Menggali Kompetensi Pribadi dan Sosial Konselor Melalui Analisis Tokoh Punakawan Semar (Studi Hermeneutika)

Laurentia Gita Charisma Agung Raharjo, Robertus Budi Sarwono

Abstract


Konseling merupakan interaksi yang bersifat pribadi dan dilaksanakan secara profesinal antara konselor dan konseli. Interaksi tersebut selain harus dilakukan secara profesional juga membantu konseli untuk memberikan dukungan, bimbingan, pemecahan masalah dan pengembangan diri. Sebagai tindakan yang bersifat profesional kegiatan layanan konseling harus dilakukan oleh konselor yang memiliki kompetensi pada bidangnya. Salah satu kompetensi yang perlu dikuasai oleh konselor selain memahami karaktristik konseli dan permasalahannya temasuk latar belakang yang turut membentuk pribadi konseli. Penelitian ini bertujuan mengidetifikasi nilai-nilai karakter Semar sebagai tokoh Punakawan dan relevansinya terhadap kompetensi pribadi dan sosial seorang konselor. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui studi pustaka. Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan hermeneutika Gadamer. Analisis tersebut dilakukan melalui tahab-tahab: pra-pemahaman, dialog dengan teks, fusi horizon, dan peran bahasa sebagai medium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Semar merupakan salah satu tokoh punakawan yang memiliki berbagai karakter positif, seperti kebijaksanaan, kejujuran, kesabaran, kerendahan hati, serta kepedulian terhadap sesama. Karakter-karakter tersebut memiliki relevansi terhadap kompetensi pribadi maupun sosial seorang konselor. Konselor dituntut untuk mampu hadir sebagai pribadi yang dewasa, sabar, empatik, dan mampu membina hubungan terapeutik dengan konseli dari berbagai latar belakang. Semar menunjukkan kemampuan ini dalam setiap perannya. Dengan demikian, tokoh Semar dapat menjadi inspirasi dalam pengembangan layanan bimbingan dan konseling yang berbasis budaya.

Keywords


Kompetensi, Konselor, Karakter Semar, Konseling Berbasis Budaya

Full Text:

PDF

References


American School Counselor Association. (2022). Ethical standards for school counselors. The school counselor.

Bimbingan, A. (2018). Kode Etik Bimbingan dan Konseling Indonesia. Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia.

Guru Bimbingan Konseling Ini Pukul Murid SMA 11 Kupang Hingga Berdarah - Pos-kupang.com diakses pada 25 Maret 2024 pukul 02.10 WIB

Saputra, W. N. E., & Bhakti, C. P. (2015, December). Telaah Karakter Ideal Konselor berdasarkan Tokoh Punakawan Semar. In Makalah disajikan di Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling dengan Tema Konseling Berbasis Multibudaya, Semarang (Vol. 22).

Collins, S., & Arthur, N. (2007). A framework for enhancing multicultural counseling competence. Canadian Journal of Counseling and Psychotherapy, 41(1).

Darmoko, D., Hape, N., Yuwono, P., & Suparmin Sunjoyo, S. (2010). Pedoman Pewayangan Berperspektif Perlindungan Saksi dan Korban. Jakarta: Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban.

Habsy, B. A. (2016). Semar puppet counseling model. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 2(1), 19-24.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Hardiman, F. B. (2015). Seni memahami, Hermeneutik dari Schleiermacher sampai Derrida. PT Kanisius.

Solichin, H., Suyanto., Sumari. (2017). Ensiklopedia Wayang Indonesia. PT. Sarana Pancakarya Nusa, Bandung.

Kresna, Ardian. (2012), Dunia Semar: Abdi Sekaligus Penguasa Sepanjang Zaman. Diva Press, Yogyakarta.

Ra'uf, A. (2010). Jagad wayang: epos pintar yang membuat anda melek kearifan tradisi dan sejarah. Garailmu.

https://youtu.be/SWrEbZN89ZY?si=eOqyLTqYszsIzn_4 diakses pada 30 Maret 2024 pukul 20.00 WIB




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Laurentia Gita Charisma Agung Raharjo, Robertus Budi Sarwono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License