Konsep Dasar Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai

Isti Faiyah, Mukh Nursikin

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan Konsep dasar pendekatan dan strategi pendidikan nilai. Agar tujuan tersebut tercapai penulis menggunakan metode penelitian kajian pustaka (library research) dengan menggunakan bahan tertulis yang telah dipublikasikan dalam bentuk buku-buku dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan nilai merupakan esensi utama dalam dunia pendidikan atau dapat dikatakan sebagai jiwa yang menghidupkan pendidikan. Tujuan dari pendidikan nilai yaitu membentuk peserta didik agar menyadari, memahami, dan mampu mengintegrasikan secara menyeluruh dalam kehidupan mereka. Inti pendidikan nilai terletak pada lima aspek utama dalam kehidupan kemanusiaan, yaitu kedamaian, kebenaran, kebajikan, tanpa kekerasan, kasih sayang. Jika nilai-nilai diterapkan sistematis dalam proses pembelajaran di kelas agar mampu melahirkan generasi muda yang memiliki kemampuan untuk menganalisia secara komprehensif setiap nilai-nilai kehidupan. Strategi dalam pendidikan nilai yaitu strategi bebas, strategi tradisional, strategi transinternal strategi reflektif. Penelitian ini mengidentifikasi pendekatan dalam pendididkan nilai meliputi Pendekatan perkembangan moral kognitif , yang menekankan pada tahapan pemikiran moral individu; Pendekatan analisis nilai, yang memfokuskan pada pemahaman dan evaluasi nilai-nilai; Pendekatan klasifikasi nilai, yang bertujuan untuk membantu individu mengidentifikasi dan mengurutkan nilai-nilai pribadinya; serta Pendekatan pembelajaran berbuat yang menegaskan pada pengalaman dan refleksi melalui tindakan nyata.

Keywords


Konsep, Pendidikan Nilai, Strategi.

Full Text:

PDF

References


Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2005). What works in character education: A research-driven guide for educators. Character Education Partnership. https://doi.org/10.1080/10888691.2019.1670143

Hussein, H., Ahmad, F., & Siraj, S. (2022). Systemic thinking in education: A conceptual framework. Journal of Educational Research, 45(2), 112-125. https://doi.org/10.1016/j.jer.2022.03.005

Kemendikbud. (2022). Strategi penguatan pendidikan karakter. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Larsdotter, S. (2019). Strategic approaches to value-based education. International Journal of Learning and Teaching, 11(3), 45-60. https://doi.org/10.18844/ijlt.v11i3.4321

Lickona, T. (2016). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Nucci, L. (2008). Nice is not enough: Facilitating moral development. Merrill/Prentice Hall.

Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, principles, and issues (7th ed.). Pearson.

Sauri, S., & Nurdin, D. (2019). Model internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 1-12. https://doi.org/10.21831/jpk.v9i1.22561

Strachan, J. (2019). Transformative strategies in moral education. Journal of Moral Education, *48*(2), 156-170. https://doi.org/10.1080/03057240.2018.1497952

Suryadi, A., Budimansyah, D., & Komalasari, K. (2020). Pendidikan nilai di era global: Tantangan dan solusi. Jurnal Civics, 17(1), 1-15. https://doi.org/10.21831/jc.v17i1.30456

Sutrisno, S. (2016). Dinamika pendidikan: Teori dan praktik. PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Isti Faiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License