MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QU’RAN (STUDI MULTI KASUS DI MI MA’ARIF MANGUNSARI SALATIGA DAN MI MA’ARIF PULUTAN SALATIGA)

Ainun Nisa’, Ruwandi Ruwandi

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tiga tujuan penelitian yaitu: (1) Untuk menemukan dan menganalisis disain, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MI Ma’arif Mangunsari Salatiga dan MI Ma’arif Pulutan Salatiga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif naturalistic melalui participant observation. Responden dalam penelitian ini, meliputi: Kepala Madrasah, Wa. Ka. Kurikulum, dan Guru Tahfidz. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Disain pembelajaran tahfidz al-qur’an  di MI Mangunsari Salatiga dimasukkan sebagai ekstrakulikuler, adapun pedoman yang digunakan adalah buku qira’ati. Sementara di MI Ma’arif Pulutan Salatiga program tahfidz ada dua yaitu program tahfidz muatan lokal dan program tahfidz khusus. Tahfidz al-qur’an muatan lokal dimasukkan sebagai kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), sedangkan pembelajaran tahfidz khusus dimasukkan sebagai ekstrakulikuler, kegiatannya menggunakan buku panduan tahsin. (2) Pelaksanaan pembelajaran tahfidz di MI Ma’arif Mangunsari Salatiga dilaksanakan di pagi hari mulai jam 07.00-08.15 dikarenakan agar siswa masih segar dalam menghafalkan Al-Qur’an. Sementara di MI Ma’arif Pulutan Salatiga dilaksanakan diakhir jam pembelajaran dimulai jam 12.00-13.00 dikarenakan agar siswa dalam menghafalkan al-qur’an bisa memanfaatkan waktu yang panjang. (3) Evaluasi pembelajaran tahfidz al-qur’an  di MI Ma’arif Mangunsari Salatiga adalah satu minggu siswa hafalan satu per-empat atau 5 muka dengan disimak teman-temannya dan dalam satu bulan di simak gurunya. Untuk MI Ma’arif Pulutan Salatiga program tahfidz muatan lokal evaluasinya adalah ujian semesteran dengan tes lisan dan tertulis. Sedangkan program tahfidz khusus adalah evaluasinya menggunakan tasmi’ (ujian kelulusan menghafal Al-Qur’an yang didengar tanpa adanya kesalahan oleh enguji, orang tua dan masyarakat lainnya).

Keywords


Manajemen; Pembelajaran; Tahfidz Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Ibrahim, H. 2011. F. – faktor yang berhubungan dengan kejadian I. pada anak B. di wilayah P. B. K. B. T. 2011. T. P. P. U. (2014). No Title. c, 1–43.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30. https://doi.org/10.25299/alhikmah:jaip.2018.vol15(2).2374.

Fitriani Dahlan. 2021. Manajemen pembelajaran tahfidz di madrasah tsanawiyah. Jurnal Ulumuddin Vol. 1. No. 1

Hidayat, W. N. (2022). Internalisasi Akhlak Kepada Sesama Melalui Metode Cerita Dan Tanya Jawab Pada Santri Tpq Al-Ikhlas Di Pusat Hiburan Malam Sarirejo, Kelurahan Sidorejo Lor Kota Salatiga Tahun 2022 (Doctoral Dissertation, Iain Salatiga).

Hidayat, W. N., & Malihah, N. (2023). Implementasi Beberapa Teori Belajar Dalam Aplikasi Sholat Fardhu (Studi: Teori Koneksionisme Edward L. Thorndike, Teori Belajar Medan Kurt Lewin, dan Teori Kondisioning Ivan Pavlop di Masjid Al-Ikhlas Sarirejo). Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), 1-10.

Khusen, M. (2018). Implementasi Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. JPA,

Pananrangi, A. R. (2017). Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Makassar: Celebes Media Perkasa.

Prayoga, A., Noorfaizah, R. S., Suryana, Y., & Sulhan, M. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Quran Berbasis Metode Yaddain di MI Plus Darul Hufadz Sumedang. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 154. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.326

Suryana, Y. (2018). Manajemen Program Tahfidz Al-Quran. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(2), 229.

Thomas, P. (2011). Manajemen Pembelajaran di SMK Negeri 2 Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, VI(1), 16.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i4.132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ainun Nisa’, Ruwandi Ruwandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License