Pengaruh Model PBL dengan Media Bosiva Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Siswa IPAS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Evalina, Wulandani, N., & Suryawan, A. (2024). Implementasi Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 8(2), 88–98. https://doi.org/10.24853/holistika.8.2.88-98
Karlina, S., & Sari, R. M. M. (2024). Studi Literatur : Peranan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(2), 451–460. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8202
Kenya, P. B. M., Kuswandi, D., & Wedi, A. (2025). Efektivitas Integrasi Teknologi Dalam Model Pbl Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edutech, 24(1), 272–287. https://doi.org/10.17509/e.v24i1.77103
Lestari, Y. P., Slameto, & Radia, E. H. (2018). Penerapan PBL Berbantuan Media Papan Catur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(April), 53–62.
Muda, M. A. M., Siburian, J., & Musli. (2024). Improving Students’ Critical Thinking Skills Using Multimedia in a Problem-Based Learning Model (PBL): a Narrative Review. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 16(2020), 245–265. https://doi.org/10.37640/jip.v16i2.2179
Nalinda, H., Arbarini, M., & Harianingsih. (2025). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 5(2), 270–285. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v5i2.5844
Nisa’i, S. H., Syofyan, H., Hotimah, U., & Nurhayati, R. (2022). Penggunaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran IPA di Kelas Rendah dan Tinggi. Prosiding Esa Unggul, 9, 258–261.
Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo Pada Mekanika Teknik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544
Pradana, R., Sofiyana, M. S., & Putriani, I. (2024). Bosiva As an Android E-Book in Discussion of Adaptation of Living Creatures for Fifth Grade of Elementary School. JARES (Journal of Academic Research and Sciences), 9(2), 18–29. https://doi.org/10.35457/jares.v9i2.3314
Purwakanti, D. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Virus Kelas X Di SMA Negeri 1 Tanjung. Jurnal Biologi Kontekstual, 4, 7–11.
Rabiana, Wanasi, R., & Maharbid, D. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Ipa Sd Islam Terpadu Qurrota a’Yun Tinggede. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 48–58. https://doi.org/10.31980/caxra.v4i1.1041
Ramadhani, S. P., Pratiwi, F. M., & Fajriah, Z. H. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis terhadap Pembelajaran Matematika. Prima, 7, 724–730. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Rohmatulloh, R., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2022). Integrasi Media Pembelajaran pada Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5544–5557. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3249
Saifiyaturrahmah. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Getaran di SMP Negeri 1 Simpang Ulim. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Saifiyaturrahmah, Nengsih, S., & Afrida, J. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Getaran Di SMP. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(1), 15. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i1.12235
Solihin, & Kusuma, R. S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III UPT SDN Tengket 02 Arosbaya. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28665
Tanjung, D. S., Sirait, Y. K. B., Siregar, R. F. H., Siringoringo, T., & Sianipar, Y. K. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 060901 Medan Polonia T.P 2024/2025. Cendekia Pendidikan, 16(1), 11. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252
Thesalonika, P. (2025). Pengaruh Model PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Siswa pada Kurikulum Merdeka SMP Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan, 25, 89–99. https://doi.org/10.52850/jpn.v25i2.15677
Ummah, K. K., & Mustika, D. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Muatan IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1573–1582. https://jurnaldidaktika.org
Wahdah, N., Widiada, I. K., & Hasnawati. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Muatan Pelajaran IPA. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 673–680. http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index%0APengaruh
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.707
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhammad Hanafi Romadlon, Adin Fauzi, Sripit Wadiastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License





