Peran Pondok Pesantren Al-Idrus Dalam Pendidikan dan Transformasi Kehidupan Masyarakat Sekitar

Siti Ismiyatun, Sa'adi Sa'adi

Abstract


Perkembangan pondok pesantren pada masa kini menunjukkan bahwa fungsinya tidak hanya terbatas sebagai lembaga pendidikan nonformal, tetapi juga sebagai agen perubahan sosial yang berperan aktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitarnya. Pondok pesantren Al-Idrus menjadi salah satu contoh lembaga keagamaan yang tidak hanya berfokus pada pendidikan dan pembinaan keagamaan, tetapi juga turut mendorong terjadinya transformasi sosial, ekonomi, dan moral di lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pondok pesantren Al-Idrus Wonosamodro dalam bidang pendidikan serta kontribusinya terhadap perubahan kehidupan masyarakat Dusun Kalikidang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tokoh masyarakat, pengajar pesantren, serta warga sekitar, dan diperkuat dengan observasi partisipatif terhadap kegiatan pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pondok pesantren Al-Idrus memiliki peran strategis dalam meningkatkan pendidikan formal dan keagamaan, membentuk moralitas masyarakat, serta mendorong transformasi sosial dan ekonomi di wilayah sekitarnya.

Keywords


Peran, pondok pesantren, Masyarakat sekitar

Full Text:

PDF

References


Aburrahman Saleh. (2013) Pendidikan Agama dan Keagamaan: visi misi dan aksi. Jakarta: PT. Gema Winda Panca Perkasa.

Asmani, J. M. M. 2022. Jihad keilmuan dan kebangsaan pesantren. IRCiSoD

Fatah, Ahmad, A. Latar, and Belakang Masalah. 2018. “PESANTREN DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT (Tantangan Dan Peluang Pesantren Diera Global).”

Fatah, Ahmad, A. Latar, and Belakang Masalah. 2018. “PESANTREN DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT (Tantangan Dan Peluang Pesantren Di era Global).”

Idris Sardi. 2024. Peran Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Moralitas Keagamaan Di Lingkungan Banjar (Studi Kasus Pondok Pesantren Nurul Jannah Nw Ampenan). Jurnal Ganec Swara Vol. 18, No.3

Nadzir, Mohammad. 2015. “MEMBANGUN PEMBERDAYAAN EKONOMI DI PESANTREN.” Economica: Jurnal Ekonomi Islam 6(1):3756.doi:10.21580/economica.2015.6.1.785.

Nuha, Ulin. 2016. “THE ROLE OF PONDOK PESANTREN IN ENCOUNTERING ASEAN ECONOMIC COMMUNITY (AEC).” ADDIN 10(2):365. doi:10.21043/addin.v10i2.1739.

Nur Cholist Madjid. (2016). Bilik-bilik Pesantren. Jakarta: Pramadina.

Nur Fahtori, Muhammad. 2017. “Eksternalitas Pondok Pesantren Bi Ba’a Fadlrah Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Sekitar Pondok di Kecamatan Turen Kabupaten Malang.” Universitas Negeri Malang, Malang.

Patoni, A. (2007). Peran Kiai Pesantren dalam Partai Politik (Yogyakarta). Pustaka Pelajar.

Ramadhani, A. F. E. 2019. Peran pondok pesantren Madinatussalam dalam penanaman nilai-nilai keagamaan bagi masyarakat Jebeng Plampitan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo.

Sahal Mahfudh, Pesantren Mencari Makna, (Jakarta: Pustaka Ciganjur), 1999, hlm. 38-39.

Sari, N. K., Arif, D., & Pratama, N. 2023. Strategi Dakwah Bil-Hikmah oleh Kyai di Pesantren Hurrasul Aqidah Tarakan. 3(1), 1–17.

Syafe’i, Imam. 2017. “PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8(1):61. doi: 10.24042/atjpi.v8i1.2097.

Zubaidi Habibullah Asy’ari. (2002). Moralitas Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: LKPSM.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Siti Ismiyatun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License