PENDIDIKAN NILAI DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK

Listiya Mulyani, Mukh. Nursikin

Abstract


Penelitian ini dititikberatkan pada implementasi Pendidikan nilai dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Maarif Bina Insani Kawedusan Sumowono dan implikasinya terhadap perkembangan moral peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode ini digunakan karena dapat memberikan jawaban permasalahan yang telah ditentukan secara komprehensif. Selanjutnya dengan metode ini akan diperoleh data yang lebih lengkap, mendalam, kredibel dan bermaka. Adapun hasil penelitiannya adalah bahwa pembelajaran Akidah Akhlak di MI Maarif Bina Insani Kawedusan Sumowono diarahkan untuk memperoleh standar kompetensi yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Pembelajaran nilai melalui mata pelajaran Akidah Akhlak memberi dampak bagi perkembangan moralitas peserta didik yang tergambar dalam perilaku keberagamaan mereka. Salah satu indicator yang dapat diukur adalah adanya perubahan dan kemajuan dalam perilaku keberagamaan peserta didik, seperti peningkatan komitmen keberagamaan peserta didik, tumbuhnya kepedulian sosial kepada sesama serta ketaatan dalam menjaga etika pergaulan.


Keywords


Pendidikan, Nilai, Akidah Akhlak, Moral.

Full Text:

PDF

References


Azra, A. (2002). Paradigma Pendidikan Nasional,Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Kompas.

Bandura, A. (1962). Social Learning Through Imitation . Lincoln: University of Nebraska Press.

Fakhruddin, A. (2014). Urgensi Pendidikan Nilai untuk Memecahkan Problematika Nilai dalam Konteks Pendidikan Persekolahan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta'lim, 12 (1), 83.

Gerow, J. (1989). Psychology An Introduction. London: Scott, Foresman Company.

Hadi, A., & Haryono. (1998). Metodologi-Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Kohlberg, L. (1979). The Cognitive Development Approach to Moral Education . Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Mulyana, R. (2011). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Putra, P. (2017). Implemenatasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Akidah Akhlak (Studi Kasus di MIN Sekuduk dan MIN Pemangkat Kabupaten Sambas). Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 151.

Schunk, D. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective. Reading.

Slavina, R. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Edisi kesembilan Jilid 1 diterjemahkan oleh Marianto Samosir. Jakarta: Indeks.

Sofyan, S., & Hufad, A. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 3: Pendidikan Nilai. Bandung: Impherial Bhakti Utama.

Sukmadinata, N. (2007). Metodologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Wren, T. (2008). Handbook of Moral and Character Education: Philosophical Moorings. New York: Routledge 270 Madison Ave.

Zubaedi. (2005). Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i4.138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Listiya Mulyani, Mukh Nursikin, Mukh Nursikin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License