Upaya Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil dan minat belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Yogyakarta melalui model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Tiap siklus dalam Penelitian Tindakan Kelas terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dari penelitian ini dikumpulkan melalui tes, angket, observasi, dan dokumentasi dari masing-masing siklus. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu: untuk hasil belajar lebih dari 65% siswa tuntas KKM, yaitu 70; untuk minat belajar lebih dari 65% siswa mencapai kategori tinggi atau 35% pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan tes hasil belajar matematika Siklus I 62% siswa tuntas dengan nilai rata-rata 68,7; Siklus II 69% siswa tuntas dengan nilai rata-rata 73,1. Berdasarkan hasil angket minat belajar menunjukkan peningkatkan persentase minat belajar siswa, yaitu Siklus I 28% siswa pada kategori sangat tinggi dan 52% pada kategori tinggi; pada Siklus II 48% pada kategori sangat tinggi dan 45% pada kategori tinggi. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan minat siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Yogyakarta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardila dan Hartanto. (2017). Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa MTS Iskandar Muda Batam. Jurnal Pythagoras, 6(2), 175-186
Arianti, Gusfawati, dan Siadari. (2022). Peningkatan hasil belajar dan minat belajar matematika melalui metode pembelajaran discovery dan lembar kerja peserta didik siswa SMPN 38 Batam. Jurnal Pythagoras, 11(2), 155-164
Asih dan Imami. (2021). Analisis minat belajar siswa smp pada pembelajaran matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 799-808
Handajani, B. (2020). Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika SMP. Indramayu: Adanu Abimata.
Haryani, E. (2019). Model Discovery Learning Proses Kelompok Berbantuan Media Dialog Interaktif “Mata Najwa” untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia. Diakses melalui:
https://www.google.co.id/books/edition/MODEL_DISCOVERY_PROSES_KELOMPOK_BERBANTU/f0a5EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=indikator+minat+belajar+slamet o&pg=PA12&printsec=frontcover
Ismah dan Sundi. (2018). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Labschool FIP UMJ. Jurnal Fibonacci, 4(2), 161 169.
Moko, Chamdani, dan Salimi. (2022). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Inovasi Kurikulum, 19(2), 131-142.
Pernandes dan Asmara. (2020). Kemampuan literasi matematis melalui model discovery learning di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia, 5(1), 140-147
Rosmiati, C. 2021. Upaya penerapan model pembelajaran discovery based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada materi peluang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kaway XVI tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Lentera, 21(2), 46-49
Schoenfeld, A. H. (1985). Mathematical problem solving. San Diego, CA: Academic Press
Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI
Suprianto, B. (2014). Penerapan discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas vi b mata pelajaran matematika pokok bahasan keliling dan luas lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Jurnal Pancaran, 3(2), 165 174
Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.548
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Cyrenia Novella Krisnamurti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License