Muhardi, M. (2004). Kontribusi pendidikan dalam meningkatkan kualitas bangsa Indonesia. Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 20(4), 478-492.
Mukhtar dkk, Efektivitas Pimimpin, kepemimpinan transformative dan komitmen organisasi (Yokyakarta, CV Budi Utama, 2016), 136.
Mukhtar Latif dkk. Desain Pelatihan Produktif (Jambi: kelompok Studi Penulis, 2016).
https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6419.
Mukhtar, dkk, Akuntabilitas Kepala Madrasah (Jambi: Pustaka Ma’arif Press, 2018).
Mukhtar, Pengembangan Karir Tenaga Pendidik teori dan Aplikasi (Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama, 2016).
Pewangi, M. (2016). Tantangan pendidikan islam di era globalisasi. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1-11.
Purwanto, R. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Mutu dan Kualitas Sekolah di SD Negeri Soko. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 1(4), 151-160.
Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62-72.
Solikhulhadi, M. F. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru untuk Meningkatkan Mutu. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 2(2), 14-102.
Widiansyah, A. (2018). Peranan sumber daya pendidikan sebagai faktor penentu dalam manajemen sistem pendidikan. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 18(2), 229-234.
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i5.155
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Andika Rudi Arvia, Lukman Hakim, Ida Rianty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License