POTRET PENDIDIKAN NILAI DILEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Ahmad Nur Fauzi, Mukh. Nursikin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pentingnya nilai-nilai aqidah, akhlak, dan ibadah dalam pendidikan Islam di Indonesia serta tantangan yang dihadapi dalam mengajarkan nilai-nilai agama secara komprehensif. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami peran lembaga pendidikan Islam, seperti madrasah, dalam membentuk karakter dan perilaku peserta didik agar menjadi individu yang utuh dan berakhlak mulia. Di Indonesia, pendidikan Islam menghadapi tantangan untuk mengajarkan siswa tentang nilai-nilai agama secara komprehensif. Pendidikan Islam diselenggarakan oleh organisasi yang dikenal dengan lembaga pendidikan Islam. Jenis-jenis lembaga pendidikan Islam antara lain pendidikan untuk keluarga, masjid, sekolah Islam, madrasah, pondok pesantren, dan perguruan tinggi. Pendidikan Islam sangat bergantung pada keluarga untuk menanamkan nilai-nilai agama pada anak. Sebagai lembaga pendidikan formal, madrasah juga berperan penting dalam memberikan pendidikan agama dan umum kepada siswa. Artikel Untuk menghasilkan individu yang berakhlak mulia, prinsip-prinsip agama harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan penelitian ini, diharapkan dapat diperoleh pemahaman yang mendalam tentang pendidikan nilai-nilai aqidah, akhlak, dan ibadah dalam konteks pendidikan Islam di Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia serta solusi yang relevan untuk meningkatkan pendidikan nilai-nilai Islam secara komprehensif. Penelitian ini menganut metode penelitian kepustakaan yaitu menyusun buku, jurnal, dan temuan penelitian terdahulu yang masih relevan dengan tema penulisan. Fokus pembahasan dilakukan secara deskriptif tentang Pendidikan nilai di lembaga pendidikan Islam yang di dalamnya terdiri dari beberapa lembaga, yakni  keluarga, masjid, sekolah Islam, madrasah, pondok pesantren, dan perguruan tinggi.

Keywords


madrasah; lembaga pendidikan islam; pendidikan islam

Full Text:

PDF

References


Afida, I. (2018). Historitas Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 9(1), 17–34. https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i1.97

Akhiruddin. (2015). Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara. TARBIYA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 195–219. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jurnal-tarbiya/article/view/143

Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam Di Indoesia. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(11), hlm 60. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/ei/article/view/95

Frimayanti, A. I. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), Hal. 240.

Hidayah, N. (2019). PENERAPAN NILAI DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Mubtadiin, Vol. 2 No.

Hidayat, R. (2016). Ilmu Pendidikan Islam “Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia” (C. Wijaya (ed.)). LPPPI.

Ismael, F., & Iswantir, I. (2022). Konsep Pendidikan Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 127–134. https://www.kumpulanmakalah.com/2016/10/konsep-pendidikan-sekolah-islam-terpadu.html

Kurniawan, H., & Ariza, F. N. (2020). Sekolah Islam Terpadu: Perkembangan, Konsep, Dan Implementasi. Ittihad, IV(1), 81–88. https://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id

Lubis, A. (2019). Sekolah Islam Terpadu Dalam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 4(2), 1077–1095. https://doi.org/10.36424/jpsb.v4i2.60

Lukitoaji, B. D. (2019). Pendidikan Nilai. In Nucl. Phys.

Minarti, S. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Amzah.

Mokoginta, H. (2022). PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MTsN 2 KOTAMOBAGU. Madinah: Jurnal Studi Islam, 9, 141–152.

Muhammad Amri, La Ode Ismail Ahmad, M. R. (2018). Aqidah Akhlak. Semesta Aksara.

Penyusun, T., & Bahasa, K. P. (2008). KAMUS BAHASA INDONESIA. Pusat Bahasa.

Prof. Dr. Haidar Putra Daulay, M. (1392). Dinamika Dan Pemikiran Pendidikan Islam. معرفت ادیان, 4(3), 57–71. http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150%0Ahttp://repository.uinsu.ac.id/8329/1/Bagian dari Buku Prof Haidar Daulay.pdf

Rahmat, Ramadiana, Sri Utari, Tri Wulan Dari, Z. F. (2018). Historitas Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 9(1), 17–34. https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i1.97

Rouf, A. (2015). POTRET PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH UMUM Abd. Rouf (Guru SMPN 41 Surabaya). Jurnal Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Ampel, 03(No. 1 (2015)), 187–206.

Sidiq, U. (2018). Manajemen Madrasah. In Why We Need the Journal of Interactive Advertising. CV. Nata Karya. http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0160738315000444

Sumarno, D., Hum, M., Alrianingrum, S., & Pd, M. (2019). Pendidikan Nilai dan Karakter.

Zainuddin, Z. (2021). Madrasah: Sejarah dan Dinamikanya. At-Tafkir, 14(1), 27–49. https://doi.org/10.32505/at.v14i1.2898

Zakiyah, Q. Y., & Rusdiana, A. (2014). Pendidikan Nilai (Kajian Teori dan Praktik di Sekolah). In Sistem Informasi Manajemen (Vol. 1).

Zulkarnain. (2008). Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i4.135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahmad Nur Fauzi, Mukh. Nursikin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License