Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Melalui Model PBL Berorientasi STEAM di MIS Muslimat NU Palangka Raya

Agustina Tazkia Rahmah, Rahmad Rahmad, Muhammad Syabrina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) berorientasi STEAM dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di MI Muslimat NU Palangka Raya. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing terdiri dari 26 dan 28 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 10 soal yang diberikan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pembelajaran pada materi “Harmoni dalam Ekosistem”. Kelas eksperimen menggunakan model PBL yang terintegrasi dengan pendekatan STEAM, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji t berpasangan (paired samples t-test), serta perhitungan skor N-Gain. Hasil menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis yang signifikan pada kelas eksperimen dari nilai rata-rata 30,0 menjadi 44,7 dengan signifikansi p = 0,003. Namun, nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,1895 menunjukkan kategori peningkatan rendah. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan guru dalam mengelola waktu dan belum maksimalnya pelaksanaan seluruh tahapan pendekatan STEAM, yang berdampak pada kesiapan siswa dalam menjawab soal posttest. Meski terdapat peningkatan signifikan secara statistik, efektivitas model ini belum optimal sehingga diperlukan pelatihan guru dan pengelolaan waktu yang lebih baik agar pendekatan PBL berorientasi STEAM dapat diimplementasikan secara maksimal.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran kimia di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 28.

Aina. (2021). Penerapan pendekatan STEM untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar di Kabupaten Pinrang. Jurnal Edukasi, 219.

Albina, & Mevniar. (2022). Model pembelajaran di abad ke-21. Jurnal Dharmawangsa, 941.

Anggraeni, N., & Rustini. (2022). Keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPS di kelas tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Kajian Jurnal Pendidikan dan Hasil Penelitian, 86.

Anggreini, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPS di kelas tinggi. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 90.

Ardianti, R. (2021). Problem-based learning: Apa dan bagaimana. Journal for Physics Education and Applied Physics, 28.

Auridhea, S. Y. (2022). Efektivitas model pembelajaran problem based learning dan problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Seminar Hasil Riset dan Pengabdian, 1105.

Bahtiarn. (2015). Pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan sikap sosial dan pemahaman konsep siswa sekolah multietnis. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 13.

Davidi, E. I., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) untuk pengingkatan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22.

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. Dalam Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (hlm. 170–176). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Dirgatama, C. H. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning dengan mengimplementasi program Microsoft Excel untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran administrasi kepegawaian di SMK Negeri 1 Surakarta. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 41.

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan problem based learning. Dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015 (hlm. 597–602). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hadi, F. Z. (2020). Kecemasan matematika dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa di sekolah menengah pertama. Algoritma Journal of Mathematics Education, 65.

Haryanti, Y. D. (2017). Model problem based learning membangun kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 57–63.

Hasan, M. (2014). Analisis keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui kegiatan literasi. Jurnal Ideas Publishing, 478.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 13.

Hasratuddin. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pendekatan realistic mathematics education di SMP Negeri 3 Stabat. Jurnal Pendidikan Matematika, 2.

Hasriadi. (2022). Strategi pembelajaran. Bantul: Mata Kata Inspirasi.

Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal Edukasi, 7, 5–11.

Jaelani, A. (2015). Pembelajaran kooperatif sebagai alternatif strategi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar. (Informasi lanjut tidak lengkap – mohon ditambahkan detail jurnal atau penerbit).




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Agustina Tazkia Rahmah, Rahmad Rahmad, Muhammad Syabrina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License