Upaya Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Biologi Peserta Didik SMA Melalui Video Animasi Berbasis Youtube

Hadiid Ahlul Fadhal, Rahmawati D

Abstract


Studi ini bertujuan meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Biologi menggunakan media video animasi dari Youtube. Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan partisipasi siswa akibat penggunaan media konvensional serta minimnya integrasi teknologi dalam pembelajaran. Metode yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kurt Lewin dengan empat tahapan: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 29 siswa kelas XI.F4 di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam. Hasil menunjukkan peningkatan motivasi belajar dari 65% (pra-siklus) menjadi 73,8% (siklus I) dan 88,6% (siklus II). Aktivitas belajar juga meningkat dari 60% (pra-siklus) menjadi 71,3% (siklus I) dan 84,2% (siklus II). Disimpulkan bahwa video animasi Youtube efektif menciptakan pembelajaran yang menarik dan interaktif, sehingga meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar Biologi siswa SMA.

Keywords


Motivasi, Aktivitas, Video Animasi, Biologi

Full Text:

PDF

References


Amin, M. Z., Shukri, K., & Teh, K. S. (2019). Investigating Issues And Challenges In Employing Action Research For Teacher Training In Malaysian Context. International Journal Of Education And Practice, 30-40. https://doi.org/10.18488/journal.61.2019.71.30.40

Anggraini, S., Arif, R. N., Muthmainnah, M., Rahmi, Y., & Zikran, Z. (2025). Pengaruh Pemberian Ebook Multimodality Interaktif melalui Metode Student Centered Learning (SCL) terhadap Minat Belajar Mahasiswa Keperawatan di Era Society 5.0. Jurnal Sehat Mandiri, 20(1), 163-174. https://doi.org/https://doi.org/10.33761/jsm.v20i1.1819

Bradbury, H. (Ed.). (2015). The SAGE Handbook of Action Research (3rd ed.). SAGE Publications. https://doi.org/10.4135/9781473921290

Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021) — Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi (Powtoon) Materi Sumber Energi Alternatif untuk SD. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229

Hasmiza & Humaidi (2023). Efektivitas Youtube sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digitalisasi. Research and Development Journal of Education. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13928

Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p21-28.

Lewin, K. (2007). Introduction To Action Research. Sage Publications Sage.

Pristiwanti, D., Badariah, B. ., Hidayat, . S. ., & Dewi, R. S. . (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.

Ratnaningsih, R., Triastuti, R., & Gunawati, D. (2019). The Effect Of Use Of Audiovisual Learning Media On The Students’ Mastery Of Concept In Civics Learning. Atlantis Press, 1262-1268. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.154

Sulistyaningsih , N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Mendeskripsikan Benda Hidup dan Benda Tak Hidup Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas I di SD Negeri 1 Sambirejo. Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan, 29-34. https://doi.org/10.28926/jpip.v2i1.273




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hadiid Ahlul Fadhal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License