Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Materi Jurnal Penyesuaian

Alifia Ganeshi Anggarini, Khusnul Hidayati, Farida Setyaningrum

Abstract


Pada penelitian yang di ulas ini bertujuan guna membentuk peningkatan hasil belajar pada peserta didik pada pembelajaran kognitif mata pelajarn akutansi. Dasar materi jurnal penyesuaian melalui implementasi media pembelajaran dengan berbasis Google Sites. Permasalahan utama yang ditemukan adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap materi yang bersifat abstrak akibat penggunaan media pembelajaran yang konvensional dan kurang interaktif. Pada tahap metode ini penelitian yang di ulas menggunakan (PTK) dengan melaksanakan 2 siklus yaitu tahapan perencanaan kemudian pelaksanaan, dilanjutkan observasi, dan refleksi. Pada penelitian kali ini subjek yang di ambil dari 28 siswa kelas X AKN 5 SMKN 2 Jiwan. Pada tahapan berikutnya peneliti melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pada siklus pertama , media pembelajaran yang dinamai Sitesuai diimplementasikan dan  menunjukkan hasil peningkatan nilai rata-rata 75,53 dengan ketuntasan klasikal sebesar 67,85%, meskipun belum mencapai indikator keberhasilan. Setelah dilakukan perbaikan pada media, hasil siklus kedua menunjukkan peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata 89,82 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 89,28%. Pada hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Google Sites yang interaktif dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi akuntansi, mendorong keterlibatan aktif, serta menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Penelitian ini merekomendasikan pemanfaatan teknologi digital berbasis kebutuhan peserta didik sebagai strategi pembelajaran efektif dalam konteks pendidikan vokasi.

Keywords


Google Sites, Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Akuntansi Dasar, Jurnal Penyesuaian, PTK

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Alifia Ganeshi Anggarini, Khusnul Hidayati, Farida Setyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License