Pengembangan Aplikasi Multiple Intelligences Menggunakan Thunkable Sebagai Media Pemahaman Potensi Diri Bagi Siswa

Arfina Damayanti, Rayendra Rayendra, Alkadri Masnur, Rahmi Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android non-code sebagai media pembelajaran yang membantu siswa memahami potensi diri berdasarkan teori Multiple Intelligences dari Howard Gardner. Aplikasi dikembangkan menggunakan platform Thunkable dengan desain antarmuka yang sederhana, menarik, dan mudah digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah RND dengan model 4D (define, design, develop, disseminate). Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penilaian ini meliputi angket validitas media dan angket praktikalitas dengan sampel yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penilaian dari para validator media, ahli aplikasi I memberikan skor rata-rata sebesar 98,57%, sedangkan ahli aplikasi II memberikan skor sebesar 92,86%. Kedua hasil tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid. Setelah dinyatakan valid dan layak, media ini diuji cobakan kepada 30 siswa yang mayoritas berasal dari jenjang SMP, SMA, dan SMK. Hasil uji coba menunjukkan skor rata-rata sebesar 92,8% dengan kategori sangat praktis, sehingga aplikasi Multiple Intelligences dinyatakan layak digunakan sebagai sumber belajar sekaligus media edukatif.

Keywords


Pengembangan, Multiple Intelligences, Aplikasi Android, Thunkable, Model 4D, Potensi Diri

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N. (2019). Menggali Potensi Diri. Perdana. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/12598

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan potensi diri peserta didik melalui proses pendidikan. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 28–45.

Chatib, M. (2009). Sekolahnya manusia: sekolah berbasis multiple intelligences di Indonesia. Kaifa.

Dr. Drs. Darmansyah, S. T. , M. Pd. (2021). Pengembangan Pusat Sumber Belajar. Rajawali Pers.

Dr. Muhammad, M. Pd. , M. S. (2018). Sumber Belajar (M. P. Dr. H. M Zaki, Ed.). Sanabil.

Gardner, H. (2013). Multiple intelligences. Jakarta. Basic Books, New York, Daras Books.

Ismayani, A. (2018). Cara Mudah Membuat Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android dengan Thunkable. Elex Media Komputindo.

Johan, J. R., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan model four-D dalam pengembangan media video keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 1(06), 372–378.

Musfiroh, T. (2014). Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Modul Perkuliahan Pdf, Universitas Terbuka.

Nashori, F. N. (2003). Potensi-potensi manusia. Pustaka Pelajar.

Prasetyoaji, A., Utami, N. W., Rossydah, S., & Astuti, B. (2022). Evaluasi Pengembangan Media Aplikasi Identifikasi Multiple Intellegence by Howard Gardner dalam Penentuan Putusan Karir. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 12(2), 94. https://doi.org/10.25273/counsellia.v12i2.11346

Rohani, R. (2020). Media pembelajaran. repository.uinsu.ac.id

Salsabila, A., Achmad, S. S., Jais, M., & Helmi, N. (2022). Tingkat Potensi Diri Siswa Sekolah Menengah Atas untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 172–178.

Sandra, H. K., Tanamir, M. D., & Afryansih, N. (2022). Kelayakan dan Praktikalitas Media Pembelajaran Thunkable Berbasis Android pada Materi Ketahanan Pangan Industri dan Energi Kelas XI IIS SMAN 1 Painan. Jurnal Horizon Pendidikan, 2(1), 43–53.

Solihat, S., Nurfitri, T., & Nawarini, A. T. (2020). Pengaruh potensi diri, lingkungan sekolah dan tingkat pendidikan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi di MAN 1 Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 22(3), 368–377.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127–139.

Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176–197. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987

Wahyudin, A., & Zohriah, A. (2023). Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 3822–3835.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224.

Widjaja, A. E., Prasetya, K., Putra, A. S., Haryani, C. A., & Saraswati, I. E. S. (2022). Pengenalan dan Pelatihan Dasar Algoritma Pemograman Menggunakan Aplikasi Thunkable Bagi Siswa SD St. Theresia Jakarta. GIAT: Teknologi Untuk Masyarakat, 1(1), 12–24.

Winaryati, E. (2021). E-Book Cercular Model RD&D (RD&D Pendidikan dan Sosial). KBM INDONESIA.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Arfina Damayanti, Rayendra Rayendra, Alkadri Masnur, Rahmi Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License