Konsep Pendidikan Nilai Dalam Filsafat Pendidikan Menurut Al-Ghazali dan Ki Hadjar Dewantara

Asri Nurdiana, Mukh Nursikin

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis konsep pendidikan nilai dalam perspektif dua tokoh besar, yaitu Al-Ghazali dan Ki Hadjar Dewantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka untuk menelaah karya-karya dan pemikiran kedua tokoh yang berpengaruh dalam sejarah pendidikan Islam dan pendidikan nasional Indonesia. Hasil kajian menunjukkan bahwa Al-Ghazali menekankan pendidikan sebagai proses penyucian jiwa (tazkiyatun nafs) yang bertujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta menempatkan akhlak sebagai inti dari pendidikan. Di sisi lain, Ki Hadjar Dewantara memandang pendidikan sebagai upaya pembudayaan nilai-nilai luhur bangsa untuk membentuk manusia merdeka, berkarakter, dan berjiwa sosial. Meskipun berasal dari latar belakang dan tradisi yang berbeda, keduanya memiliki kesamaan dalam menempatkan pendidikan nilai sebagai fondasi utama pembentukan manusia seutuhnya. Artikel ini merekomendasikan integrasi nilai-nilai dari pemikiran keduanya sebagai kontribusi nyata dalam merancang sistem pendidikan yang holistik dan kontekstual di Indonesia

Keywords


Al-Ghazali, karakter, Ki Hadjar Dewantara, pendidikan nilai

Full Text:

PDF

References


Abdullah, H. (2018). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al-Ghazali. Jakarta: Mizan.

Anwar, F. (2017). Filsafat Pendidikan Islam dalam Konteks Al-Ghazali. Bandung: Alfabeta.

Assegaf, M. (2021). Konsep ilmu dalam pemikiran Al-Ghazali dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(2), 50–60.

Hadi, S. (2021). Pendidikan nilai akhlak dalam Ihya Ulumuddin karya Al-Ghazali. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 44–50.

Kurnia, A. A., Sulaeman, O., & Nuhdi, A. (2023). Konsep nilai-nilai pendidikan budi pekerti menurut Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dalam konteks pendidikan Islam. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 70–81.

Maisaroh, S., & Qurotul A’yun, D. (2023). Pendidikan dalam perspektif Ki Hajar Dewantara: Antara kebebasan, kemandirian, kebudayaan. Jurnal Media Akademik.

Maknun, L. (2020). Konsep pendidikan Al-Ghazali dalam perspektif pendidikan Islam. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 19(1), 65–78.

Mansur, I. (2019). Pendidikan Nilai dan Akhlak dalam Pandangan Al-Ghazali. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhaimin, A. (2019). Pendidikan karakter dalam pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya di era modern. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 151–164.

Rahardjo, M. D. (2020). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara: Aktualisasi Nilai dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmawati, R. (2022). Konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam penguatan karakter siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia (JPDI), 7(2), 81–90.

Riyanti, D., Irfani, S., & Prasetyo, D. (2022). Pendidikan berbasis budaya nasional warisan Ki Hajar Dewantara. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Setiawan, D. (2020). Ki Hadjar Dewantara dan pendidikan karakter: Telaah terhadap konsep pendidikan nilai. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(1), 42–50.

Shabartini, D. N., Hidayat, S., Jamaludin, U., & Leksono, S. M. (2022). Konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam penanaman nilai-nilai multikultural untuk siswa SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2).

Subekti, A. R. (2020). Urgensi pendidikan karakter dalam perspektif Islam dan relevansinya dengan dunia pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 42–53.

Sukmadinata, N. S. (2020). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulaiman, A. (2015). Filsafat Pendidikan Al-Ghazali: Pengantar dan Pemikiran Dasar. Jakarta: Kencana.

Suparlan, H. (2016). Filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan sumbangannya bagi pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat “Wisdom”, 16, 56–74.

Suroso, S. (2021). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang belajar dan pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(1), 46–72.

Sutarjo, A. (2017). Pendidikan dan nilai-nilai luhur budaya bangsa dalam perspektif Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat, 27(1), 43–55.

Syahrir, D., Kurniawana, F., Qhairum, V. N. U., & Irdamurni. (2023). Hubungan filosofi Ki Hajar Dewantara sebagai dasar kebijakan pendidikan nasional Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 15–30.

Syahrul, M. (2022). Konsep pendidikan hati dalam perspektif Al-Ghazali. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 109–117.

Warsito, R., Nurrahmah, I., & Maulida, R. N. (2024). Internalisasi nilai-nilai luhur ajaran Ki Hajar Dewantara dalam upaya pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jurnal PPKn: Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(2), 10–15.

Yamin, M. (2020). Menggali spirit Merdeka Belajar dari filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 30–38.

Zuhdi, M. (2018). Pendidikan nilai dalam perspektif Al-Ghazali: Telaah terhadap tujuan dan metode pendidikan Islam. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 180–195.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Asri Nurdiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License