Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Soal Cerita pada Materi Pecahan Kelas VI SD

Qorina Cantika Putri, Rahmi Pratiwi, Ulfia Rahmi, Alkadri Masnur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis pemecahan masalah sebagai solusi untuk mengatasi rendahnya pemahaman siswa kelas VI SD dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan. Permasalahan ini ditandai oleh banyaknya siswa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), disebabkan oleh kesulitan dalam memahami konteks soal cerita, mengonversinya ke bentuk matematis, serta menerapkan konsep operasi pecahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Produk dikembangkan menggunakan aplikasi Canva dan CapCut, kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Uji kepraktisan dan efektivitas dilakukan kepada 14 siswa kelas VI di SDN 28 Rambatan. Hasil validasi menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat valid, dengan skor rata-rata 4,63 dari ahli media dan 4,83 dari ahli materi. Kepraktisan media dinilai sangat baik dengan skor rata-rata 4,89 dari siswa, sedangkan uji efektivitas menunjukkan nilai gain score sebesar 0,78 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis pemecahan masalah ini memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif, serta layak digunakan sebagai media bantu pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi pecahan melalui soal cerita. Penelitian ini juga memberikan kontribusi dalam pemanfaatan teknologi pendidikan di tingkat sekolah dasar.

Keywords


Pengembangan, Video Pembelajaran, Soal Cerita Pecahan

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto & Karim. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Diknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dwi, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol.6 No.5, 7926-7934.

Fiorella, L. & Mayer, R. E. (2018). What Works and Doesn’t Work With Instructional Video. Computers in Human Behavior, 89, 465–470.

Hafni, N. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Kinemaster Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3314–3323.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Isroah. (2012). Model-Model Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Kurniawan, D. A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Menggunakan Kinemaster Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Basicedu, 6(4), 5586–5593.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning: Second Edition. Cambridge University Press.

Munir. (2017). Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nasution. (2017). Didaktik Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ningsih, W. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2203–2208.

Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press.

Prastowo, A. (2017). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Prayogi, R. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster Pada Materi Perkalian Pecahan di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 77–88.

Sanjaya, W. (2017). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sukardjo. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(1), 1–10.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B. & Mohamad, A. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, C. S. & Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Qorina Cantika Putri, Rahmi Pratiwi, Ulfia Rahmi, Alkadri Masnur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License