PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PEMBELAJARAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN
Abstract
Pendidikan menjadi investasi suatu bangsa karena pendidikan berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara intelektual, psikologis, dan sosial masyarakat dalam suatu negara. Pendidikan yang berkualitas akan melahirkan generasi yang berkualitas. Motivasi sangat diperlukan karena motivasi lah yang menjadi faktor utama yang mengarahkan seseorang saat melakukan suatu kegiatan tertentu. Motivasi belajar termasuk ke dalam faktor psikis dengan sifat non-intelektual yang dapat mempengaruhi kemampuan suatu individu pada saat mengikuti proses belajar dan mengajar. Motivasi dapat memengaruhi semangat belajar seorang individu. Semangat belajar bisa datang dari dalam diri sendiri maupun dari lingkungan sekitar. Mahasiswa sebagai seorang remaja yang menga membutuhkan motivasi yang kuat yang dapat membuat mahasiswa giat belajar sehingga dapat dilihat sebagai prestasi belajar yang diwakili oleh indeks nilai kumulatif (IPK) yang memuaskan. Mahasiswa harus memiliki motivasi untuk belajar agar merasa senang dalam mengikuti materi perkuliahan. Mahasiswa Pendidikan Manajemen Perkantoran sebagai calon guru harus mengetahui motivasi belajar bagi siswa karena motivasi sangat diperlukan untuk menjaga sekaligus meningkatkan semangat belajar siswa. Prodi pendidikan manajemen perkantoran adalah prodi yang memberikan pembelajaran mengenai ilmu kearsipan, pengolahan data, dan tata kelola perkantoran. Selain mempelajari ilmu-ilmu perkantoran juga diberikan pemahaman mengenai motivasi. Pemahaman ini yang nantinya digunakan sebagai bekal awal mahasiswa lulusan prodi Pendidikan Manajemen Perkantoran dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di dunia pendidikan. Metode penelitian ini mneggunakan metode penelitian kualitatif, yang dimana data yang diakumilasikan berupa kata-kata, berbentuk teknik pengumpulan data menggunakan form yang diberikan. Dari hasil pengolahan data terdapat 37,5 % mahasiswa yang lebih termotivasi ketika mengerjakan tugas inidividu, sedangkan 18,8 mahasiswa lebih termotivasi untuk mengerjakan tugas kelompok.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A S Hornby. (2000). OXFORD ADVANCED LEARNER’S DICTIONARY. OXFORD UNIVERSITY PRESS.
B, Weiner. (1990). HISTORY OF MOTIVATIONAL RESEARCH IN EDUCATION. JOURNAL OF EDUCATIONAL PSYHOLOGY, 82(4)
Dalyono. (2009). PSIKOLOGI PENDIDIKAN. Jakarta: Rineka Cipta.
Pranoto, H., Nurul, A., Retno, F., & Rio, S. (2018). LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF REGULATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL COUNSELING, 2(1), 87-112.
Riswanto, A. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Jurnal “Mosharafa”, 5(3), 293-304.
Santrock. J. W. (2002). ADOLESENCE: PERKEMBANGAN REMAJA. Jakarta: Erlangga.
Sutrisno, Edy. (2010). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Furchan. (2009). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN PROKASTINASI AKADEMIK TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA MAHASISWA PAUD IKIP VETERAN SEMARANG. JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2), 41-47.
Riswanto, A. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 293-304.
Yulihardi, Y., & Iskamto, D. (2018). PENGARUH PERENCANAAN KERJA, MOTIVASI KERJA DAN KOORDINASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KECAMATAN SIPORA UTARA KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 9(2), 107-117.
Haryadi, R., & Cludia, C. (2021). PENTINGNYA PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI GURU. Academy of Education Journal, 12(2), 275-284.
Pidarta, M. (1999). STUDI TENTANG LANDASAN KEPENDIDIKAN. Jurnal, Filsafat, Teori dan Praktik Kependidikan.
Emda, A. (2018). KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN. Lantanida journal, 5(2), 172-182.
Badrus, M. (2007). FAKTOR-FAKTOR PRIBADI YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MANUSIA. Tribakti, 18(2), 1-5.
DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i2.71
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fadilla Esa Hadianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License