KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA KELAS VI DALAM MEMBUAT DAN MENGGUNAKAN ALAT PRAKTIKUM IPA PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK

Siti Rohani, Erna Risfaula Kusumawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kegiatan pembelajaran IPA berbasis proyek dan praktikum pada materi rangkaian listrik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VI MI Muhammadiyah Tangerang Selatan, Banten yang berjumlah 10. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian mixed method. Instrumen yang digunakan adalah rubrik penilaian kemampuan psikomotorik, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek yang dikolaborasikan dengan praktikum, peserta didik mampu membuat, mengembangkan, dan menggunakan alat praktikum IPA khususnya pada materi rangkaian listrik. Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian psikomotorik seluruh peserta didik kelas VI di atas KKM. Sembilan siswa memperoleh nilai 93-99 (kategori sangat baik) dan satu siswa memperoleh nilai 79 (kategori baik).  Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi sebuah masukan bagi guru dan calon guru untuk melakukan pembelajaran berbasis proyek dan praktikum agar kemampuan psikomotorik peserta didik bisa tercapai sesuai dengan target.

Keywords


Psikomotorik, Praktikum, Proyek, PjBL, IPA

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, A., Sri Afira Ruhyadi, S. G., & Binasdevi, M. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas Tinggi MI/SD. Al-Ibanah, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.54801/ibanah.v7i2.107

Agung Wibowo, Dian Armanto, & Wildansyah Lubis. (2022). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar Dengan Model CIPP. Journal of Educational Analytics, 1(1), 27–40. https://doi.org/10.55927/jeda.v1i1.424

Awab, Z. Al, Kosim, N., & Putri, M. N. (2021). Pembelajaran berbasis proyek pada pelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 77–82.

Fazri, A. (2022). Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar dalam Aspek Psikomotor dan Sikap pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar untuk Siswa Kelas X. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 140–144.

Fitri, Z. N., Anwar, Y. A. S., & Purwoko, A. A. (2021). Pengaruh Metode Praktikum Sederhana pada Materi Kepolaran Senyawa Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMA. Chemistry Education Practice, 4(1), 90. https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.2287

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102(April), 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586

Handayati, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Dengan Memanfaatkan Fitur Rumah Belajar Pada Pada Mata Pelajaran Ipa. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(4), 369–384. https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.61

Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16–27. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21765

Isnaini, A. I., & Utami, L. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja untuk Mengukur Kemampuan Psikomotorik Siswa dalam Praktikum Laju Reaksi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 12(1), 24–30. https://doi.org/10.22437/jisic.v12i1.9054

K.W, R. R. A. A., Emilda Prasiska, & Fitria Rizkiana. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Praktikum Sederhana Di Sdn Kebun Bunga 9 Banjarmasin. Prosiding Hasil-Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2020 Dosen-Dosen Universitas Islam Kalimantan, 87–95.

Khaerunnisah, K., Vitasari, M., & Suryani, D. I. (2022). Analisis Pembelajaran IPA Berbasis Praktikum di SMP Negeri se–Kecamatan Pontang Kabupaten Serang. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 346–352. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.346-352

Kusumawati, E. R. (2022). Efektivitas Media Game Berbasis Scratch pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. BASICEDU : Journal of Elementary Education, 6(2), 1500–1507.

Lia, L. (2018). Kemampuan Mahasiswa Dalam Membuat Alat Peraga Fisika Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(2), 222. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i2.2049

Mahmudatun Nisa, U. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran Practical methods to improve understanding and Learning Outcomes Grade V MI YPPI 1945 Babat on Single Substances and Mate. Jurnal Biology Education, 14(1), 62–68.

Mufidah, E. (2019). Pembelajaran Berbasis Praktikum IPA untuk Melatih Ketrampilan Komunikasi Ilmiah Bagi Mahasiswa PGMI. 01(02), 121–140.

Pasaribu, A., & Saparini. (2016). Pengembangan Instrumen Autentik Assesmen Berupa Penilaian Proyek dengan Produk Mind Mapping Pada Materi Gaya dan Hukum Newton Tentang Gerak. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 1–6.

Permata Puspita Hapsari, G., & Zulherman. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva pada Pembelajaran IPA. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(1), 22–29. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.43

Raini, G. K. (2021). Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 58–65. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/42944

Shpeizer, R. (2019). Towards a successful integration of project-based learning in higher education: Challenges, technologies and methods of implementation. Universal Journal of Educational Research, 7(8), 1765–1771. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070815

Sukmasari, V. P., & Rosana, D. (2017). Pengembangan penilaian proyek pembelajaran IPA berbasis discovery learning untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 101. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.10468

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio, 2(1), 49–57. https://doi.org/10.24014/konfigurasi.v1i2.4537

Wahyudiati, D. (2016). Analisis Efektivitas Kegiatan Praktikum Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tatsqif, 14(2), 143–168. https://doi.org/10.20414/jtq.v14i2.27

Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2012). Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan ALAT peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 51–56. https://doi.org/10.15294/.v1i1.2013




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i2.101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Rohani, Erna Risfaula Kusumawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License