Konsep Pendidikan Nilai Dalam Filsafat Pendidikan Menurut Al-Ghazali dan Ki Hadjar Dewantara
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, H. (2018). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al-Ghazali. Jakarta: Mizan.
Anwar, F. (2017). Filsafat Pendidikan Islam dalam Konteks Al-Ghazali. Bandung: Alfabeta.
Assegaf, M. (2021). Konsep ilmu dalam pemikiran Al-Ghazali dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(2), 50–60.
Hadi, S. (2021). Pendidikan nilai akhlak dalam Ihya Ulumuddin karya Al-Ghazali. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 44–50.
Kurnia, A. A., Sulaeman, O., & Nuhdi, A. (2023). Konsep nilai-nilai pendidikan budi pekerti menurut Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dalam konteks pendidikan Islam. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 70–81.
Maisaroh, S., & Qurotul A’yun, D. (2023). Pendidikan dalam perspektif Ki Hajar Dewantara: Antara kebebasan, kemandirian, kebudayaan. Jurnal Media Akademik.
Maknun, L. (2020). Konsep pendidikan Al-Ghazali dalam perspektif pendidikan Islam. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 19(1), 65–78.
Mansur, I. (2019). Pendidikan Nilai dan Akhlak dalam Pandangan Al-Ghazali. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhaimin, A. (2019). Pendidikan karakter dalam pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya di era modern. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 151–164.
Rahardjo, M. D. (2020). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara: Aktualisasi Nilai dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahmawati, R. (2022). Konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam penguatan karakter siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia (JPDI), 7(2), 81–90.
Riyanti, D., Irfani, S., & Prasetyo, D. (2022). Pendidikan berbasis budaya nasional warisan Ki Hajar Dewantara. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Setiawan, D. (2020). Ki Hadjar Dewantara dan pendidikan karakter: Telaah terhadap konsep pendidikan nilai. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(1), 42–50.
Shabartini, D. N., Hidayat, S., Jamaludin, U., & Leksono, S. M. (2022). Konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam penanaman nilai-nilai multikultural untuk siswa SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2).
Subekti, A. R. (2020). Urgensi pendidikan karakter dalam perspektif Islam dan relevansinya dengan dunia pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 42–53.
Sukmadinata, N. S. (2020). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sulaiman, A. (2015). Filsafat Pendidikan Al-Ghazali: Pengantar dan Pemikiran Dasar. Jakarta: Kencana.
Suparlan, H. (2016). Filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan sumbangannya bagi pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat “Wisdom”, 16, 56–74.
Suroso, S. (2021). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang belajar dan pembelajaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(1), 46–72.
Sutarjo, A. (2017). Pendidikan dan nilai-nilai luhur budaya bangsa dalam perspektif Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat, 27(1), 43–55.
Syahrir, D., Kurniawana, F., Qhairum, V. N. U., & Irdamurni. (2023). Hubungan filosofi Ki Hajar Dewantara sebagai dasar kebijakan pendidikan nasional Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 15–30.
Syahrul, M. (2022). Konsep pendidikan hati dalam perspektif Al-Ghazali. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 109–117.
Warsito, R., Nurrahmah, I., & Maulida, R. N. (2024). Internalisasi nilai-nilai luhur ajaran Ki Hajar Dewantara dalam upaya pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jurnal PPKn: Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(2), 10–15.
Yamin, M. (2020). Menggali spirit Merdeka Belajar dari filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 30–38.
Zuhdi, M. (2018). Pendidikan nilai dalam perspektif Al-Ghazali: Telaah terhadap tujuan dan metode pendidikan Islam. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 180–195.
DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.542
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Asri Nurdiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License