Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Team Game Tournament Materi Perkalian pada Siswa Kelas 4 di SD 2 Mijen Kudus

Alif Syahrul Nizam, Nur Fajrie, Silvia Indriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi perkalian melalui penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) di kelas 4 SD 2 Mijen, Kudus. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian. Pada siklus pertama, rata-rata nilai siswa meningkat dari 65 menjadi 75, dan pada siklus kedua meningkat menjadi 86. Selain itu, aktivitas belajar siswa juga menunjukkan peningkatan, terutama dalam aspek kerjasama, partisipasi, dan motivasi belajar. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran TGT terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian di kelas 4 SD 2 Mijen Kudus.


Keywords


Team Game Tournament, hasil belajar, perkalian, SD 2 Mijen, Kudus

Full Text:

PDF

References


Agustiani Tia Nur, Suryadi dan Rahman Gunawan Anggia. 2023. “Penggunaan model tim games tournamen TGT untuk meningkatkan kemampuan kerjasama peserta didik menggunakan rancangan understanding by design pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas 4 sekolah dasar’’. Jurnal ilmiah PGSD FKIP Universitas mandiri. Vol 9 (1).

Alawiyah, A., Sukron, J., & Firdaus, M. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Times Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), Article 1.

https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.188

Amalia, S. R., Purnamasari, V., & Darsimah, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2040–2047. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.747

Aprilia, D. P., Andriani, D. N., & Purwati, P. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 304–313. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.16328

Armidi, N. L. S. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 214–220. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45825

Fatmawati, F., Wulandari, A., Putri, S. D., Hasibuan, A. M., & Yusrizal, Y. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 5(3), 18–28. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.24757

Hermawan, A., & Rahayu, T. S. (2020). Penerapan Pendekatan Saintifik dan Model Team Games Tournament Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.386

Muhammad Rizal Fauzi, Lovika Ardana Riswari &Diana Ermawati. (2023). “Penerapan Model Jigsaw Berbantuan Media Barung (Bangun Ruang) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 9:189–97.

Mustika Nadha, & Suyadi. (2022). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kartu Bergambar Terhadap Moral dan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2052–2060. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1889

Ivana, I. (2020). Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Mandarin. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 2(2), 223 227. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.34012/bip.v2i2.168

Putri, H. P., & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3538–3543. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986

Rahayuni N.L. dkk. (2020). Model pembelajaran tim games turnamen (TGT) berbasis pendidikan karakter terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas IV SD. Jurnal Adat dan bisa, Vol.2(1), 2615-6113. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JABI/index

Rusadi, H. (2020). Rusadi, H. (2020). Perbandingan hasil belajar siswa antara model kooperatif tipe numbered head together (nht) dengan model konvensional pada mata pelajaran pai kelas x di SMK negeri 1 Palangka Raya. Doctoral Dissertation, IAIN Palangka Raya. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i2.785

Salsabila, N., & Sundi, V. H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika SISWA KELAS III. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5423–5434. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12869

Sarah, C., Karma, I. N., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Gugus Iii Cakranegara. Progres Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.60

Wardana, Renanda Wahyu, Lovika Ardana Riswari, and Lintang Kironoratri. (2023). “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Mystery Pics.” Wasis 4(1):20–24.




DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v6i5.525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Alif Syahrul Nizam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License