Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Soal Cerita pada Materi Pecahan Kelas VI SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto & Karim. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Diknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dwi, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol.6 No.5, 7926-7934.
Fiorella, L. & Mayer, R. E. (2018). What Works and Doesn’t Work With Instructional Video. Computers in Human Behavior, 89, 465–470.
Hafni, N. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Kinemaster Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3314–3323.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Isroah. (2012). Model-Model Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Kurniawan, D. A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Menggunakan Kinemaster Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Basicedu, 6(4), 5586–5593.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning: Second Edition. Cambridge University Press.
Munir. (2017). Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nasution. (2017). Didaktik Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ningsih, W. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2203–2208.
Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press.
Prastowo, A. (2017). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Prayogi, R. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster Pada Materi Perkalian Pecahan di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 77–88.
Sanjaya, W. (2017). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Sukardjo. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(1), 1–10.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, H. B. & Mohamad, A. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Widodo, C. S. & Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.645
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Qorina Cantika Putri, Rahmi Pratiwi, Ulfia Rahmi, Alkadri Masnur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License