Adaptasi dan Inovasi Strategi Pembelajaran PJOK Berbasis Bahasa Isyarat dan Visual di Sekolah Luar Biasa: Praktik Guru di Provinsi Aceh

Fachrul Azmi, Miskalena Miskalena, Ifwandi Ifwandi, Amanda Syukriadi, Rane Monika

Abstract


Penelitian didasari oleh karena masih terdapat kesenjangan signifikan antara kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) yang dirancang untuk siswa umum dengan kebutuhan khusus tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB) Aceh. Meskipun terdapat inisiatif adaptasi belajar  seperti penggunaan bahasa isyarat dan materi visual namun implementasinya masih terbatas, terutama di wilayah Aceh yang memiliki sumber daya dan pelatihan guru yang belum optimal. Strategi mengajar adalah pendekatan yang dirancang oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien, terutama dalam konteks pendidikan anak tunarunggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru dalam mengajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Provinsi Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PJOK di SLB Negeri Pembina Provinsi Aceh menerapkan strategi berbasis permainan sederhana, penggunaan bahasa isyarat, alat bantu visual, serta pendekatan individual sesuai kebutuhan masing-masing siswa. Dari penelitian ini strategi Visual dan Demonstrasi yang sangat efektif dalam membantu siswa tunarungu memahami instruksi dalam proses pembelajaran. Simpulan dalam penlitian ini menggambarkan guru PJOK di SLB Negeri Pembina, Aceh telah menerapkan strategi pembelajaran adaptif untuk siswa tunarungu, menggunakan visual, video, dan aktivitas fisik yang dimodifikasi. Mereka mengatasi tantangan komunikasi dengan bahasa isyarat, ekspresi wajah, serta alat bantu visual, sekaligus menumbuhkan motivasi, kerja sama, dan kepercayaan diri siswa.

Keywords


Strategi Pembelajaran; PJOK; Anak Berkebutuhan Khusus; Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Abosi, O., & Koay, T. L. (2008). Attaining development goals of children with disabilities: Implications for inclusive education. International Journal of Special Education, 23(3), 1‑10.

Ahmadi, A., & Prasetya, J. (2005). Strategi belajar mengajar (pp. 32‑34). Bandung: Pustaka Setia.

Depdiknas. (2003). Standar kompetensi mata pelajaran pendidikan jasmani. Jakarta: Depdiknas.

Hendrayana, Y. (2007). Pendidikan jasmani dan olahraga adaptif (Adapted Physical Education and Sport) (pp. 7‑9). Visiting Foreign Research Fellow, Indonesia University Education: University of Tsubuka.

Handayani, S., & Sutisna, D. (2021). Pengaruh penguatan visual terhadap motivasi belajar siswa tunarungu dalam pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Khusus dan Inklusif.

Hosni, I. (2003). Pembelajaran adapti (p. 98). Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Juhji, & Farida, I. (2004). Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran picture and picture. Jurnal Primary, 6(1). ISSN 2086‑1362.

Kurniawan, R., & Fitriyah, H. (2020). Pendekatan individual dalam pembelajaran PJOK bagi siswa berkebutuhan khusus: Studi kasus pada siswa tunarungu. Jurnal Pendidikan Jasmani Adaptif, 5(2), 45‑53.

Lestari, S., Fadilah, R., & Nugroho, D. (2023). Modifikasi permainan bola untuk meningkatkan kapasitas fisik dan sosial siswa tunarungu. Jurnal Olahraga dan Kesehatan, 11(1), 34‑42.

Milles, B. B., & Huberman, A. (1992). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode‑metode baru (pp. 20‑22). Jakarta: UI Press.

Mufarokah, A. (2009). Strategi belajar mengajar (p. 43). Yogyakarta: Teras.

N. K., & R. (2008). Strategi belajar mengajar (p. 1). Jakarta: Rieneka Cipta.

Nurrochmah. (2016). Tes dan pengukuran dalam pendidikan jasmani dan keolahragaan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Pangesti, R., & Sudarsini, S. (2005). Pengembangan media video senam irama dalam pembelajaran pendidikan jasmani adaptif pada siswa tunagrahita. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 2(1).

Prasetyo, H., & Ardiansyah, R. (2023). Implementasi model permainan kelompok dalam pembelajaran PJOK untuk siswa tunarungu di sekolah luar biasa. Jurnal Pendidikan Khusus dan Inklusif, 7(2), 85‑94.

Ramadhani, A., & Lestari, P. (2022). Pemanfaatan teknologi visual dalam pembelajaran PJOK bagi siswa tunarungu. Jurnal Teknologi Pendidikan Inklusif, 4(1), 55‑64




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fachrul Azmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License