ANALISIS PENILAIAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR
Abstract
Penilaian kinerja guru merupakan aktivitas menilai terhadap kepemimpinan, kejujuran, kesetiaan, dedikasi, serta keikutsertaan seseorang dan kontribusinya terhadap lembaga atau pun organisasi kelompoknya. Penilaian yang berasal dari unsur-unsur kegiatan pokok guru dalam melakukan tugasnya demi mewujudkan tujuan pembinaan kepangkatan, keprofesian dan jabatan diartikan sebagai penilian kinerja guru. Tujuan dari penelitian ini guna mengerti terkait pengertian, kompetensi yang dapat digunakan sebagai evaluasi kinerja guru sekolah dasar, indikator yang dibutuhkan dalam melaksanakan fungsi dan tugas utama guru sekolah dasar, penelitian kinerja guru, dan manfaat penilian kinerja guru. Penerapan metode dalam penelitian ini penelitian kepustakaan (library research). Standar Kompetensi Guru dikembangkan melalui 4 kompetensi utama, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Keempat kompetensi tersebut terintegrasi dalam kinerja guru. Ada indikator keterampilan mengajar (teaching skills) oleh guru yaitu, a) keterampilan bertanya (questioning skills); b) keterampilan memberi penguatan (reinforcement skills); c) keterampilan mengadakan variasi; d) keterampilan menjelaskan (explaning skills); e) keterampilan membuka dan menutup pelajaran (set induction and closure skills); f) keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil; g) keterampilan mengelola kelas; h) keterampilan pembelajaran perseorangan. Kesimpulan, kinerja guru memiliki kriteria tertentu. Kinerja guru dapat dilihat dan diukur berdasarkan spesifikasi atau kriteria kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriyuan (2018). Meningkatkan Profesionalisme Guru Mengajar Melalui Penerapan Penilaian Kinerja Guru Di Smp Negeri 5 Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Pajar, 2(4), 497–504.
Depdiknas, 2000. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah : Konsep dan Pelaksanaan. Jakarta: Depdiknas
Gultom, T. (2020). Penilaian Kinerja Guru Mengenai Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 2 Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2020. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 2(3), 29–43
Kemendikbud. 2016. Buku 2 Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru Pedoman Pengelolaan PKG. Jakarta: Dirjen GTK
Kemendiknas. (2012). Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Khusnul, Z. (2016). Pengaruh Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) di Kecamatan Ciawi Bogor Jawa Barat
Kurnia, Y., Samuel, A., & Anita, S. (2018). Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Topsis. JSAI, 1(3), 70–75
Kuswardani, S. (2020). Implementasi Supervisi Pendidikan. Pilar Nusantara.
Permendikbud Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Siti Muawanatul Hasanah. 2021. Analisis Konsep Dan Implementasi Penilaian Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 03 No. 1, Juni 2021
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 10 Ayat 1 Tentang Guru Dan Dosen
Zainal Abidin dan Sutrisno.2014. Analisis Penilaian Kinerja Guru (PKG) dalam Upayanya Melakukan Penjaminan Mutu Guru di dalam Kelas. Jurnal: Reseaarch and Development Journal of Education. Vol. 1. No. 01. Oktober 2014.
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i5.148
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Heni Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License