PERSEPSI BURUK SISWA TERHADAP AKUNTANSI: BAGAIMANA ITU BISA TERJADI?

Nur Shania Hardiyanti, Annisa Ayuningtyas, Chintya Fasya Arrahman, Gesika Putri Kencana Arum, Khaulah Najdah Labibah Ahmady, Rama Wijaya Abdul Rozak, Heni Mulyani

Abstract


Persepsi siswa terhadap akuntansi menjadi indikator keberhasilan pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran didukung dengan persepsi baik yang dimiliki siswa terhadap akuntansi. Namun, nyatanya sebagian siswa memiliki persepsi buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap akuntansi dan penyebab timbulnya persepsi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang secara objektif memaparkan mengenai persepsi siswa terhadap akuntansi. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan hasil wawancara yang dilakukan kepada 50 siswa SMA kelas 12 yang berusia rata-rata 17-18 tahun. Peneliti mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber yang terdiri dari pertanyaan terbuka dan tertutup. Peneliti menganalisis dan mengategorikan jawaban narasumber untuk mencapai tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki persepsi buruk terhadap akuntansi. Persepsi buruk tersebut disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya analisis kasus akuntansi yang dianggap sulit, rumit dan adanya ketidakminatan siswa terhadap pembelajaran numerik. Dalam proses pembelajaran, guru sangat berperan untuk membentuk dan mengubah persepsi siswa terhadap akuntansi. Penyebab persepsi buruk siswa terhadap akuntansi dapat dianalisis melalui pendekatan psikologis, pendekatan pengalaman, dan pendekatan komunikasi.

Keywords


penyebab persepsi buruk; pembelajaran akuntansi; motivasi belajar; minat belajar; kesulitan belajar akuntansi

Full Text:

PDF

References


Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 1.

Atika Prama Deswita, A. (2013). PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SISWA KELAS X DI SMKN 1 SAWAHLUNTO TAHUN AJARAN 2012/2013. Journal of Economic and Economic Education, 2(1), 1-10.

Daniel T. H. Manurung, S. M. (2013). Urgensi Peran Akuntansi dalam Rumah Tangga. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 3(1), 4.

Desi Ayu Nurmala, L. E. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 1.

Fadzila, E. B. (2016). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Akuntansi, Lingkungan Teman Sebaya, dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Edisi 7 Tahun 2016, 5(7), 9.

Febrianti, R. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Firdaus, M. B. (2014). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Minat Belajar Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Program Keahlian Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMk Negeri 2 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Kadek Indah Dwi Lestari, I. W. (2019). Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Atas Perilaku Tidak Etis Akuntan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 27(1).

Mary Beth Caldwell, J. W. (1996). The Effect of Cooperative Learning on Student Perceptions of Accounting in the Principles Courses. Journal of Accounting Education, 14(1).

Meilisa Wulandari, S. D. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian. Jurnal Edukasi UNEJ, 1(2), 23-27.

Mellawati. (2013). Pengaruh Kemampuan Memahami Soal Akuntansi dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Akuntansi. 5.

Supriyanto, E. S., 2018. ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (SISWA KELAS X IPS SMA MUHAMMADIYAH 1 METRO DALAM MATERI MANUSIA PURBA DI INDONESIA). Jurnal Kajian Sejarah, Sosial, Budaya, dan Pembelajarannya, 2(1).

Purnamasari, N. (2012). Kesulitan Belajar dalam Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X pada Jurusan Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Benai Kuantan Singingi. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.

Utami, D. P. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2017/2018. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Wiko, K. A. (2015). Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas di Kelas X Akuntansi SMK Kristen Immanuel 2 Sungai Raya. (Artikel Penelitian). Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Yennian, A. H. (2020). Kesulitan Belajar Siswa Kelas X Akuntansi pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2019/2020. (Publikasi Ilmiah). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i2.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Shania Hardiyanti, Annisa Ayuningtyas, Chintya Fasya Arrahman, Gesika Putri Kencana Arum, Khaulah Najdah Labibah Ahmady, Rama Wijaya Abdul Rozak, Heni Mulyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License