IMPLEMENTASI METODE AL-MIFTAH PADA MATERI PAI DALAM KITAB FATHUL QORIB DI PONDOK PESANTREN AR-ROFI’IYYAH SEMAMPIR

Ifa Istiana, Abd. Aziz, Ibnul Arobi

Abstract


Pesantren merupakan basis pengetahuan  dan pengembangan ilmu Islam. Sumber tertulis utama yang dipelajari adalah kitab kuning,yaitu kitab yang berisi tulisan arab tanpa huruf vokal. Pemahamannya dapat dilakukan dengan banyak cara, tetapi di antaranya Metode yang dianggap cukup efektif adalah metode Al-Miftah.Meski begitu, tidak semua santri bisa mengerti tentang  kitab kuning, Penelitian ini dilatar belakangi karena melihat perkembangan yang pesat santri pondok pesantren Ar-Rofi’iyyah semampir dalam kitab kuning khususnya pelajaran fiqih yang merupakan salah satu materi PAI, peserta didik sudah bisa membaca kitab dengan fasih mendeteksi perkalimat, baik dalam segi, I’rab, fungsi I’rab dan lengkap dengan dalil Nadzomnya. Padahal di beberapa pondok pesantren yang peneliti temui, mayoritasnya baru bisa membaca kitab kuning setelah masuk kelas aliyah dan itupun hanya sebagian kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa penerapan Metode Al-Miftah di Pondok Pesantren Ar-Rofi’iyyah Semampir baik dalam hal perencanaan, langkah-langkah, Evaluasi dan Faktor pendukung dan penghambat.

Keywords


Metode Al-Miftah; Kitab Fathul Qorib

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M., 2018. Studi komparasi penerapan metode al-miftah lil ulum dan nubdatul bayan dalam meningkatkan kompetensi baca kitab kuning: studi multi kasus di Ma'had Tibyan li al-Shibyan Miftahul Ulum Panyeppen Palengaan Pamekasan dan PP. Maktab Nubdatul Bayan (MAKTUBA) al-Majidiyah Palduding Pegantenan Pamekasan (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Aryanti, Y., Izmi, N., 2022. Stit Ahlussunnah Bukittinggi Email: Dafirsamsawly@Gmail.Com.

Halim, A., 2022. Pesantren dan Metode Pembelajaran Kitab Al-Miftah lil Ulum Sidogiri (Studi Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Al-Nahdlah Islamic Boarding School Depok).

Hakim, Z., 2021. Efektivitas Metode Al–Miftah Lil Ulum Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Di Pondok Pesantren Matholi’ul Anwar Lamongan. Darelilmi 8, 68–78. Https://Doi.Org/10.52166/Darelilmi.V8i2.2819

Humaidi, H., 2019. Metode Membaca Kitab Kuning Al-Miftah Lil Ulum Di Pondok Pesantren Sidogiri (Kajian Teknologi Pendidikan) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Husna, N., 2022. Implementasi Metode Al-Miftah Lil ‘Ulum Untuk Membaca Kitab Kuning Di Pesantren Roudlatul ‘Ulum Karang Tanjung Kebumen 4.

Jabbar, Moh.T., Wahidul Anam, Anis Humaidi, 2017. Upaya Kiai Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning. Edudeena 1, 43–52. Https://Doi.Org/10.30762/Ed.V1i1.446

Mustaqim, G.K., 2022. Implementasi Metode Al-Miftah Lil Ulum Dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Kitab Kuning Pada Siswa Lembaga Pendidikan Bahasa Arab Al-Azhar Pare Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Muzaky, C.M., Ishari, N., 2020. Implementasi Metode Al-Miftah Lil Ulum Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. Tarbiyatuna 13, 22. Https://Doi.Org/10.36835/Tarbiyatuna.V13i1.607

Sultan, M., Yahya, M., 2020. Metode Al-Miftah Li Al-Ulum: Alternatif Pembelajaran Kitab Kuning Pada Pendidikan Diniyah Formal 14.




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i1.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ifa Ifa Istiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License