Kinerja Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SDIT Assalam Bandungan Kabupaten Semarang

Nayirotul Fadhilah, Mashlihatul Umami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Assalam Bandungan, Kab. Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, guru kelas 1 dan kelas 4 di SDIT Assalam Bandungan, Kab. Semarang. Teknik pengumpulan data didapat dari wawacara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru SDIT Assalam Bandungan, Kab. Semarang, sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka untuk kelas 1 dan kelas 4 dan sedang berlangsung. Hal ini dapat dilihat dari: (1) Kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran guru telah merancang perangkat ajar yaitu Modul Ajar dan Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan karakteristik peserta didik yang disusun berdasarkan capaian pembelajaran sesuai panduan Kurikulum Merdeka. (2) Kinerja guru pada tahap pelaksanaan, guru telah melaksanakan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran. Guru menggunakan perangkat ajar sesuai perencanaan sebelumnya. Kegiatan pembelajaran di kelas mengutamakan Profil Pelajar Pancasila untuk mengembangkan soft skil karakteristik peserta didik sesuai 6 dimensi pada Profil Pelajar Pancasila. Pembelajaran lebih fokus pada materi ensensial, menekankan pada pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar yaitu literasi dan numerasi. Guru memiliki waktu yang fleksibel tidak terburu-buru dalam pembelajaran sesuai kemampuan peserta didik. (3) Kinerja guru pada tahap evaluasi guru kelas 1 dan 4 SDIT Assalam Bandungan telah melaksanakan penilaian pembelajaran Kurikulum Merdeka dengan melakukan tiga jenis asesmen yaitu asesmen diagnostik, asesmen formatif dan asesmen sumatif sesuai Kurikulum Merdeka.


Keywords


Kinerja guru, Implementasi, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Adhimah, Syifaul. 2020. Peran Orang Tua Dalam Menghilangkan Rasa Canggung Anak Usia Dini (Studi Kasus di Desa Karangbong Rt 06 Rw 02 Gedangan Sidoharjo). Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 9, No. 1.

Alhamuddin. Politik Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Indonesia. Prenadamedia Group: Jakarta. 2019.

Angga dkk. 2022. Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 4.

Arifa, Fieka Nurul. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka dan Hambatannya. Jurnal Bidang Kesejahteraan Rakyat Info Singkat, Vol. 14, No. 9.

Bahman & Dian Hidayati. 2021. Kinerja Guru Dalam Implementasi Kurikulum 13 Di SMA Islam Al-Ma’arif Pandan Indah Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Academy of Education Journal, Vol, 12. No, 2.

Haslina, dkk. 2017. Kinerja Guru Dalam Implementasi Kurikulum 13 Pada SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 5, No. 4.

Hamdan. Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Keagamaan (Diniyah) Melalui Pendekaran Grassroots. Zahir Publishing: Yogyakarta. 2021.

Heronica, Meriza. Kinerja Guru Kelas Dalam Implementasi Kurikulum 13 Di Seklah Dasar: Studi Deskriptif pada Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Bandung. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia. 2020

Ismatul, Maulu, dkk. 2021. Kurikulum Pendidikan. CV Azka Pustaka: Sumatera Barat.

Kasman & Siti Khodijah Lubis. 2022. Teacher ‘Performance Evaluation Instrumen Design in the Implementation of the New Learning Paradigm of the Merdeka Curiculum. Jurnal Kependidikan, Vol. 8, No, 3.

Khusni, Muhammad Fakih dkk. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 12, No. 1.

Kurniati dkk. 2022. Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa dan guru Abad 21. Jurnal. Citizenship Virtues, Vol. 2, No. 2.

Laila, Rahma Nur dkk. 2022. Implementation of Pancasila Student Profile in the Merdeka Curriculum for High School in Sragen Regency. AL Hikmah: Journal of Education, Vol. 3, No. 1

Lailatussaadah. 2015. Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal: Intlektualita, Vol. 3, No.1.

Machali Imam & Ara Hidayat. 2018. The Handbook of Education Management Teori dan Praktik Pengelolahan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Kencana: Jakarta.

Purwanto, Ahmad Teguh. 2022. Perencanaan Pembelajaran bermakna dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal. Ilmiah pedagogy, Vol. 20, No. 1.

Putri, Ratu Ilma Indra. 2022. Pelatihan Guru Profesional “Merdeka Belajar” Melalui Collaborative Learning Bagi Guru Sekolah Menegah di Kota Pagalaran. Jurnal. Terapan Abdimas, Vol. 8. No. 1

Safitri dkk. 2022. Proyek Penguatan Profil Pancasila: Sebagai Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Di Indonesia. Jurnal. Bacedu, Vol. 6, No.4.

Siregar, Lamtiar Ferawaty dkk. 2022. Analysis of Teacher’s Ability in Setting Learning Objectives Flow of Learning Objektive, And Modules in The Merdeka Curriculum. Jurnal. SHS Web of Conferences. Vol, 01. No, 005.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA. .

Syafi’I, Fahrian Firdaus. 2021. Merdeka Belajar: Sekolah Penggerak. Jurnal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i5.154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nayirotul Fadhilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License