MEDIA POSTER SEBAGAI AKTUALISASI POTENSI CIPTAKAN KARYA GEMILANG MELALUI KOMUNIKASI VISUAL PENDIDIKAN INKLUSI

Hanifah Mar’atush Shalihah, Yunita Ambarwati, Asma’ Khoirunnisa’, Heru Sukoco

Abstract


Mahasiswa sebagai representasi universitas dan agen perubahan, seharusnya memainkan peran aktif dalam memajukan pendidikan berkelanjutan di Indonesia (Education for Sustainable Development/ESD) melalui penerapan teknologi digital untuk menghasilkan berbagai inovasi di bidang pendidikan dan pembelajaran sehingga literasi digital dapat tumbuh dan berkembang dalam dunia pendidikan. Sejalan dengan kondisi ini, memperoleh pendidikan sesuai harapan tentunya merupakan hak setiap orang, termasuk bagi orang-orang dengan kebutuhan khusus, yaitu pendidikan yang kondusif dan inklusif. Penelitian ini mengkaji poster sebagai aktualisasi potensi dan penciptaan karya yang brilian melalui pendidikan inklusif menggunakan analisis komunikasi visual. Penelitian ini menggunakan metode design thinking yang terdiri dari tahap-tahap empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa poster yang disajikan dapat mendukung peran Komisi Nasional Disabilitas dalam mewujudkan pendidikan inklusif bagi semua orang, terutama bagi orang-orang dengan disabilitas.

Keywords


Visual Communication, Design Thinking, Inclusive Education

Full Text:

PDF

References


Aini, E. P., Komarudin, K., & Masykur, R. (2018). Handout matematika berbantuan etnomatematika berbasis budaya lokal. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 73-79. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1950

Azzahra, S., & Dhona, H. R. (2023). Ekslusi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Media Komunikasi FPIPS, 22(1), 46-58. https://doi.org/10.23887/mkfis.v22i1.56610

Badan Pusat Statistik. (2018). Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Tahun 2018. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Bakar, R. A., & Daulai, A. F. (2022). Dasar-dasar kependidikan. Medan: Perdana Publishing.

Baskoro, M. L., & Haq, B. N. (2020). Penerapan metode design thinking pada mata kuliah desain pengembangan produk pangan. IKRA-ITH Humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(2), 83-93.

Gallanis, T. (2020). An Introduction to Design Thinking and an Application to the Challenges of Frail, Older Adults. In: Celi, L., Majumder, M., Ordóñez, P., Osorio, J., Paik, K., Somai, M. (eds) Leveraging Data Science for Global Health. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-030-47994-7_2

Lazuardi, M. L, & Sukoco, I. (2019). Design thinking David Kelley & Tim Brown: Otak dibalik penciptaan aplikasi Gojek. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.35138/organum.v2i1.51

Pemerintah Indonesia. (1945). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 Pasal 31.

Pemerintah Indonesia. (2016). Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Pemerintah Indonesia. (2020a). Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2020 tentang Akomodasi yang Layak untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas.

Pemerintah Indonesia. (2020b). Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2020 tentang Komisi Nasional Disabilitas.

Razi, A. A., Mutiaz, I. R., & Setiawan, P. (2018). Penerapan metode design thinking pada model perancangan ui/ux aplikasi penanganan laporan kehilangan dan temuan barang tercecer. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan, 3(2), 75-93. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1549

Stanford D School. (2010). An introduction to design thinking—Process guide. In Hasso Plattner Institute of Design at Stanford University. Retrieved from https://dschool-old.stanford.edu/sandbox/groups/designresources/wiki/36873/attachments/74b3d/ModeGuideBOOTCAMP2010L.pdf.

Yulius, Y., & Putra, M. E. P. (2021). Metode design thinking dalam perancangan media promosi kesehatan berbasis keilmuan desain komunikasi visual. Besaung: Jurnal eni, Desain, dan Budaya, 6(2), 111-116. http://dx.doi.org/10.36982/jsdb.v6i2.1720

Zafi, A. A. (2018). Transformasi budaya melalui lembaga pendidikan (pembudayaan dalam pembentukan karakter). Al Ghazali, 1(1), 1-16.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i4.134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hanifah Mar’atush Shalihah, Yunita Ambarwati, Asma’ Khoirunnisa’, Heru Sukoco

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License