Pembentukan Karakter Religius Anak Usia Dini melalui pembelajaran di TPQ Nurul Hikmah Gumelem Kulon, Susukan, Banjarnegara

Titi Suwarni, Nahdiyah Hidayah

Abstract


TPQ merupakan salah satu bentuk pendidikan non-formal di tengah masyarakat. TPQ bukan hanya tempat untuk belajar membaca Al-Qur'an, tetapi juga sebagai sarana pembentukan karakter religius anak sejak dini. Salah satunya adalah TPQ Nurul Hikmah di desa Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara. TPQ Nurul Hikmah bukan hanya tempat untuk belajar Al-Qur'an, tetapi juga sebagai sarana pembentukan karakter religius pada anak yang memberikan banyak program kegiatan. Namun, dalam pelaksanaannya terdapat berbagai kendala diantaranya yaitu kendala jumlah santri yang belum jelas karena terkadang tiba-tiba masuk dan terkadang tiba-tiba keluar begitu saja, ada yang pamit dan ada yang berhenti begitu saja, sehingga membuat keadaan terkadang menjadi kurang kondusif. Selain itu,sarana dan prasarana juga masih sangat minim.Namun demikian pengurus TPQ sudah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi  kendala yang ada, yaitu dengan pendekatan pembelajaran interaktif dan mengadakan pertemuan rutin bagi para guru dan wali santri serta menggunakan secara maksimal sarana dan prasarana yang sudah ada. Dengan mengajarkan pendidikan agama sejak usia dini, anak-anak akan memiliki karakter religius dan akhlak yang baik. Pemberian bekal ilmu agama sejak dini ini merupakan awal yang baik bagi pertumbuhan moral anak.

Keywords


TPQ, Pendidikan karakter, Religius, Pendidikan non-formal.

Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas,R.P. & Susanto, H.H. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Melalui Sholat Sempurna di TPQ An-Nur Bekiring. 487–496.

Zannatunnisya dkk. 2024. Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini: Integrasi Nilai Spiritual. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Santrock, J.W. (2011). Child Develpoment. McGraw-Hill Education.

Suryadi. (2015). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini: Dalam Kajian Neurosains. Remaja Rosdakarya.

Suryadi & Ulfah, M. (2013). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini: Landasan Teoristis dan Praktis. Remaja Rosdakarya.

Suryana, A. (2018). Peran Madrasah Diniyah Dalam Membentuk Karakter Anak. 6 (1), 45–56.

Zamroni. (2011). Pendidikan karakter: Pendekatan Baru dalam Pendidikan Anak. Student Library.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Hasan, Muhammad dkk. 2023. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Serang Banten: PT. Sada Kurnia Pustaka.

Irhamna, I., & Purnama, S. (2022). Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ikhlas. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 68–77. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.46688

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), Article 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2233.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Titi Suwarni, Nahdiyah Hidayah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License