Epistimologi Pendidikan Nilai dan Hubungan Kemanusiaan dalam Pendidikan

Turrus Diyati, Mukh. Nursikin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep epistemologi pendidikan nilai serta menjelaskan pentingnya hubungan kemanusiaan dalam proses pendidikan. Epistemologi pendidikan nilai merupakan pendekatan filosofis yang menelaah hakikat, asal-usul, dan metode pengetahuan dalam pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan nilai-nilai moral, etika, dan spiritual. Pendidikan nilai tidak hanya berfungsi sebagai media transmisi pengetahuan normatif, tetapi juga sebagai sarana pembentukan karakter dan penguatan integritas peserta didik. Dalam konteks ini, hubungan kemanusiaan menjadi elemen penting karena melibatkan interaksi empatik, penghargaan terhadap keberagaman, serta upaya menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan adil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka dan analisis filosofis. Data diperoleh dari literatur primer dan sekunder, seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa epistemologi pendidikan nilai berperan penting dalam merancang pendidikan yang tidak hanya berorientasi pada kognisi, tetapi juga pada pembentukan manusia yang berkarakter. Sementara itu, hubungan kemanusiaan dalam pendidikan terbukti mampu memperkuat nilai-nilai sosial, membangun keterampilan emosional, serta menciptakan iklim pendidikan yang menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab sosial. Dengan demikian, integrasi antara epistemologi pendidikan nilai dan pendekatan kemanusiaan dalam pembelajaran menjadi kunci untuk menciptakan sistem pendidikan yang utuh dan transformatif. Implikasinya, pendidik perlu memperhatikan dimensi nilai dan kemanusiaan dalam setiap proses pembelajaran agar mampu melahirkan generasi yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berakhlak dan peduli terhadap sesama

Keywords


epistemologi, karakter, pendidikan nilai

Full Text:

PDF

References


Abas, S., & Mabrur, H. (2022). Rekonstruksi Epistemologi Pendidikan Agama Islam Eduprof: Islamic Education Journal, 4(1), 77–99. https://iaibb.e-journal.id/xx/article/view/119

Abdullah, A. (2020). Pendidikan Humanis dalam Perspektif Pendidikan Islam. 17(2), 76–94.

Candra, H. (2023). Analisis Etika Pendidikan Implementasi Nilai-nilai Filosofis dalam Pendidikan.

Candra, H. (2023). Analisis Etika Pendidikan Implementasi Nilai-nilai Filosofis dalam

E. Sumantri. 2007. Pendidikan Nilai Kontemporer. Bandung: Program Studi PUUPI.

Frimayanti, A. I. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 240.

Frimayanti, A. I. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), Hal. 240.

Galuh, A. D., Maharani, D., Meynawati, L., Anggraeni, D., & Furmansari, Y. F. (2021). Urgensi Nilai dan Moral dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5169–5178. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1598

Hidayatullah, S. (2022). Menelusuri Dunia Afektif Pendidikan Nilai dan Moral. Tasikmalaya: Asyuhada Press & Publication.

Jujun, Suriasumantri S.. (1990). Ilmu Filsafat. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Kusuma Putra, A. J., & Nursikin, M. (2023). Implementasi Pendidikan Nilai di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kabupaten Semarang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 613–619. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24747

Maftukhah, M., & Nursikin, M. (2023). Epistemologi Pendidikan Nilai Ditinjau dari Filsafat Pendidikan Islam Kontemporer. Anwarul, 3(4), 588–601. (https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i4.1242)

Maftukhah, M., & Nursikin, M. (2023). Epistemologi Pendidikan Nilai Ditinjau dari Filsafat Pendidikan Islam Kontemporer. Anwarul, 3(4), 588–601. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i4.1242

Muhaimin. (2007). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muhtarom, A., Fuad, S., & Latif, T. (2020). Moderasi beragama: konsep, nilai, dan strategi pengembangannya di pesantren. Yayasan Talibuana Nusantara.

Nasution, N., Dewi, E., & Qiyarotul Ummah, S. V. R. (2023). Pengembangan Karakter Komunikatif dan Disiplin melalui Metode Culturally Responsive Teaching. Journal on Education, 6(1), 2408–2420. (https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3262)

Nasution, N., Dewi, E., & Qiyarotul Ummah, S. V. R. (2023). Pengembangan Karakter Komunikatif dan Disiplin melalui Metode Culturally Responsive Teaching dengan Pembelajaran Sosial Emosional pada Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X-2 SMAN 1 Kalitidu. Journal on Education, 6(1), 2408–2420. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3262

Riyadi. (2024). Eksplorasi Potensi Pembelajaran Berbasis Game Dalam Meningkatkan Prestasi Pembelajaran.

Suriasumantri, J. S. (1990). Ilmu Filsafat: Sebuah Pengantar Populer.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Turrus Diyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License