ANALISIS DAMPAK GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN BICARA ANAK PAUD USIA 3 TAHUN

Maryance F Tamelab

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan bicara anak usia 3 tahun di PAUD Hosana Usiloa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data terbagi menjadi data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan melalui observasi terhadap anak yang menjadi subjek penelitian, sedangkan data sekunder berupa dokumen dalam bentuk jurnal dan sumber bacaan lainnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar anak usia 3 tahun di PAUD Hosana Usiloa menggunakan gadget lebih dari 8 jam sehari. Penggunaan gadget yang berlebihan dapat mempengaruhi perkembangan bicara anak dan dapat menimbulkan dampak negatif seperti ketergantungan pada gadget dan kurangnya interaksi sosial. Untuk meminimalkan dampak negatif tersebut, perlu dilakukan strategi pengelolaan gadget yang baik. Strategi tersebut meliputi pengaturan waktu penggunaan gadget, memilih aplikasi dan konten yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak, serta mengajak anak untuk berinteraksi sosial dan melakukan aktivitas lain yang positif. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada orang tua dan pengajar untuk lebih memperhatikan penggunaan gadget pada anak usia dini dan melakukan pengelolaan yang baik untuk meminimalkan dampak negatif pada perkembangan bicara anak. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menggali dampak penggunaan gadget pada aspek perkembangan lainnya pada anak usia dini.

Keywords


Gadget; Speech Development; Early Childhood Education

Full Text:

PDF

References


Adriani, M. F. (2017). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan anak. Jurnal Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, 3(2), 26-32.

Amalia, R., & Andriani, A. (2020). Pengaruh gadget terhadap perkembangan bicara anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada.

Hafidhoh, R. N., Sari, S. P., & Nurjanah, N. (2021). Dampak penggunaan gadget pada anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD Universitas Negeri Surabaya, 6(1), 300-306.

Kusuma, S., Suyatna, A., & Sugiharto, B. (2019). Pengaruh gadget terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 67-76.

Mufidah, N., Hidayat, W., & Sudaryanto, S. (2022). Analisis pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan bicara anak usia 3 tahun di PAUD Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 12-22.

Nurcahyani, S. P., & Suciati, R. (2018). Dampak penggunaan gadget pada anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 292-299.

Rahmawati, D., Rohmah, S., & Mulyono, D. (2019). Dampak penggunaan gadget pada anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 184-190.

Sari, N. N., & Rusdi, A. (2018). Pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(1), 27-36.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i1.64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maryance F Tamelab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License