Pengaruh Metode Peer Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMP Negeri 9 Sampit

Fissa Iidwita Utami, Setria Utama Rizal, Sondra Swetyani

Abstract


Permasalahan utama yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik, yang berdampak pada kurang optimalnya pencapaian hasil belajar. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini diarahkan untuk: (1) mengkaji secara mendalam implementasi metode peer teaching dalam proses pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 9 Sampit; (2) membandingkan capaian hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode tersebut; serta (3) menilai tingkat peningkatan hasil belajar yang terjadi sebagai akibat dari penggunaan metode peer teaching. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pra-eksperimen, mengadopsi desain one group pretest-posttest untuk memperoleh gambaran perubahan yang terukur. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan metode peer teaching berjalan dengan efektivitas yang cukup tinggi, tercermin dari nilai rata-rata implementasi sebesar 37,34 yang tergolong dalam kategori baik. Sebelum metode ini diterapkan, hasil belajar siswa berada dalam kategori tinggi, dengan rata-rata nilai pretest 17,53; setelah intervensi, terjadi peningkatan yang signifikan ke kategori sangat tinggi, ditandai oleh rata-rata nilai posttest sebesar 20,83. Selain itu, peningkatan hasil belajar yang dicapai memiliki efektivitas sedang namun berarti secara statistik, dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 57,3651%, yang menunjukkan bahwa metode peer teaching mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan pemahaman dan prestasi akademik siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R. (2018). Implementasi Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Al-Quran Dan Hadist Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Penanaman Sikap Peduli Sosial Pada Siswa MTs Negeri 1 Sidoarjo. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 7(1), 61–67. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i1.1604

Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal SAP, 2.

Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 04, 26–27.

Akmal, N. (2019). Pengaruh Metode Peer Teaching Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Operasi Aljabar. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 10(2), 69–77. https://doi.org/10.47766/itqan.v10i2.540

Andrizal & Muslim. (2018). Penerapan Metode Peer Group Teaching Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Agama Islam, 44–45.

Anhar, J. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar PAI Berdasarkan Kepercayaan Diri Pada Siswa UPT SMP Negeri Di Kabupaten Kampar. Univeritas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 35.

Dewi, A., & Susanto, R. (t.t.). Analisis Pengaruh Pembelajaran Quantum Terhadap Proses Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VA Di SDN Joglo 04 Petang 9 (Studi Pre-eksperimen). 2018, 4, 237.

Farhanah, N. (2023). Pengaruh Penerapan Metode peer teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lirik. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 13.

Firmansyah, I. M. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17.

Fitriyah, P. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas Di MTs Bawu Jepara. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 35.

Fitriyani. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Dan Fasiitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Purworejo, 310.

Halik, A. (2012). Metode Pembelajaran:Perspektif Pendidikan Agama Islam.Jurnal al-ibrah, 48.

Hamdani, I., & Priyatna, S. O. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Metode Peer Teaching. Jurnal Pendidikan Guru, 03, 188.

Hamim, A. H., & Ruswandi, U. (2022). Pengertian, Landasan, Tujuan Dan Kedudukan PAI Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Dirosah Islamiyah, 04, 215–216.

Handayani, S. T. (2018). Pengaruh Metode Peer Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 20.

Irfan, A. (2018). Asumsi-Asumsi Dasar Ilmu Pengetahuan Sebagai Basis Penelitian Pendidikan Islam. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Esa Unggul, 15(No.2), 293.

Khotimah, H., & Firmasari, D. (2024). Metode Peer Teaching Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal El-Ta’dib, 04, 79.

Lukman, S., & Abdullah, I. (2022). Pengaruh Sistem Pembelajaran Darling Terhadap Minat Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8.

Maharani, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sujud Syukur, Sujud Sahwi, Dan Sujud Tilawah Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas VII Di SMPN 1 Anggeraja Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enkerang. Jurnal Pendidikan Islam Dan Keguruan, 01, 484.

Masruroh, M. (2018). Penerapan Metode Peer Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Program Linear. JURNAL REFORMA, 7(1), 37. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i1.39

Maysaroh, S. (2019). Efektifitas Peer Teaching Method Berbantu Card Sort Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII Di SMP Wiyatama Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 85.

Muslim, M., & Andrizal, A. (2018). Penerapan Metode Peer Group Teaching Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1). https://doi.org/10.18860/jpai.v5i1.5861

Mustakim, Z. (2017). Strategi Dan Metode Pembelajaran. IAIN Pekalongan Press.

Nasution, W. N. (2017). Strategi Pembelajaran. Perdana.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fissa Iidwita Utami, Setria Utama Rizal, Sondra Swetyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License