PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Muhamad Iqomudin, Winarno Winarno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh variabel terikat terhadap variabel bebas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-G SMP Negeri 3 Salatiga yang berjumlah 30 siswa, sampel ditentukan dengan menggunakan teknik sampel semu yang merupakan bagian dari nonprobability sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket kreativitas guru yang berjumlah 20 pertanyaan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kreativitas guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa. Berdasarkan nilai yang didapat dari analisis regresi sederhana dengan perhitungan menggunakan aplikasi SPSS dan diambil nilai koefisien regresi yang bernilai positif (+) maka dapat dikatakan bahwa pengaruh kreativitas guru berpengaruh positif terhadap prestasi mata pelajaran matematika dan dengan bentuk persamaan yang didapatkan dari analisa data penelitian yakni garis regresi adalah Y = 20,416 + 0,304.

Keywords


Kreativitas; Guru; Prestasi

Full Text:

PDF

References


Arifi, Ahmad. (2017). Mengembangkan Potensi Melejitkan Kreativitas Guru. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Aisyah, Siti., Euis., & Sofyan, Deddy. (2014). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika antara yang Mendapatkan Model Active Learning Type Giving Question and Getting Answer dengan Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1):12.

Djamarah, Saiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2009). Psikologi Belajar dan Mengajar. BAndung: PT Sinar Baru Algensido.

Jameela, I., & Destania, Y. (2020). Developing Essay Questions on Prism and Pyramid for the Ability to Understand Mathematical Concept. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 2(2), 83-97.

Kursini. (2014). Strategi Pembelajaran Matematika. Banten: Universitas Terbuka.

Mardatillah. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas X SMK Negeri Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 6(1):1-6.

Mulyasa. (2009). Standar Kompetensi dan Menyenangkan dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Munandar, Utami. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan, Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rosyid, Zaiful. (2019). Prestasi Belajar. Batu: Literasi Nusantara.

Sabri, Muhammad Aliyunsuf. (1995). Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: UIN Jakarta Press.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Stenberg, Robert. (1994). Thinking and Problem Solving. San Diego: Academia Press.

Stenberg, Robert. (2003). Wisdom In Synthesizedellegence and Creativity. New York: Cambridge University Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Syah, Muhibbin. (1995). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Tarsito Bandung.

Syah, Muhibbin. (2013). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Posdakarya.

Wahyuni, Akhkim. (2013). Pengembangan Kreativitas Guru sebagai Model Penerapan Kurikulum 2013, (Online), (http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/398, diakses 10 April 2021).




DOI: https://doi.org/10.35672/afeksi.v3i2.55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhamad Iqomudin, Winarno Winarno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License