Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphic pada Materi Sistem Komputer Kelas X SMA/Sederajat

Revina Werin Dika, Meldi Ade Kurnia Yusri, Novrianti Novrianti, Alkadri Masnur

Abstract


Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Informatika, yang berdampak pada respons siswa terhadap proses belajar mengajar. Ketersediaan media pembelajaran yang kurang juga membuat kegiatan pembelajaran menjadi kurang beragam. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat produk berupa media video yang bisa digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan R&D (Research & Development) dengan model 4D, yaitu Define, Design, Development, dan Dissemination. Untuk mengumpulkan data, digunakan beberapa lembar validasi seperti lembar validasi materi, lembar validasi media, serta angket praktikalitas. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas X di SMAN 1 Pariangan. Berdasarkan hasil uji kelayakan melalui lembar validasi yang diberikan kepada validator materi dan validator media, diperoleh hasil dari validator materi sebesar 89,10% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi yang dilakukan Bersama validator media pertama mencapai persentase 98,82% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi yang diperoleh bersama validator kedua mencapai persentase 97,64% dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas dari media yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis dengan persentase sebesar 91,91%. Dari perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media video animasi Motion Graphic pada materi Sistem Komputer kelas X SMA/Sederajat memiliki kategori “Sangat Valid” dan “Sangat Praktis”.

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N., Gusmania, Y. (2017). Praktikaitas dan keefektifan modul geometri analitik ruang berbasis konstruktivisme. Journal Dimensi (Vol 6 No 3). Hal 412-420

Crook, I., Beare, P. (2016). Motion Graphics. Inggris: Bloomsbury Publishing. Diambil dari https://books.google.co.id, diakses tanggal 14 Juli 2023.

Hapsari, A. S., Hanif, M., Gunarhadi, & Rohmiyati. (2019). Motion Graphic animation videos to improve the learning outcomes of elementary school students. European Journal of Educational Research, 8, 1245–1255.

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media & sumber pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Jusniar, Sumiati, & Rukmana, D. (2014). Pengembangan perangkat asesmen berbasis keterampilan generik sains (KGS) pada mata kuliah praktikum kimia fisik II. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 35–42.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Kurniawan, C., & Kuswandi, D. (2021). Pengembangan e-modul sebagai media literasi digital pada pembelajaran abad 21. Diambil dari https://books.google.co.id, diakses tanggal 14 Juli 2023.

Muhasim. (2017). Pengaruh teknologi digital terhadap motivasi belajar peserta didik. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 53–77.

Munir. (2012). Multimedia: Konsep & aplikasi dalam pendidikan. Diambil dari https://books.google.co.id, diakses tanggal 14 Juli 2023.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran. Diambil dari https://books.google.co.id, diakses tanggal 9 Juni 2023.

Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Nur, M. D. (2021). Analisis Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 7(2), 484–493.

Pribadi, B. A. (2019). Media dan teknologi dalam pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN se-Gugus Sukolilo Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 6(4), 429–439.

Sukardi. (2019). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yaumi, M. (2017). Prinsip-prinsip desain pembelajaran disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Revina Werin Dika, Meldi Ade Kurnia Yusri, Novrianti Novrianti, Alkadri Masnur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License