Teori Belajar Behavioristik Ivan Pavlov dan Penerapannya dalam Pembelajaran Fikih di MTs Pancasila Salatiga

Erni Anita Sari, Rahmat Hariyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk pertama mengetahui teori belajar behavioristik Ivan Pavlov, kedua untuk mengetahui penerapan teori belajar behavioristik Ivan Pavlov dalam pembelajaran Fikih pada siswa kelas 7 MTs Pancasila Kota Salatiga, ketiga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan teori belajar Ivan Pavlov yaitu teori belajar behavioristik dalam pembelajaran fikih di MTs. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dalam pembelajaran Fikih di empat kelas yaitu kelas 7 MTs Pancasila Kota Salatiga. Penelitian ini juga menggunakan teknik wawancara dengan guru Fiqh kelas 7 MTs Pancasila Kota Salatiga dan dua belas siswa MTs Pancasila Kota Salatiga yang berasal dari empat kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak tingkah laku dalam pembelajaran Fikih di kelas 7 MTs Pancasila Kota Salatiga yang relevan dengan konsep teori belajar behavioristik Ivan Pavlov yaitu agar siswa belajar, guru memberikan syarat-syarat tertentu. Keunggulan teori belajar ini adalah cocok diterapkan dalam pembelajaran Fikih bagi siswa kelas 7 MTs Pancasila Kota Salatiga, karena sebagian besar siswa menunjukkan respon yang diharapkan ketika guru sering melakukan pengulangan dan pembiasaan terkait materi yang dipelajari. . Kekurangan teori belajar terletak pada jam belajar. Waktu belajar mempengaruhi respon siswa. Siswa yang belajar Fikih di pagi hari cenderung cepat menanggapi saran guru.

Keywords


Teori Behavioristik, Ivan Pavlov, Pembelajaran Fikih

Full Text:

PDF

References


Anam S, M.,&Dwiyogo, W.D (2019). Teori Belajar Behavioristik dan Implikasinya dalam Pembelajaran, Universiditas Negeri Malang, 2.

Anfasyah, Said, Warisno, andi. Mujiyatun, Hartati, Suci, (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Hidayatul Mubtadiin Desa Sidoharjo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022, Unisan Journal: Jurnal Manajemen&Pendidikan Vol.01 No.04 (2022):28-35.

Candra,Pasmah dan Saufiqi, Ahmad (2022), Implementasi Teori Bahaviorisme Ivan Pavlov dalam Membentuk Pola Perilaku Islami Pelajar di Bengkulu Tengah, Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, Vol.15, No.1, https://ejournaliainbengkulu.ac.id/index.php/nuansa/article/view/8083.

Daryanto, (2016), Media Pembelajaran:Peranannya sangat Penting dalam mencapai Tujuan Pembelajaran. Edisi Ke-2 Revisi. Yogyakarta: Gava Media.

Emda, A., (2019). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran, Lantanida Journal, 7(1)

Familus.(2016). Teori Belajar aliran Behavioristik serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal PPKn dan Hukum

Hamalik, Oemar, (1995). Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara.

Haslinda, ( 2019). Classical Conditioning. Jurnal Network Media

Iis, Susiyawati., &Moch. Hasyim, Fanirin, (2020). Arabic Learning At Madrasah Aliyah Based on The, 2013 curiculum.jurnal Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban,7(2),251-263. https://doi.org/10.15408/a.v7i2.1744.

Izzudin, Mustafa&Acep, Hermawan.(2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab : konsep dasar, Stategi, Metode, Teknik. PT Remaja Rosda Karya.

Johana, Ester, (2023, June 7). Teori Pavlov : Pengertian dan Contohnya, :https://www.kompas.com//skola/read/2022/04/11/130000369//teori-pavlov-pengertian dan contohnya.

Kalis, Geradus, Septian, (2021). Teori Pavlov dan Kaitannya dengan Pembentukan Perilaku, https://doktersehat.com/psikologi/teori-pavlov-dan-kaitannya-dengan-pembentukan- perilaku.

Masykur, Mohammad, Rizqillah, (2019). Metodologi Pembelajaran Fiqih, jurnal al Ma'rifat, Vol.4, No.2, 35.https://core.ac.uk/download/pdf.234800675.pdf

Muflihin, Muh.Hizbul (2009). Aplikasi dan Implikasi Teori Behaviorime dalam Pembelajaran (Analisis Strategis Inovasi Pembelajaran)/https://media.neliti.com/media/publications/143416-ID-aplikasi-dan-implikasi-teori-behaviorism.pdf.

Nahar, Novi Irwan, (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran, Nusantara: jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 1 (1). http://jurnal.umtabsel.ac.id//index.php/nusantara/article/view/94.

Nasiruddin, (2005), Pendidikan Fiqih Berbasis Kompetensi, Jurnal Pendidikan Islam, Vol.14, No.1,39.https://core.ac.uk/download/pdf/234800675.pdf

Nursalim, M., Hermien, I, Syafiq. M, Budiani, M.S., Savira, S.I., Khoirunnisa, R.N.,& Satwika, Y.W.(2019). Psikologi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Pratama, Yoga Anjas. (2019), Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4 (1): 38-49.https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2718.

Pratiwi, Intan., (2021), Teori Behaviorisme Ivan Petrovich Pavlov dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Diploma,IAIN Ponorogo, https://etheses.iainponorogo.ac.id/14562/.

Prahesti,Yunita.(2023, June 7) Penerapan Classical Conditioning Pavlov, https://www.academia.edu/9905817/Penerapan_Classical_Conditioning_Pavlov.

Ridwani, A.A, (2019), Implikasi dan Implementasi Teori Behaviorisme Menurut B.F Skinner dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, IAIN Ponorogo.

Rusman, (2017), Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (2nd ed). Prenadamedia Group Divisi Kencana.

Shahbana, Elvia Baby, Fiqh kautsar Farizqi, dan Rachmat Satria. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran, Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 9 (1):24-33, https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1249.

Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sokip, (2019), Kontribusi teori Behavioristik dalam Pembelajaran, Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam 7 (1): 175-90.https://doi.org/10.21274/ta'alum.2019.7.1.175-190.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i4.140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Erni Anita Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License