Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adelia, S. I., Reffiane, F., & Suyitno. (2022). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 4(3), 1–8.
Adelianty, V., Pada, A., & Achmad, W. K. S. (2024). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sdn 57 Pepabri Kota Palopo. Jurnal Metafora Pendidikan, 2(2), 46–59. http://www.journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jmp
Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8, 1–17. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Apriliska, S., & Radiah, I. (2025). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi melalui PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Penyajian Data Siswa Kelas VII. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 5(2), 368–383. https://doi.org/10.29303/griya.v5i2.601
Awaliah, F. P. (2024). Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi Pada Materi Perubahan Wujud Zat Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SD. Universitas Pendidikan Indonesia.
Azmy, B., & Fanny, A. M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Inventa, 7(2), 217–223. https://doi.org/10.36456/inventa.7.2.a8739
Dirman, D., Kusumaningsih, W., & Ginting, R. B. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mencapai Standar Proses Pendidikan Di Smp. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 384–394. https://doi.org/10.51878/learning.v5i1.4568
Elmahasina, N., & Rahman, R. A. A. (2025). Pentingnya Pendidikan Dasar Bagi Anak di Indonesia. Karimah Tauhid, 4(2), 1570–1580. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v4i2.17153
Fauziah, D. T., Merliana, A., & Nugraha, A. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Diferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV Pada Materi Perubahan Wujud Benda. COLASE: Journal of Elementary Education, 08(03), 167–186.
Gymnastiar, A. M. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 7(02), 24–45. https://doi.org/10.54125/elbanar.v7i02.274
Hasanah, O. N., & Sukartono. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 8(1), 204–213. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v8i1.20798
Hermawan, V., Anggiana, A. D., & Septianti, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Model Pembelajaran Student Achievemen Divisions (STAD). Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 6(2), 71–81. https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/2810
Luawo, S. D., Abdullah, G., Isnanto, I., Kudus, K., & Saleh, M. (2025). Deskripsi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 4 SD. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 5(2), 526–535. https://doi.org/10.51878/science.v5i2.4874
Muhdar, R., & Marlina, Y. (2024). Kurikulum Merdeka : Tantangan Pembelajaran IPS Pada Siswa Sekolah Dasar Studi Kasus Di SD Negeri 26 Kota Ternate. PrimEarly : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 7(2), 314–324. https://doi.org/10.37567/primearly.v7i2.3443
Negari, A. S., Sari, Y., & Ulia, N. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar Abad Ke-21: Studi Literatur. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 255–269. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/24499/12798
Rofi’ah, S. N. H., Saputra, H. J., & Sofiati, R. N. (2025). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Supriyadi 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9, 146–152.
Rusidi, A. M., & Kurnia, B. (2025). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN Cicurug. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 229–245. https://doi.org/10.55606/inovasi.v4i2.4031
Safitri, D. A., Listiani, I., & Nurmaningsih, E. R. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran IPAS untuk Meningkatkan Pemahaman Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1646–1656. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.453
Sari, A. P., & Wahyudin, W. (2024). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Pelajaran Informatika. Digital Transformation Technology, 4(2), 887–894. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i2.4923
Sijabat, D. (2022). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Global Edukasi, 5(5), 321–326. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.708
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sahiba Azzahra Jauharoh, Eva Nurul Malahayati, Dian Puspita Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License





