Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Biologi Kelas XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas XI SMA N 1 Kec. Guguak pada mata pelajaran Biologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari empat pertemuan yang melibatkan proses perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 34 peserta didik kelas XI F7. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas belajar dan tes keterampilan berpikir kreatif berupa soal essay yang disusun berdasarkan indikator keterampilan berpikir kreatif. Indikator yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif adalah lima indikator yang dikemukakan Greenstein (2012) yaitu, fluency, flexibility, curiosity, elaboration, dan originality. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada aktivitas belajar peserta didik, seperti peningkatan partisipasi dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan serta keberanian dalam melengkapi jawaban teman. Selain itu, skor keterampilan berpikir kreatif pada semua indikator yaitu fluency, flexibility, originality, elaboration, dan curiosity meningkat dan berada pada kategori tinggi setelah penerapan model PBL. Peningkatan ini menunjukkan bahwa PBL efektif dalam mendorong peserta didik untuk berpikir kreatif dan aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian, model PBL direkomendasikan sebagai pendekatan pembelajaran yang mampu mengembangkan keterampilan berpikir kreatif serta meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar peserta didik di era pembelajaran abad ke-21.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aufa, A., Ningsih, M. S., & Hakim, M. L. (2022). The effectiveness of Problem-Based Learning on students’ learning participation. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 45–51.
Benadell, & Eussen, K. (2022). Can multimedia presentations enhance conceptual understanding? Educational Technology Research and Development.
Camelia, D. (2016). Peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model Problem Based Learning. Jurnal PGSD UNY, 5(5), 386–392.
Diani, R., Permatasari, A., & Sari, M. (2017). Pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 262–268.
Feynman, R., Leighton, R., & Sands, M. (2015). The Feynman lectures on physics (Vol. 1). Basic Books.
Firdaus, A. R., Surya, S., & Syahputra, E. F. M. (2019). Problem-based learning: Creative thinking skills, problem solving skills, and learning outcomes. Journal of Education and Practice, 10(21), 48–55.
Fitriani, D., Kurniawan, Y., & Wahyuni, S. (2020). Pengembangan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran inovatif. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 12–20.
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st century skills: A guide to evaluating mastery and authentic learning. Corwin Press.
Hmelo-Silver, C. E. (2015). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266.
Mutiaramses, & Fitria, D. (2022). Peningkatan literasi dan kreativitas melalui model PBL. Jurnal Pendidik dan Pembelajaran IPA, 8(3), 178–185.
Oktavia, L., & Yani, R. (2022). Pengaruh model pembelajaran terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 65–72.
Panontji, P. A. N., Mustapa, K., Aminah, S., & Ningsih, P. (2024). The impact of the Problem Based Learning (PBL) model utilising animated video learning media on student learning outcomes. World Journal of Advanced Research and Reviews, 24(3), 332–336.
Pratiwi, N. R. (2022). Analisis keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran biologi di SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 25–32.
Sari, M., & Nofrizal. (2021). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 45–52.
Sari, R., & Riyadi, S. (2020). Refleksi dan evaluasi dalam penelitian tindakan kelas. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 11(1), 66–73.
Subagja, C. J. (2023). Enhancing student engagement through PBL in science class. REMICS, 2(1), 12–21.
Suginem, A. (2021). Penerapan model PBL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 30–36.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Widana, I. K., Suardana, I. N., & Jampel, I. N. (2019). PBL untuk penguatan keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 92–101.
Wood, D. F. (2025). Problem-based learning: An overview of its process and impact. Journal of Medical Education, 55(2), 113–118.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.591
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Annisa Luthfi Insani, Rahmadhani Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License