Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Wordwall

Julia Derullisa, Rahmawati D

Abstract


Kondisi kualitas pembelajaran di Fase E SMAN 1 Batang Kapas masih mengalami berbagai tantangan, khususnya di kelas X.E.1 yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran belum sepenuhnya memberikan dampak yang baik terhadap hasil belajar peserta didik, hal ini disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran terkhususnya pada mata pelajaran biologi seperti peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, tidak mengerjakan tugas, dan mengerjakan tugas kelompok yang dikerjakan secara individu. Penelitian ini bertujuan untuk menilai peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan Wordwall. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek 36 orang peserta didik kelas X.E.1 SMAN 1 Btang Kapas tahun pelajaran 2024/2025. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pretest dan posttest untuk penilaian hasil belajar kognititf, lembar observasi hasil belajar afektif, lembar pengamatan hasil belajar psikomotor, dan catatan lapangan keterlaksanaan sintaks model kooperatif tipe NHT. Keberhasilan indikator tindakan penelitian ditentukan berdasarkan peningkatan hasil belajar yaitu 80% dari total jumlah peserta didik yang mendapatkan niali ≥78. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model kooperatif tipe NHT berbantuan wordwall, hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tentang ekosistem meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I di peroleh rata-rata nilai pretest 46,1 dengan persentase ketuntasan klasikal 16% dan rata-rata nilai posttest 67,7 dengan persentase ketutasan klasikal 30%, sedangkan pada siklus II dapat dilihat peningkatan pesat dari rata-rata nilai pretest 63,61 dengan persentase ketuntasan klasikal 38% dan rata-rata nilai posttest 81,8 dengan persentase ketuntasan klasikal 86%. Penelitian ini berhenti di siklus II karena siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan, yaitu 805 dari total jumlah peserta didik X.E.1 mendpatkan nilai ≥78. Oleh karena itu, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model kooperatif tipe NHT berbantuan wordwall efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X.E.1 pada materi ekosistem di SMAN 1 Batang Kapas.

Keywords


Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Wordwall

Full Text:

PDF

References


Anindyajati, Y. R. & Choiri, A. S. (2017). The effectiveness of using word wall media to increase science-based vocabulary of students with hearing impairment. European Journal of Special Education Research, 2(2), 14-23.

Aqib Zainal. 2010. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya

Arianto, S., & Suryaman, H. (2024). Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Wordwall di SMKN 1 Kemlagi. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 6(2), 100–107.

Hidayatullah. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Banten: Lkp Setia Budhih

Jayawardana, H. B. A., & Gita, R. S. D. (2020, August). Inovasi pembelajaran biologi di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 6, No. 1, pp. 58-66).

Lider, G. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Peserta didik Kelas Vi Semester I Sd Negeri 5 Sangsit. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1).

Murwanto, S. (2020). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered-Head-Together) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IX B SMP Negeri 4 Alla Enrekang. Jurnal Sainsmat, 9(1), 14-28.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS & Peraturan Pemerintah Indonesia Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan serta Wajib Belajar. (2010). Bandung: Citea Umbara.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i6.632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Julia Derullisa, Rahmawati D

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License